ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Hands-On Samsung Galaxy M54 5G, Handphone Tangguh dengan Baterai Besar

Hands-On Samsung Galaxy M54 5G, Handphone Tangguh dengan Baterai Besar

Gadgetren – Samsung Galaxy M54 5G telah resmi hadir di Indonesia dengan mengandalkan spesifikasi hardware, fitur, dan daya tahan baterai yang menarik.

Kebetulan saya sendiri berkesempatan untuk melakukan unboxing dan hands-on secara langsung Samsung Galaxy M54 5G. Tidak hadirnya adaptor charger membuat dus penjualan handphone ini menjadi ramping dan perlu membeli adaptor charger terpisah.

Namun jika kamu membeli handphone ini pada masa pre-order dari tanggal 10 hingga 16 November 2023, maka berkesempatan mendapatkan bonus yang terdiri dari YouTube Premium selama 2 bulan, bundling Travel Adaptor charge 25W senilai Rp299.000, dan Samsung Care+ proteksi penuh selama 6 bulan.

Samsung Galaxy M54 5G - Box

Pada saat saya unboxing, ada beberapa item dalam dusnya yang terdiri dari perangkat Galaxy M54 5G, kabel dengan port USB Type-C ke USB Type-C, SIM Ejector, buku panduan, dan kartu garansi.

Saya sendiri mendapatkan Galaxy M54 5G dengan varian Silver yang menggunakan warna dasar perak namun akan menampilkan banyak gradasi warna mulai dari merah, oranye, kuning, biru, hijau, dan lainnya tergantung dari pantulan cahaya serta arah sudut pandang melihatnya.

Varian Silver ini menurut saya menarik karena dapat menghadirkan banyak warna sehingga membuatnya terlihat menawan sekaligus memperlihatkan keceriaan. Sementara permukaan bodi belakangnya menggunakan desain Glastic sehingga membuat Galaxy M54 5G terlihat berkilau, namun tidak terasa licin sehingga terasa nyaman untuk digenggam dengan satu tangan.

Terdapat juga lengkungan di bagian kanan dan kiri belakang handphone ini yang memudahkan tangan untuk memegangnya. Meskipun debu tidak mudah menempel, namun sebaiknya membeli softcase tambahan dari pihak ketiga agar bagian belakang handphone ini lebih terlindungi.

Samsung Galaxy M54 5G - Diagonal Layout Back

Mengikuti bahasa desain handphone Samsung masa kini yang sederhana, handphone ini pun menggunakan kamera yang disematkan pada tiga lingkaran yang disusun secara vertikal dan di sebelahnya disematkan juga LED Flash.

Dengan beratnya yang mencapai 199 gram, membuat handphone ini masa terasa ringan ketika dipegang dengan satu tangan. Pada bagian kanannya terdapat tombol volume dan power yang disusun secara vertikal.

Sementara sensor fingerprint pun disematkan tepat di atas tombol power. Adapun pada bagian kirinya terdapat SIM Tray yang berisikan dua slot kartu SIM yang hybrid dengan slot microSD.

Samsung Galaxy M34 5G - All side

Pihak Samsung mengungkapkan bahwa tombol di bagian pinggir dan SIM Tray menggunakan bahwa plastik daur ulang dengan bahan yang tidak berbahaya untuk kepedulian terhadap lingkungan. Untuk di bagian bawahnya terdapat port USB Type-C dan lubang speaker.

Samsung Galaxy M54 5G ini juga telah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek atau mengisi saldo kartu emoney dan pembayaran digital.

Handphone ini sudah menggunakan layar yang memenuhi bagian depan dan terdapat punch hole sehingga membuatnya terlihat modern. Layarnya berukuran 6,7 inci yang berteknologi Super AMOLED Plus, resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel), dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5 di mana dapat menampilkan konten dengan terang serta jernih.

Samsung Galaxy M54 5G - HandsOn Display

Pada saat berada di dalam ruangan, video, game, maupun gambar dapat terlihat jelas walaupun menggunakan tingkat kecerahan hanya antara 30% hingga 50%. Bahkan saya sendiri masih dapat melihat konten dengan jelas pada layar Galaxy M54 5G walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

Dengan hadirnya refresh rate hingga 120Hz membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi antar menu yang halus sehingga memanjakan mata saya. Namun terdapat juga pengaturan untuk dikunci ke refresh rate 60Hz apabila ingin konsumsi energinya menjadi lebih irit.

Saya sendiri merasa sentuhan jari terhadap layar terasa responsif sehingga membuat pemilihan menu, navigasi, dan memainkan game terasa lancar. Apalagi handphone ini didukung baterai berkapasitas 6.000mAh yang diklaim Samsung mampu bertahan lama.

Samsung Galaxy M54 5G - Half Display Bottom

Pada saat saya memainkan game Metal Slug: Awakening dengan grafis Ultra dan layar refresh rate 120 Hz, persentase baterai hanya menurun 2% saja dari 59% ke 57% dengan waktu 7 menit.

Bisa dibilang daya tahan baterainya cukup menarik karena saya menggunakan konfigurasi tinggi yang seharusnya menyedot banyak energi. Terdapat juga fitur 25W Fast Charging pada perangkat ini sehingga pengecasannya dapat berjalan cepat.

Performa yang lancar ini berkat digunakannya chipset Exynos 1380 (5nm) Octa-Core 2,5 GHz yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Terdapat fitur RAM Plus yang dapat menghadirkan RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB.

Samsung Galaxy M54 5G - Half Back Top

Dari sektor fotografi pun, handphone ini memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 108 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sementara kamera depannya beresolusi 32 MP.

Saya sendiri merasa bahwa foto yang dihasilkan oleh handphone ini memiliki kualitas yang bagus dan warna yang nyaman di mata. Berikut ini beberapa contoh foto yang telah saya ambil menggunakan Galaxy M54 5G.

Samsung Galaxy M54 5G - Gelas - 108 MP

108 MP

Samsung Galaxy M54 5G - Es - Makro

Makro

Samsung Galaxy M54 5G - Botol - Ultrawide

Ultrawide

Samsung Galaxy M54 5G - Botol - Auto

Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Auto

Selfie – Auto

Samsung Galaxy M54 5G - Selfie - Portrait

Selfie – Portrait

Bagi kamu yang tertarik dengan handphone Galaxy M54 5G ini, maka dapat membelinya dengan harga Rp6.499.000 di Indonesia. Sementara pada tanggal 17 November 2023, perangkat ini juga akan tersedia di toko offline.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar