ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone

Bedanya iQOO 12 dan iQOO 11, Semakin Mumpuni!

iQOO 12 Vs iQOO 11 - Header

Gadgetren – Setelah berselang kurang lebih satu tahun, perangkat iQOO 12 akhirnya resmi diperkenalkan di Indonesia untuk menyegarkan iQOO 11 yang meluncur pada Tahun 2022 silam.

Perangkat kelas atas tersebut pun meluncur dengan membawa peningkatan di sejumlah aspek. Jadi semakin layak untuk dipertimbangkan saat kita ingin meminang ponsel di masa sekarang, termasuk mereka yang ingin upgrade dari iQOO 11.

Namun sayang bersama peningkatan-peningkatan yang diusung iQOO 12, ada juga penyesuaian yang membuat sebagian aspek justru terlihat lebih rendah ketimbang iQOO 11. Kita pun perlu melihatnya supaya nanti tidak terlanjur menyesal.

Perbedaan iQOO 12 Vs iQOO 11

Mari kita ulas mengenai peningkatan-peningkatan yang diusungnya terlebih dahulu. iQOO 12 salah satu di antaranya membawa dapur pacu yang lebih mutakhir. Perangkat tersebut soalnya sudah dilengkapi dengan chipset generasi yang lebih baru.

iQOO 12 dalam hal ini sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 (4nm) berkecepatan hingga 3,3GHz. Chipset ini diklaim setidaknya mempunyai kemampuan CPU 30 persen lebih baik jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) hingga 3,2GHz yang dibawa iQOO 11.

Di atas kertas, iQOO 12 makanya akan mempunyai kinerja yang lebih unggul ketimbang iQOO 11. Ditambah perangkat tersebut kini membawa dukungan memori yang lebih besar di mana menjadi 16GB dan 512GB saat generasi pendahulunya hanya 8GB dan 256GB.

Guna meningkatkan kemampuan perangkat dalam bermain game, iQOO juga menyematkan chip tambahan yang berbeda di kedua ponsel tersebut. Adapun mereka dalam hal ini mempersenjatai iQOO 12 dengan Supercomputing Chip Q1 sementara iQOO 11 dengan Chip V2.

Mengikuti peningkatan pada bagian dapur pacu, iQOO 12 juga tercatat membawa dukungan kamera dengan konfigurasi lebih baik. Perangkat tersebut memang masih mengandalkan lensa utama 50MP seperti iQOO 11 tetap sensor telefoto dan sudut lebarnya beresolusi lebih tinggi.

Sensor telefoto yang diusung oleh iQOO 12 kini mendukung resolusi hingga 64MP dengan opsi 3x pembesaran optik saat pendahulunya hanya 13MP dengan opsi 2x pembesaran optik. Sementara sensor sudut lebarnya meningkat menjadi 50MP dari generasi sebelumnya yang hanya 8MP.

Yang tak kalah menarik, iQOO 12 kini juga mempunyai bodi yang lebih bisa diandalkan dalam berbagai macam kondisi pemakaian. Perangkat tersebut soalnya dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu di mana secara khusus tersertifikasi IP64 yang sebelumnya absen di iQOO 11.

Peningkatan minor juga dilakukan oleh iQOO pada bagian layar. Perangkat iQOO 12 kini menggunakan panel dengan tingkat kecerahan maksimal sampai 3.000nits di mana meningkat dari iQOO 11 yang hanya mampu menangani hingga 1.800nits.

Sayang sebagai gantinya, layar iQOO 12 mempunyai resolusi sedikit lebih rendah meskipun masih menggunakan teknologi maupun ukuran yang sama. Panel perangkat tersebut hanya mampu menangani gambar hingga 2800 × 1260 piksel padahal iQOO 11 sebelumnya bisa sampai 3200 x 1440 piksel.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar