ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Smartphone

Lebih Kencang dan Efisien dengan AI, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Resmi Rilis

Lebih Kencang dan Efisien dengan AI, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Resmi Rilis

Gadgetren – Dalam ajang acara tahunan bertajuk Snapdragon Summit 2023 yang diselenggarakan di Hawaii, Qualcomm telah memperkenalkan chipset terbarunya yang bernama Snapdragon 8 Gen 3. 

Chipset barunya ini menawarkan kemampuan AI generatif yang memberikan peningkatan performa pada fitur kameranya, pengalaman bermain game yang semakin kencang, audio imersif sembari tetap menjaga efisiensi daya.

Dalam pengolahan kecerdasan buatan menggunakan AI generatif chipset ini juga didukung AI Engine yang dijalankan oleh Neural Processing Unit (NPU) Hexagon. NPU Hexagon tersebut diklaim dapat memberikan kinerja mencapai 98% lebih cepat dari generasi sebelumnya dan 40% lebih efisien.

Dukungan AI generatif dengan AI Engine ini juga memungkinkan perangkat dapat digunakan untuk asisten virtual, GPT chatbots, LLM, dan masih banyak lagi serta dibekali Qualcomm Sensing Hub untuk pengoptimalan penggunaan audio, sensor, dan kamera.

CPU chipset ini menggunakan Kryo CPU yang disebut menawarkan peningkatan kemampuan kinerja CPU performa 30% lebih tinggi dibanding sebelumnya dan juga 20% lebih tinggi untuk efisiensi. Dibangun menggunakan fabrikasi 4nm Octa-Core, bagian CPU chipset ini menghadirkan kecepatan maksimal hingga 3.3GHz.

Sedangkan untuk segi grafis terdapat dukungan Adreno GPU yang mampu menghadirkan 25% peningkatan performa lebih tinggi dari sebelumnya dan 25% lebih baik dalam hal efisiensi daya.

Soal pemrosesan gambar, chipset ini dibekali Qualcomm Spectra yang dapat memberikan 18-bit depth. Selain itu chipset ini mendukung konfigurasi tiga kamera belakang beresolusi 36MP, dua kamera belakang 64+36MP, dan untuk satu kamera belakang 108MP atau 200MP.

Qualcomm-Snapdragon-8-Gen-3-spek

Sementara itu perekaman video yang dapat dihasilkan dengan chipset ini bisa hingga resolusi 8K pada 30fps atau 4K pada 120fps. Untuk video Slow Motion bisa menghasilkan resolusi 720p pada 960 fps.

Selain itu juga didukung format video seperti grading Hybrid Log Gamma (HLG), Dolby Vision, HDR10, HDR10+, dan Google Ultra HDR.

Berkat dukungan AI generatif, kemampuan kamera menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 menawarkan kemampuan seperti deteksi wajah dengan cepat, bingkai foto atau video kini hingga 12 lapisan, pengeditan foto dan video yang diaktifkan dengan suara, dan mode malam untuk video.

Kemudian tersedia juga fitur untuk menghapus objek atau orang yang tidak diinginkan dari video yakni Video Object Eraser by Arcsoft.

Pengguna yang gemar melakukan vlogging juga dapat merasakan penggunaan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan. Kemampuan lainnya ialah hingga bisa melakukan pemutaran video dalam format Kodek AV1.

 Qualcomm-Snapdragon-8-Gen-3

Pada aspek dukungan layar, chipset Snapdragon 8 Gen 3 mampu mendukung resolusi layar hingga 4K dengan refresh rate 60 Hz atau QHD+ dengan refresh rate hingga 144Hz. Kedalaman warna yang didukung hingga 10-bit dengan format HDR Vivid, HDR10, atau HDR10+ serta gamut warna.

Secara bawaan, chipset Snapdragon 8 Gen 3 mendukung codec audio Qualcomm Aqstic dan Qualcomm Aqstic smart speaker amplifier. Terdapat juga dukungan transmisi audio berupa Qualcomm aptX  Lossless, Qualcomm aptX Voice, dan Qualcomm aptX Adaptive. Semuanya untuk menghadirkan pengalaman audio yang imersif dan hidup layaknya mendengarkan suara secara langsung.

Fitur-fitur penunjang lainnya seperti Qualcomm Quick Charge 5, sensor fingerprint Qualcomm 3D Sonic Sensor, sensor Biometric dengan pengenalan wajah dan suara, teknologi RAM LPDDR5x, UFS 4.0, dan fitur NFC telah didukung.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar