ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini Bedanya itel A70 dan itel A60s, Terlihat Seperti Penyempurnaan

itel A70 Vs itel A60s - Header

Gadgetren – Jika dilihat secara sekilas, itel A70 yang telah meluncur di tahun 2023 bisa dikatakan sebagai versi penyempurnaan dari itel A60s meskipun harga normalnya justru sedikit lebih terjangkau.

Pada beberapa aspek yang dibawanya, itel A70 soalnya mempunyai spesifikasi yang lebih unggul. Perangkat kelas entri tersebut tercatat mengusung sejumlah pemutakhiran dan berbagai macam teknologi yang lebih baru daripada pendahulunya.

Kalau disuruh untuk memilih salah satu, saya pribadi makanya akan lebih condong ke itel A70. Hanya saja jika kamu masih ragu-ragu maka ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dulu perbedaan dari kedua perangkat itel tersebut.

Perbedaan itel A70 Vs itel A60s

Dengan desain yang sama-sama terlihat menyerupai perangkat iPhone di mana menggunakan sisi-sisi samping dibuat datar, perwujudan dari kedua ponsel tersebut sebenarnya sudah sangat berbeda. itel A70 memakai penutup bodi polos sedangkan itel A60s menampilkan corak berlian.

Penutup belakang itel A70 juga terlihat lebih modern tanpa sensor pemindai sidik jari karena sudah dipindahkan ke sisi samping yang mana diintegrasikan bersama tombol Power. Sementara itel A60s masih di bodi walau dimasukkan ke dalam bingkai kamera untuk menyamarkannya.

Perbedaan utama dari kedua ponsel tersebut pun terletak pada aspek dapur pacunya. Perangkat itel A70 menggunakan Unisoc T603 di mana merupakan chipset yang lebih mutakhir dan jauh unggul ketimbang Unisoc SC9863A milik itel A60s.

Sedikit informasi, kedua chipset ini sebenarnya sama-sama menggunakan inti berbasis arsitektur ARM Cortex-A55. Hanya saja Unisoc T603 mempunyai frekuensi hingga 1,8Ghz dan dikembangkan memakai manufaktur 12nm saat Unisoc SC9863A masih 1,6Ghz dengan teknologi 28nm.

Di samping chipset yang ditawarkan, itel A70 juga lebih menggoda untuk dipertimbangkan karena sudah menggunakan media penyimpanan besar. Perangkat tersebut menawarkan kapasitas hingga 128GB tidak seperti itel A60s yang hanya 64GB.

Perangkat itel A70 di sisi lain juga mempunyai pilihan RAM yang lebih banyak. Selain menawarkan dukungan dengan kapasitas maksimal mengikuti 4GB seperti itel A60s, ponsel tersebut pun mempunyai varian 3GB yang mana dijual lebih murah.

Secara mendasar, sistem yang dipakai oleh kedua ponsel tersebut juga sangat berlainan. Itel A70 sudah memakai Android 13 yang dibalut dengan antarmuka itel OS 13 sementara itel A60s masih mengandalkan Android 12 dalam itel OS 8.6.

Untuk memberikan kemampuan yang lebih baik dalam aspek fotografi, itel pun menyematkan dukungan lensa yang lebih tinggi di itel A70. Perangkat tersebut makanya mempunyai lensa utama 13MP dan depan 8MP padahal itel A60s sebelumnya hanya 8MP dan 5MP.

Alih-alih memakai soket Micro USB seperti itel A60s, itel A70 juga memutakhirkan antarmuka pengisi daya dan transfer data miliknya dengan USB Type-C. Walaupun versi yang dipakai sebenarnya tidak jauh berbeda tetapi minimal kita bisa memasang kabel data tanpa takut terbalik.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar