ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Hands-on OPPO Find N3 Flip, OPPO Makin Serius!

Hands-on OPPO Find N3 Flip

Gadgetren – OPPO tampaknya semakin serius memasuki pasar perangkat foldable di Indonesia, ini dibuktikan dengan mereka kembali memboyong foldable baru yang tidak hanya 1 namun 2 perangkat sekaligus yakni Find N3 dan Find N3 Flip.

Saya sendiri sudah mencoba langsung Find N3 Flip dan impresi awal saya terhadap handphone ini sangat mengesankan. Secara keseluruhan, desain Find N3 Flip masih mirip dengan generasi sebelumnya namun kini ada tonjolan besar untuk jejeran kamera belakangnya.

Find N3 Flip menariknya mengusung 3 lensa kamera belakang yang terdiri dari lensa utama Sony IMX890 50MP, lensa ultrawide Sony IMX581 48MP, dan lensa portrait telephoto Sony IMX709 32 MP. Ini adalah upgrade yang signifikan dan terlihat impresif untuk sebuah handphone dengan bentuk flip.

Seperti apa hasil jepretan kamera yang diusung oleh Find N3 Flip? Berikut adalah beberapa hasil jepretan yang saya hasilkan:

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

Kamera utama

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

Zoom 2x

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

Kamera ultrawide

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

Portrait dengan kamera utama

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

Portrait dengan kamera depan

Kembali ke desain, varian warna Misty Pink yang saya gunakan terlihat sangat menawan dengan pink lembutnya. Casing bawaannya pun tak kalah menarik dengan warna yang selaras dengan warna handphone.

Di sisi kiri Find N3 Flip terdapat tombol Alert Slider untuk mengatur mode keluaran suara handphone yang mana fitur ini mirip handphone keluaran OnePlus. Tidak aneh melihat OPPO dan OnePlus berada dalam satu payung perusahaan yang sama.

OPPO Find N3 Flip - Case

Ada 3 mode suara yang bisa disetel melalui tombol Alert Slider ini yakni getar, senyap, dan berdering. Dengan ini saya dapat dengan cepat dan mudah mengatur mode suara misal ketika sedang rapat saya set ke senyap sedangkan untuk sehari-hari saya set ke berdering.

Find N3 Flip masih mengusung engsel Flexion Hinge yang mirip dengan generasi sebelumnya namun dengan beberapa peningkatan seperti lebih tahan lama hingga 600.000 lipatan atau setara sekitar 16 tahun jika tiap harinya dilipat 100 kali.

Lipatan pada layarnya pun nyaris tak terlihat dan tidak begitu terasa ketika diraba. Ini membuat pengalaman menikmati konten di layar menjadi tidak terganggu dengan lipatan layar. Berbicara soal layar, kualitas tampilannya cukup memanjakan mata berkat penggunaan panel AMOLED 6,8″ dengan refresh rate tinggi 120Hz dan kecerahan layar maksimal 1600 nit.

OPPO Find N3 Flip

Untuk layar eksternalnya tidak ada perubahan dibandingkan generasi sebelumnya dengan panel AMOLED 3,26″. Berkat rasio layarnya yang menyerupai layar biasa, tampilan konten pada layar eksternal ini terlihat lebih natural.

Hal menarik lain yang saya temukan dari layar eksternal Find N3 Flip adalah dapat menampilkan hewan peliharaan virtual yang terlihat lucu. Dikombinasikan dengan desainnya yang menawan tentu ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk sebagian orang.

Untuk proteksi terhadap percikan air, Find N3 Flip sudah tersertifikasi IPX4. Namun begitu sertifikasi tersebut juga berarti handphone ini tidak didesain untuk direndam dalam air.

OPPO Find N3 Flip

Bagian lain yang diperbarui pada Find N3 Flip terletak pada sektor performanya yang kini menggunakan chipset Mediatek Dimensity 9200. Memang ini bukan chipset yang terkencang namun untuk penggunaan sehari-hari sejauh ini handphonenya sudah terasa sangat lancar.

Chipset tersebut dikombinasikan dengan RAM LPDDR5X 12GB dan penyimpanan internal UFS 4.0 256GB yang sudah cukup luas. RAM-nya pun dapat diekspansi secara virtual hingga menjadi total 24GBGB.

Untuk menunjang dapur pacunya, Find N3 Flip mengusung baterai berkapasitas 4.300mAh. Menariknya handphone ini mengusung teknologi SUPERVOOC 44W yang ketika dites dapat mengisi daya baterai dari level 10% ke 100% dalam waktu hanya 1 jam 3 menit. Sayangnya untuk saat ini saya masih belum bisa mengetes baterai secara mendalam.

Sejauh ini saya sangat suka dengan apa yang ditawarkan oleh Find N3 Flip. Nah untuk review lebih dalamnya akan dirilis di Gadgetren dalam waktu dekat, jadi tunggu saja.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar