ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Ubah Default Browser iPhone dengan Pilihan Sendiri

Cara Ubah Default Browser iPhone - Header

Gadgetren – Sekarang ini terdapat banyak aplikasi peramban atau browser yang tersedia untuk perangkat iPhone. Hanya saja secara mendasar, pengaturan bawaannya memang akan disetel ke Safari.

Melalui pembaruan iOS 14, Apple untungnya mulai mengizinkan kita mengatur default browser di perangkat iPhone dengan aplikasi pihak ketiga. Kita yang kurang sreg dengan Safari pun dapat menggunakan Google Chrome, DuckDuckGo, atau Mozilla Firefox.

Dengan mengatur default browser di perangkat iPhone, aplikasi yang dipilih nantinya akan membuka halaman secara otomatis ketika sistem memerlukannya. Semisal saat kita mengetuk sebuah tautan yang dikirim melalui layanan pesan instan atau iMessage.

Cara Ubah Default Browser iPhone

  • Pasang aplikasi peramban yang diinginkan.
  • Setelah selesai, masuk ke halaman Settings.
  • Cari dan buka pengaturan untuk Safari atau aplikasi peramban yang mau digunakan.
  • Ketuk menu Default Browser App.
  • Ubah pengaturan default browser ke aplikasi yang diinginkan.

Agar berhasil mengganti default browser di iPhone, kita perlu memastikan bahwa perangkat sudah memasang sistem operasi iOS 14 atau yang lebih baru. Kita dalam hal ini dapat melakukannya melalui halaman Settings > General > Software Update.

Kita selain itu juga perlu mengecek apakah peramban yang ingin digunakan mendukung opsi ini atau tidak. Soalnya, belum semua peramban membawanya. Apabila bingung maka kita dapat mempertimbangkan salah satu dari tiga alternatif yang sudah dijabarkan sebelumnya.

Sedikit informasi tambahan, pengaturan default browser akan langsung diubah ke Safari secara otomatis ketika kita menghapus peramban yang digunakan sebelumnya. Kita pun perlu menyetel kembali secara manual jika mau memakai aplikasi yang lain.

Senada dengan hal tersebut, pengaturan default browser pada iPhone pun akan berubah ke salah satu peramban yang terpasang jika kita menghapus Safari. Sayangnya tidak ada ketentuan pasti seperti ditinjau dari urutan pemasangan atau popularitasnya untuk proses penetapan ini.

Untuk perangkat yang masih menggunakan sistem operasi di bawah iOS 14, kita pun tidak dapat berbuat apa-apa jika ingin mengubahnya. Pasalnya pengaturan default browser belum tersedia untuk aplikasi pihak ketiga. Jadi kita pun perlu membuka tautan atau halaman web secara manual.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar