ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

10 Fitur Menarik OPPO Find N3 Flip – Hewan Virtual Imut hingga Mini Apps

Fitur OPPO Find N3 Flip - Interactive Pet

Gadgetren – OPPO belum lama ini kembali menghadirkan foldable terbaru mereka ke Indonesia melalui Find N3 Flip. Handphone yang satu ini menghadirkan berbagai peningkatan terutama di sektor kamera, performa, dan fitur-fitur pelengkap.

Sebagai foldable, tentu ada lipatan pada layar utama Find N3 Flip tapi menariknya OPPO berhasil membuat lipatan ini tidak begitu terlihat dan juga tidak begitu terasa ketika diraba. Ketika ditutup handphone ini memiliki layar eksternal dengan rasio ukuran yang terlihat pas untuk menampilkan konten layaknya layar biasa.

Untuk dapur pacunya Find N3 Flip mengusung chipset Mediatek Dimensity 9.200 yang dikombinasikan RAM LPDDR5x 12GB dan penyimpanan internal UFS4.0 256GB. Berkat ini performanya terasa gegas untuk sehari-hari.

Di sektor fotografi Find N3 Flip pun tak kalah canggih dengan digunakannya kamera belakang yang terdiri dari lensa utama Sony IMX890 50MP, lensa ultrawide Sony IMX581 48MP, dan lensa telefoto Sony IMX709 32MP. Sedangkan untuk kamera depannya menggunakan lensa Sony IMX709 RGBW 32MP.

Nah selain memiliki keunggulan di perangkat kerasnya, Find N3 Flip juga mengusung berbagai macam fitur menarik yang memanfaatkan bentuk foldable-nya. Seperti apa fitur-fitur menarik yang ada di Find N3 Flip? Ini dia.



Alert Slider

Pada bagian sisi kiri atas Find N3 Flip, kamu akan menemukan sebuah tombol unik yang baru pertama kali OPPO gunakan di handphone mereka yakni Alert Slider. Tombol ini sebetulnya adalah ciri khas dari handphone keluaran OnePlus yang kini diadopsi oleh OPPO juga, tidak aneh sih melihat OnePlus adalah anak usaha dari OPPO.

Fungsi tombol ini adalah untuk dengan cepat mengubah mode dering dalam 3 mode yakni senyap, bergetar, dan berdering. Ini cukup dilakukan dengan menggeser-geser tombolnya ke atas maupun ke bawah. Fitur ini sangat bermanfaat misal ketika kita sedang meeting lalu ingin handphonenya disenyapkan dengan cepat.

Interactive Pet

Ingin menampilkan hewan yang lucu di cover screen Find N3 Flip kamu? Ini bisa kamu lakukan berkat adanya fitur interactive pet. Kamu juga menariknya bisa berinteraksi dengan hewan digital ini dengan mengetuk cover screen dan hewannya akan melakukan gaya-gaya yang berbeda.

Untuk mengaktifkan fitur ini bisa dilakukan melalui menu Cover Screen Style lalu memilih Interactive Pets. Ada 8 hewan yang bisa dipilih mulai dari kucing, koala, panda, hingga kelinci. Semua hewan ini didesain dengan imut sehingga bisa membuat kamu tersenyum.

Fitur OPPO Find N3 Flip - Mini Apps

Mini Apps

Tahukah kamu Find N3 Flip bisa menampilkan aplikasi dengan fitur yang lengkap namun dengan ukuran yang mungil di cover screennya? Ya ini bisa dilakukan berkat fitur Mini Apps.

Secara bawaan sebetulnya sudah ada beberapa Mini Apps yang terpasang pada cover screen Find N3 Flip. Jika ingin menambahkan atau mengurangi Mini Apps yang ditampilkan, bisa dilakukan melalui setelan handphone tepatnya pada menu Foldable Features.

Untuk saat ini belum semua aplikasi dapat ditampilkan dalam bentuk Mini Apps namun aplikasi-aplikasi penting yang sering saya gunakan seperti Google Maps, Youtube, Gmail untungnya sudah ada.

Jika diinginkan kamu bahkan bisa menampilkan aplikasi Gojek dan Grab di cover screen ini dalam bentuk Mini Apps agar lebih mudah ketika ingin memesan ojek online tanpa perlu repot-repot membuka layar utamanya.

Ketika sedang merasa bosan lalu ingin memainkan game sederhana langsung di cover screen Find N3 Flip, ada Mini Apps menarik yang bernama GameSnacks. Saat ini ada total 16 game yang bisa kamu mainkan dengan genre mulai dari racing, action, hingga simulasi bercocok tanam.

Cover Screen Widget

Ketika memilih wallpaper untuk cover screen Find N3 Flip, kamu bisa mengatur widget yang ditampilkan pada wallpaper tersebut. Ada total 3 widget yang bisa diatur untuk wallpaper biasa sedangkan untuk wallpaper Interactive Pet hanya ada satu widget.

Tersedia berbagai macam widget yang bisa ditampilkan mulai dari kamera, baterai, perekam suara, atau bahkan Mini Apps seperti WhatsApp dan TikTok. Warna icon widget yang ditampilkan pun bisa diubah dengan pilihan warna yang sudah disediakan.

Fitur OPPO Find N3 Flip - XPan

XPan

OPPO kembali berkolaborasi dengan Hasselblad untuk kamera pada Find N3 Flip terutama untuk kalibrasi warna dan foto portrait dengan efek bokeh flare ala kamera klasik Hasselblad.

Nah ada satu fitur unik dari Hasselblad yang juga dibawa oleh Find N3 Flip yakni mode XPan pada aplikasi kamera bawaan. Mode ini dapat mensimulasikan fotografi dengan rasio aspek 65:24 sehingga foto akan terlihat sangat lebar. Warna foto di mode ini pun bisa diubah menjadi hitam putih jika diinginkan.

Portrait Telephoto

Dalam melakukan foto portrait, Find N3 Flip secara bawaan akan menggunakan kamera telefotonya. Ini tentu bukan tanpa alasan, dengan focal length yang dibawanya dikombinasikan dengan bukaan f/2 dan sensor kamera RGBW IMX709 32MP membuat efek bokeh yang dihasilkan terlihat lebih menawan.

Nah tentunya untuk foto portrait dengan kamera utama tetap bisa dilakukan dengan cara mengubah level zoom ketika di menu portrait pada aplikasi kamera. Kamu pun bisa membandingkan perbedaan foto portrait yang dihasilkan oleh kedua lensa kamera ini.

DV Recording

Memanfaatkan form factor foldable dari Find N3 Flip kamu bisa merekam video menggunakan handphone ini dengan cara yang unik yakni DV Recording. Kamu cukup membuka aplikasi kamera bawaan lalu menekuk layar hingga 90º dan secara otomatis tampilan aplikasi kameranya berubah.

Dengan mode DV Recording ini, kamu bisa merekam video seperti layaknya menggunakan camcorder. Selain itu berkat mode ini, perekaman suara kamu akan terdengar lebih jelas karena mikrofon yang ada di bagian bawah handphone akan mengarah lebih dekat ke mulut.

Selfie dengan Kamera Utama

Berkat bentuknya yang unik, dengan Find N3 Flip kamu juga bisa melakukan selfie menggunakan lensa utama handphone ini. Hasil fotonya tentu akan terlihat lebih baik dibandingkan menggunakan kamera depan handphone ini.

Untuk melakukan selfie dengan kamera utama caranya cukup mudah, tinggal memencet simbol kamera yang muncul pada Cover Screen atau melalui Mini Apps kamera. Selain menggunakan kamera utama, kamu pun bisa memilih lensa ultra wide agar dapat melakukan foto selfie dengan bidang pandang yang lebih luas maupun lensa telefoto untuk foto portrait yang lebih menarik.

Fitur OPPO Find N3 Flip - Flexform

FlexForm

Selfie dengan kamera utama menariknya dapat dilakukan juga dengan cara meletakkan Find N3 Flip di permukaan datar seperti di meja lalu membuka aplikasi kamera melalui cover screen dan layar dibuka hingga bagian kamera menjulang ke depan.

Dengan ini foto selfie-nya bisa menangkap keseluruhan tubuh kamu dan kamu pun bisa bergaya lebih bebas. Untuk mulai memotret, cukup dengan memperlihatkan telapak tangan ke kamera dan aplikasi kamera akan secara otomatis menghitung mundur untuk memotret.

Dual Preview

Pernahkah kamu meminta bantuan teman untuk memfoto dirimu tapi kamu juga ingin melihat langsung preview fotonya? Ini bisa dilakukan dengan fitur Dual Preview.

Ketika membuka aplikasi kamera di mode video, photo, atau portrait, cukup mengetuk simbol cover screen di bagian kiri atas aplikasi kamera. Setelah itu cover screen akan menampilkan preview foto atau video yang sedang dilakukan.

Nah itu dia 10 fitur menarik yang ada di OPPO Find N3 Flip. Jika kamu menemukan fitur menarik lain yang belum disebut, yuk share di kolom komentar di bawah ini.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar