ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Laptop

Ini 5 Laptop Untuk Pelajar Biar Buat Tugas Lebih Gampang

Laptop Untuk Pelajar - Header [Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Meskipun sebagian fungsinya kini sudah dapat digantikan oleh sebuah tablet, laptop tetap bisa menjadi salah satu alternatif terbaik bagi pelajar untuk menjalani aktivitas studinya.

Laptop-laptop yang diperlukan apalagi tidak harus berspesifikasi tinggi. Yang penting sudah cukup untuk mengerjakan tugas seperti menyunting dokumen, mengakses layanan internet, melakukan konferensi video, maupun membuka berkas materi belajar.

Jajaran laptop kelas entri yang notabene tersedia dengan harga terjangkau bahkan sudah dapat menjadi pilihan pas bagi para pelajar untuk menangani berbagai macam aktivitas tersebut. Adapun sebagian perangkat yang dapat dipertimbangkan adalah sebagai berikut.

1. ASUS Vivobook Go 14 (E1404)

Laptop Untuk Pelajar - ASUS VivoBook Go 14 (E1404)

Salah satu di antaranya adalah ASUS Vivobook Go 14 (E1404). Laptop satu ini tercatat membawa spesifikasi dan sejumlah dukungan yang pas bagi para pelajar untuk menemani mereka dalam mengerjakan berbagai macam rutinitas.

Dalam versi paling murah laptop ini, ASUS bahkan sudah menggunakan AMD Ryzen 3 7320U sebagai dapurnya. Prosesor tersebut mempunyai kemampuan yang cukup mumpuni karena sudah dapat dipacu hingga 4,1GHz dan ditunjang pengolah grafis terintegrasi AMD Radeon 610M.

Dukungan memori yang ditawarkan untuk menunjang kemampuan prosesor tersebut apalagi juga cukup tinggi. Vivobook Go 14 dalam hal ini dilengkapi dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 8GB yang dikombinasikan bersama penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 sebesar 256GB.

Kita juga akan dimanjakan oleh tampilan dari layarnya. Perangkat Vivobook Go 14 soalnya sudah menggunakan panel anti-glare display berukuran 14 inci yang mendukung resolusi gambar FHD (1920 x 1080 piksel). Lebih tinggi dari sejumlah pesaingnya.

Mengetik dengan Vivobook Go 14 juga bisa terasa lebih nyaman meskipun sedang berada di tempat yang gelap. Perangkat ini mendukung Backlit Chiclet Keyboard yang mempunyai lampu latar di bagian bawahnya sehingga pengguna tetap bisa melihat tombol dengan jelas.

Laptop dari lini keluarga Vivobook ini di sisi lain juga membawa dukungan yang sangat lengkap. ASUS secara khusus sudah menyematkan mulai dari sensor pemindai sidik jari yang dapat memudahkan kita login, WiFi 6E, Bluetooth 5.3, USB Type-C, USB Type-A, soket HDMI 1.4, maupun jack audio 3,5mm.

Di samping itu, Vivobook Go 14 pun membawa keandalan yang sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya sertifikasi standar militer MIL-STD 810H yang menunjukkan bahwa perangkat sudah menjalani berbagai macam uji coba pemakaian ekstrem.

Khusus untuk Vivobook Go 14, kita juga berkesempatan untuk sekaligus memperoleh sistem operasi Windows 11 Home dan pengelola dokumen Microsoft Office Home & Student 2021 dalam paket penjualannya. Adapun dalam hal ini kita dapat meminangnya dengan harga mulai dari kisaran Rp6.299.000 di Tokopedia.

2. Lenovo IdeaPad Slim1 (14IGL7)

Laptop Untuk Pelajar - Lenovo IdeaPad Slim1

Sebagai opsi yang tak kalah menarik, kita juga dapat mempertimbangkan Lenovo IdeaPad Slim1 (14IGL7). Laptop yang turut membawa Intel Celeron N4020 sebagai dapur pacu ini tersedia dengan label kisaran Rp4 jutaan di Tokopedia.

Meskipun sedikit lebih murah, laptop buatan Lenovo ini menariknya membawa dukungan memori yang lebih besar. IdeaPad Slim1 (14IGL7) tercatat memadukan penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe 3 256GB miliknya dengan kapasitas RAM 8GB.

Hanya saja sayangnya, spesifikasi layar yang digunakan oleh perangkat ini sedikit lebih rendah. Laptop IdeaPad Slim1 (14IGL7) masih menggunakan panel berjenis TN dengan resolusi HD (1366 x 768 piksel) meskipun sama-sama berukuran 14 inci.

Soket yang tersedia di IdeaPad Slim1 (14IGL7) juga termasuk lengkap di mana mencakup USB Type-C, USB Type-A, jack audio, HDMI 1.4b, maupun card reader. Sayangnya untuk keyboard-nya belum mendukung Backlit seperti perangkat sebelumnya.

Paket penjualan dari laptop ini juga lengkap. Dengan membayar sekitar Rp4.399.000, kita nanti tidak perlu lagi membeli sistem Windows 11 Home dan aplikasi Office Home and Student 2021 secara terpisah untuk menggunakan perangkat ini.

3. HP 14s (dq3110TU)

Laptop Untuk Pelajar - HP 14s

Lini HP 14s juga tercatat membawa dukungan yang cukup baik untuk menemani kita beraktivitas selama sekolah maupun kuliah. Varian paling rendah dari keluarga perangkat ini yang tercatat dengan nomor model dq3110TU bisa dibeli melalui Tokopedia dengan harga Rp4.599.000.

Berbeda dengan dua laptop sebelumnya, HP 14s (dq3110TU) tersedia secara khusus dengan Intel Celeron N4500 berkecepatan hingga 2,8GHz sebagai otaknya. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM mulai dari 4GB dan penyimpanan SSD 256GB.

Membentang hingga seluas 14 inci, layar HP 14s (dq3110TU) mendukung tampilan gambar dengan resolusi HD (1366 x 768 piksel). Terdapat sebuah kamera beresolusi HD (720p) yang diberi nama HP True Vision sebagai penunjang kegiatan seperti konferensi video.

HP 14s (dq3110TU) juga dapat dipakai dengan nyaman untuk mengetik bahkan pada kondisi cahaya redup. Laptop level entri dari HP ini soalnya sudah mendukung Backlit Keyboard yang mempunyai lampu latar di mana dapat membuat tombol huruf-hurufnya terlihat jelas.

4. Acer Aspire 3 Slim (A314-35)

Laptop Untuk Pelajar - Acer Aspire 3 Slim

Alternatif berikutnya adalah jajaran laptop di keluarga Acer Aspire 3 Slim. Lini ini mempunyai perangkat terjangkau dengan nomor model A314-35 yang juga dapat dipertimbangkan saat kita memerlukan alat untuk menunjang aktivitas belajar.

Tersedia dengan kisaran harga mulai dari Rp4.999.000, kita dapat meminang perangkat ini melalui Tokopedia. Paket penjualannya pun sudah mencakup sistem operasi Windows 11 Home dan aplikasi Office Home and Student 2021 sehingga kita bisa langsung memakainya untuk beraktivitas.

Untuk kinerja pengolahan data, Aspire 3 Slim (A314-35) mempercayakan kemampuannya kepada Intel Celeron N5100 yang mana juga mampu dipacu dengan kecepatan maksimal sampai 2,8GHz. Makanya sudah cukup bisa diandalkan untuk menangani berbagai macam tugas kasual.

Di sisi lain, Aspire 3 Slim (A314-35) juga mendukung RAM berkapasitas hingga 8GB. Terbagi menjadi dua bagian di mana 4GB tertanam di mesin utama sementara sisanya terpasang dalam slot khusus yang dapat ditingkatkan dengan kapasitas total sampai 20GB.

Aspire 3 Slim (A314-35) secara mendasar juga dilengkapi dengan penyimpanan SSD NVMe sebesar 512GB. Namun jika terasa kurang, kita dapat meningkatkannya hingga 1TB dengan slot tambahan untuk HDD yang mampu menangani kapasitas sampai 2TB.

5. Axioo MYBOOK HYPE 3 (23E0N)

Laptop Untuk Pelajar - Axioo MYBOOK HYPE 3

Perangkat-perangkat dari merek lokal Axioo juga dapat menjadi pilihan pas jika memerlukan laptop dengan spesifikasi lebih mumpuni. Untuk pelajar, mereka salah satunya mempunyai Axioo MYBOOK HYPE 3 (23E0N) yang bisa dipertimbangkan.

Dibandingkan dengan perangkat Rp4 jutaan yang lain, MYBOOK HYPE 3 (23E0N) membawa spesifikasi yang lebih unggul. Perangkat ini di antaranya sudah menggunakan Intel Core i3-1005G1 yang mampu berjalan dengan frekuensi sampai 3,4GHz sebagai basis pengolahan data.

Axioo secara khusus memadukan prosesor bertenaga tersebut dengan RAM 8GB yang dapat ditingkatkan hingga maksimal 32GB. Terdapat penyimpanan SSD M.2 NVMe PCIe 3 berkapasitas 256GB yang juga siap membantu pelajar menyimpan berbagai macam berkas datanya.

Yang tak kalah menarik, perangkat satu ini juga sudah menggunakan layar level IPS berukuran 14 inci. Resolusi yang didukung pun sudah sampai FHD (1920 x 1080 piksel) sehingga tampilan gambarnya bisa terlihat secara lebih jelas.

Uniknya dengan beberapa keunggulan spesifikasi yang ditawarkannya, perangkat ini dibanderol paling murah ketimbang laptop-laptop sebelumnya. MYBOOK HYPE 3 (23E0N) hanya dijual dengan harga kisaran Rp4.299.000 di laman Tokopedia.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar