ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Bagaimana Cara Menghilangkan Notifikasi Biometric MIUI? Apa Bisa?

Cara Menghilangkan Notifikasi Biometric MIUI - Header

Gadgetren – Antarmuka sistem MIUI mempunyai dukungan khusus yang dapat digunakan untuk menambahkan opsi keamanan di ponsel-ponsel buatan Xiaomi dengan menggunakan pengenalan biometrik.

Bagi kamu yang belum tahu, Xiaomi secara khusus menamai dukungan tersebut dengan istilah MIUI Biometrics. Kita pun dapat memanfaatkannya untuk melakukan sejumlah hal di mana termasuk menambahkan opsi pengenalan wajah sebagai Face Unlock.

Sayangnya lewat pembaruan MIUI generasi baru yang memakai sistem Android 12 ke atas, MIUI Biometrics yang sebenarnya berjalan di latar belakang kini menjadi terlihat ketika digunakan. Akan muncul sebuah notifikasi berwarna hijau di pojok kiri atas layar ketika kita mengakses Face Unlock.

Bagaimana Cara Menghilangkan Notifikasi MIUI Biometrics?

Meskipun merasa terganggu dengan kemunculan notifikasi untuk MIUI Biometrics tersebut, kita pun tak bisa berbuat banyak. Tidak ada cara untuk menghilangkannya kecuali menggunakan akses root atau Android Debugging yang cenderung berisiko tinggi bagi orang awam.

Munculnya notifikasi berwarna hijau ketika MIUI Biometrics sedang digunakan untuk mengenali wajah soalnya termasuk salah satu dari peningkatan fungsi keamanan yang ditawarkan oleh sistem Android generasi baru untuk melindungi privasi pengguna.

Tujuan penambahan fungsi ini adalah untuk menginformasikan kepada pengguna jika ada layanan, aplikasi, atau fitur yang sedang mengakses kamera. Jadi pengguna bisa segera menyadari jika ada yang merekam atau mengambil foto secara diam-diam.

Xiaomi di sisi lain juga tidak menyediakan setelan khusus untuk mengelola notifikasi keamanan privasi ini. Jika merasa kurang sreg, kita mungkin dapat mematikan fungsi Face Unlock dan beralih ke opsi lain seperti pemindaian sidik jari, PIN, kata sandi, atau pola.

Cara Menonaktifkan Face Unlock Xiaomi

  • Masuk ke menu Settings.
  • Buka halaman Passwords & security.
    Cara Menghilangkan Notifikasi Biometric MIUI - 1
  • Ketuk menu pengaturan Face Unlock.
    Cara Menghilangkan Notifikasi Biometric MIUI - 2
  • Masukkan PIN atau kunci keamanan yang digunakan di ponsel.
  • Matikan opsi Unlock using face data.
    Cara Menghilangkan Notifikasi Biometric MIUI - 3
  • Tutup pengaturan.

Setelah menonaktifkan fungsi Face Unlock di ponsel Xiaomi, jangan lupa untuk mengaktifkan kunci menggunakan PIN, pola, atau kata sandi yang dapat dilakukan melalui menu Screen Lock di halaman Passwords & security. Kita juga dapat mengatur pemindaian sidik jari lewat Fingerprint unlock jika tersedia.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar