ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Smartphone

iQOO 12 Rilis di Indonesia, Bawa Performa Monster Berkat Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

iQOO 12 Dirilis Indonesia, Bawa Performa Monster Berkat Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

Gadgetren – iQOO resmi meluncurkan handphone flagship dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 pertama di Indonesia yakni iQOO 12. Dibanderol dengan harga Rp10.999.000, handphone ini sudah dapat dipesan secara pre-order mulai dari tanggal 7 hingga 11 Desember 2023.

Selama masa pre order secara online, terdapat bonus pembelian seperti iQOO Cooling Pad Neo, iQOO wireless active, iQOO finger sleeve, garansi 24 bulan, dan garansi layar 6 bulan.

Menariknya, chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 menggunakan teknologi fabrikasi 4nm dan dukungan Octa-Core yang memiliki komposisi CPU Mono-core Cortex-X4 3,3 GHz + Penta-core Cortex-A720 berkecepatan 3,2 GHz + Dual-Core Cortex-A520 berkecepatan 2,3 GHz sehingga mampu melahap game dan aplikasi berat sekalipun.

Didukung GPU Adreno 750, membuat handphone ini dapat membuat semua game dapat berjalan dengan maksimal dan memiliki kemampuan menampilkan ray tracing. Terdapat juga teknologi pendinginan 6K Vapor Chamber Four-Zone Cooling System yang bisa membuat suhu iQOO 12 tetap stabil walaupun menjalankan game atau aplikasi dalam waktu lama.

Untuk memberikan pengalaman game yang lebih imersif, iQOO 12 juga telah dilengkapi Custom Supercomputing Chip Q1 yang mampu menghadirkan fitur Game Super Resolution, Game Super Frame Rate, Game Display Enhancement, dan Game Super Touch Control.

iQOO 12 - Back

RAM 16 GB didaulat untuk menangani aktivitas multitasking dengan lancar. Apalagi terdapat juga fitur Extended RAM yang mampu meminjam kapasitas penyimpanan internal menjadi RAM virtual 16 GB.

Sementara itu penyimpanan internalnya berkapasitas 512 GB berteknologi UFS 4.0 yang dapat menampung banyak file, aplikasi, dan game sekaligus. Baterai 5.000mAh yang hadir pada perangkat ini diklaim mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Fitur 120W FlashCharge pun memungkinkan pengecasan daya iQOO 12 berjalan super cepat.

Dari bagian depan, iQOO 12 ini mempunyai layar 6,78 inci dengan teknologi LTPO AMOLED, resolusi 2800 x 1260 piksel, dan tingkat kecerahan maksimal 3.000 nits mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih.

iQOO 12 - Refresh rate

Berkat refresh rate hingga 144Hz membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi antar menu dengan halus. Namun apabila ingin lebih hemat konsumsi energi, terdapat juga pengaturan untuk refresh rate 60Hz atau auto switch refresh rate.

Selanjutnya, iQOO 12 telah dilengkapi dengan kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 50 MP, dan telefoto periskop. Didampingi sensor OmniVision OV50H berukuran 1/1,3 inch serta berteknologi PureCel Plus-S, OIS, dan EIS membuat kamera utamanya mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas bagus.

Kamera telefoto dari handphone ini mampu membidik objek dari jarak jauh dengan 3x Optical Zoom yang mampu membuat foto tetap terlihat tajam. Bahkan kamera ini pun dapat digunakan untuk mengambil makro.

iQOO 12 - Camera

Sementara kamera ultrawide-nya mampu mengambil foto dengan area yang luas. Tak ketinggalan, dukungan kamera depannya memiliki resolusi 16 MP yang dapat menghasilkan foto selfie dengan baik.

iQOO 12 sendiri hadir dengan dua varian warna yang terdiri dari Alpha (Hitam) dan Legend (Putih). Untuk varian Legend menampilkan desain yang elegan dengan kerjasama BMW M Motorsport dengan chassis aluminium.

Berkat sertifikasi IP64 membuat \handphone ini tahan terhadap debu dan percikan air. Fitur NFC (Near Field Communication) pun turut membantu pengguna untuk mengecek atau mengisi saldo kartu emoney.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar