ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengubah Default Browser HP OPPO Jadi Chrome Atau Lain

OPPO-Reno8-T-5G-DisplayFrontDiagonal

Gadgetren – Pada saat kamu membuka link tertentu, bisanya kamu akan langsung diarahkan untuk membuka browser bawaan di ponsel OPPO.

Terkadang tampilan dan fitur dari browser bawaan kurang familiar untuk sebagian orang seperti Google Chrome yang mana tersedia di semua ponsel Android serta memiliki dukungan yang baik.

Kamu pun bisa mengubah Google Chrome menjadi default browser di ponsel OPPO yang mana dapat dilakukan langsung dengan mengunjungi halaman Default Apps di aplikasi Settings.

Cara Mengubah Default Browser di OPPO

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Apps.
    Ganti browser OPPO - 1
  3. Pilih menu Default apps.
    Ganti browser OPPO - 2
  4. Pilih opsi Browser app.
    Ganti browser OPPO - 3
  5. Selanjutnya, pilih browser yang kamu inginkan misalnya Chrome.
    Ganti browser OPPO - 4
  6. Setelah dipilih, maka kini Google Chrome sudah menjadi browser utama ketika membuka tautan.

Pilihan aplikasi di halaman Default browser app akan bertambah tergantung dari seberapa banyak aplikasi browser yang kamu padang di ponsel OPPO. Dengan menjadi browser bawaan, tentunya aplikasi pilihan kamu akan dijalankan setiap kali kamu membuka tautan.

Terkadang pada saat ingin mengisi formulir online seperti dari Google Form, tampilan dari browser bawaan tidak akan sebagus ketika dibuka lewat Chrome karena sama-sama buatan Google.

Perlu dicatat bahwa pada halaman Default Apps terdapat 6 default aplikasi yang dapat diatur apabila kamu melakukan aksi tertentu seperti Browser, Caller ID & Spam, Digital Assistant, Home, Phone, dan SMS.

Biasanya Caller ID & spam app akan muncul beberapa aplikasi yang memang khusus untuk anti spam seperti Get Contact, True Caller, dan lainnya. Sementara Digital Assistant app akan langsung dihadapkan pada Google Assistant atau lainnya.

Untuk pilihan Home app akan muncul pilihan System Launcher bawaan dari ColorOS atau opsi lain apabila kamu mengunduh aplikasi Launcher dari Google Play Store yang mana akan mengubah juga tampilan Home.

Pada Phone app biasanya terdapat beberapa pilihan aplikasi yang digunakan untuk panggilan telepon. Sementara SMS app akan berisikan pilihan aplikasi untuk mengirimkan SMS atau pesan singkat dari ponsel OPPO.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar