Berita

iOS 14 Resmi Diumumkan! Ini Jajaran Fitur Barunya Yang Apple Jagokan

Inilah Fitur iOS 14 Baru Header

Gadgetren – Dalam perhelatan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020, Apple baru saja mengumumkan secara resmi sistem operasi versi terbaru untuk perangkat iPhone yang  bernama iOS 14. Tak tanggung-tanggung, Apple menghadirkan lebih dari sepuluh fitur baru yang menyegarkan.

Di antaranya meliputi ‘App Library’, ‘Widgets’, ‘Picture in Picture’, ‘Compact Calls’ dan ‘Siri’. Untuk pembaruan pesan ada fitur pin pesan, emoji terbaru, dan personalisasi chat grup. Sementara untuk peta hadir fitur ‘Electric Vehicle Routing’ dan ‘Car Key and Car Play’ serta pada ‘App Store’ terdapat fitur baru yang disebut ‘App Clips’.

Semua fitur baru ini akan tim Gadgetren bahas satu persatu berdasarkan pengumuman resminya yang dijelaskan oleh Craig Federighi selaku SVP Software Engineering. Pertama ada App Library yang memungkinkan penggunanya mengelola aplikasi secara mudah dan otomatis ke dalam grup. Pengguna bisa menemukan aplikasi di kolom pencarian App Library secara alfabet.

Fitur lain dari App Library merupakan ‘Suggestion’ di sisi kiri layar yang memberikan rekomendasi kepada pengguna untuk menggunakan aplikasi populer dan ‘Recently Added’ di sisi kanan layar memberikan daftar aplikasi yang dipasangkan.

Kedua ada Widgets yang kini bisa tampil di layar utama iPhone. Kehadiran Widgets terbaru ini telah didesain oleh Apple untuk memungkinkan penggunanya mendapatkan informasi lebih banyak secara cepat hanya lewat layar utama. Fitur Widgets bisa ditambahkan di layar utama dan diatur sesuai selera dengan ukuran yang bervariasi.

Di samping itu pengguna bisa menambahkan tumpukan Smart Widget yang telah dikurasi berdasarkan aplikasi yang paling sering digunakan. Setelah itu Widgets yang tepat akan muncul secara otomatis pada waktu yang tepat untuk pengguna gunakan.

iOS-14-WWDC-2020

Ketiga adalah Picture-in-Picture yang memungkinkan pengguna melakukan aktivitas di layar iPhone secara multitasking sambil menonton video. Dengan begitu pengguna dapat terus menonton film atau melanjutkan panggilan FaceTime saat mereka menggunakan aplikasi lain.

Keempat ada Compact Calls yang mampu melakukan panggilan dari iPhone, facetime, dan aplikasi pihak ketiga yang akan ditampilkan dalam desain compact  dan tidak menggunakan layar penuh. Selnajutnya, Siri memungkinkan pengguna mendapatkan semua informasi dan memiliki desain lebih ringkas ketika mencari informasi di situs, dapat mengirim pesan lewat suara dan Siri akan merekamnya.

Siri juga dapat mengakses terjemahan secara offline dan cepat untuk sebelas bahasa antara lain Inggris, Mandarin, Perancis, Jerman, Spanyol, Itali, Jepang, Korea, Arab, Portugal, dan Rusia. Selain itu, saat iPhone dalam mode landskap akan mengaktifkan mode conversation dengan dua bahasa yang berbeda untuk dapat memudahkan dua orang yang sedang berbicara.

 iOS 14 Siri

Selanjutnya fitur pin pesan mampu memungkinkan hingga sembilan percakapan terpenting selalu berada di paling atas sehingga pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya kembali.

Lalu pengguna juga bisa memberikan identitas secara visual di dalam grupnya dengan menambahkan foto atau emoji yang juga kini kian beragam. Tak hanya itu saja, fitur pesan juga menghadirkan ‘mention’ atau penyebutan kepada teman yang ingin diajak chat.

Pesan iOS 14

Sekarang pengguna juga bisa membalas pesan tertentu dalam percakapan grup. Pengguna dapat melihat balasan dalam percakapan penuh atau sebagai halaman mereka sendiri untuk tampilan yang lebih fokus.

Sementara itu, aplikasi Peta menawarkan fitur baru yang disebut ‘Electric Vehicle Routing’ atau petunjuk arah untuk kendaraan listrik. Di sini pengguna dapat menggunakan Peta untuk mendapatkan petunjuk arah yang meliputi beberapa tempat pengisian daya dalam rute perjalanan.

EV Routing iOS 14

Fitur Car Key and Car Play memungkinkan pengguna dapat membuka kunci dan menyalakan mobile dengan iPhone dan memilih wallpaper menarik pada layar di dekat kendali mobil. Terakhir, App Clips yang bisa digunakan untuk transaksi dengan QR Code yang juga dapat tersambung dengan sistem pembayaran NFC.

Jajaran perangkat iPhone yang akan mendapatkan iOS 4 ini meliputi iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE (generasi 1), dan iPhone SE (generasi 2).

Tinggalkan Komentar