Berita Smartphone

Android 12 Resmi Dirilis, Intip Yuk Fitur-Fitur Barunya!

Android-12-Feature

Gadgetren – Google kembali memberikan pembaruan untuk sistem operasi Android yang kini memasuki versi 12.

Tentunya hal ini menjadi angin segar buat penggemar Android karena sebentar lagi dapat mencicipi pengalaman dan fitur barunya. Berdasarkan informasi yang diambil dari situs resmi Android Developer, Android 12 akan tiba ke beberapa perangkat.

Di antaranya dimulai dengan Pixel dalam beberapa minggu ke depan dan perangkat Samsung Galaxy lalu kemudian diikuti oleh OnePlus, Oppo, realme, Tecno, vivo, dan Xiaomi. Semuanya akan digilir satu persatu secara bertahap untuk mendapatkan pembaruan Android 12 hingga akhir tahun 2021.

Pembahasan lebih detail secara teknis mengenai Android 12 nantinya akan diselenggarakan pada sebuah perhelatan khusus dalam acara Android Dev Summit 2021 pada tanggal 27-28 Oktober 2021. Sebelum acara tersebut diselenggarakan, kamu bisa mengintip fitur-fitur baru yang akan dibawanya.

Fitur-Fitur Baru Android 12

Desain UI Baru

Untuk memberikan pengalaman baru buat para pengguna Android, Google menyuguhkan beberapa hal baru pada desain tampuian antarmuka Android 12. Material You akan jadi bahasa desain baru yang dapat membantu pengguna membuat aplikasi yang lebih personal.

Android-12-Widget.

Bagian Widget pun didesain ulang agar lebih sederhana, mudah ditemukan, dan tampil tidak membosankan. Pengguna bisa mencoba kontrol interaktif baru, layout responsif yang bisa diterapkan di beragam perangkat, hingga menyajikan warna-warna lebih dinamis. Terakhir ada pembaruan desain UI notifikasi yang lebih modern.

Performa Lebih Baik

Sementara untuk segi performa, Android 12 akan menyodorkan beberapa pembaruan pada aspek kinerja sistem agar lebih cepat dan lebih efisien, notifikasi yang lebih responsif, dan mesin pembelajaran yang lebih cepat.

Pada kinerja sistem, Android 12 akan memberikan pengurangan waktu CPU yang digunakan oleh sistem inti sebesar 22% dan penggunaan inti sebesar 15%. Kemudian untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna, Android 12 mencegah aplikasi latar belakang mengonsumsi kinerja berlebih. Tak lupa, Android 12 akan membantu mengurangi latensi notifikasi untuk aplikasi pemberitahuan.

Keamanan Privasi

Android 12 turut memperhatikan hal-hal privasi pengguna melalui diberikannya Privacy Dashboard baru di menu Settings untuk memudahkan pengguna melihat izin akses aplikasi seperti mikrofon, kamera, dan lokasi.

Android-12-Location-Privacy

Di samping itu, Android 12 juga memungkinkan pengguna memiliki kontrol lebih besar atas izin lokasi dan dapat memberikan akses aplikasi ke perkiraan lokasi meskipun diminta lokasi yang tepat.

Sebagai perlindungan keamanan, Android 12 menyediakan pengingat atau indikator di Statusbar untuk memberi tahu pengguna saat aplikasi membutuhkan kamera atau mikrofon perangkat. Begitu pula dengan akses aplikasi ke mikrofon dan kamera akan dapat diatur dengan cepat oleh pengguna. Kemudian, izin perangkat di sekitar akan hadir tanpa memerlukan izin lokasi.

User Experience Tools Lebih Baik

Adanya API terpadu baru memungkinkan pengguna dapat menerima konten dari sumber apa pun seperti papan klip, keyboard, atau drag-drop. Tersedia pula dukungan untuk sudut layar membulat untuk tampilan lebih modern.

Android-12-Efek-grafis-Blur

Sektor kamera pun kebagian pembaruan dari Android 12 dimana memungkinkan aplikasi produsen handphone menyediakan fitur-fitur bokeh, HDR, mode malam, dan lainnya. Android 12 juga akan

Dengan API Mode Game, pengguna nantinya dapat mengatur pilihan profil performa yang diinginkan saat bermain game seperti fokus terhadap masa pakai baterai yang lebih lama atau mode performa untuk visual yang mulus.

Tinggalkan Komentar