ASUS TUF Gaming FX507
Review Handphone

Review OPPO Find N3 Flip – Kameranya Makin Canggih

Review OPPO Find N3 Flip - Kameranya Makin Canggih

OPPO Find N3 Flip
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.8/10

Ringkasan

OPPO berhasil menyempurnakan handphone lipat mereka melalui Find N3 Flip di mana kemampuan kameranya patut diacungi jempol untuk sebuah handphone model flip. Ditambah lagi terdapat fitur menarik yang memanfaatkan layar eksternalnya.

Yang Disukai

  • Lipatan layar hampir tak terlihat
  • Kamera yang bagus di kelasnya
  • Desain menarik
  • Irit daya baterai
  • Aplikasi mini di layar eksternal

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada wireless charging

Gadgetren – Belum lama rasanya OPPO memasukkan foldable pertama mereka ke Indonesia dan kini sudah dirilis saja generasi terbarunya yakni Find N3 Flip.

Handphone lipat yang satu ini menghadirkan beberapa peningkatan terutama di sektor kamera yang kini dilengkapi lensa telefoto, performa yang lebih tangguh, dan fitur-fitur tambahan di layar eksternal.

Dengan harga Rp15.999.000 sama seperti pesaingnya, Find N3 Flip tidak bisa dipandang sebelah mata dan bisa menjadi pilihan menarik bagi yang ingin mencari foldable baru.

Desain

OPPO Find N3 Flip

Gaya desain yang diusung oleh Find N3 Flip masih mirip dengan generasi sebelumnya dengan bentuk yang hampir kotak ketika dilipat dan tanpa celah. Perbedaan paling mencolok terletak pada tampilan kamera belakang yang berubah dengan tonjolan cukup kentara.

Selain itu handphone ini memiliki tombol ekstra Alert Slider di sisi kiri atas yang berfungsi untuk mengubah mode suara handphone dengan cepat mulai dari senyap, getar, hinga dering. Untuk penggemar handphone OnePlus pasti tidak asing dengan tombol ini dan wajar karena OnePlus sendiri berada di bawah naungan OPPO.

Di sisi kanannya terdapat tombol pengatur volume serta tombol power yang berfungsi sekaligus sebagai pemindai sidik jari. Sedangkan di bagian bawahnya terdapat port USB Type-C, lubang speaker stereo, dan slot kartu SIM ganda.

Balutan warna Misty Pink pada Find N3 Flip yang saya gunakan terlihat sangat cantik. Sudah berkali kali saya melihat orang-orang di sekitar saya terutama kaum hawa terpikat oleh desain handphone ini.

OPPO Find N3 Flip

Build quality handphone ini terasa premium dan juga kokoh apalagi ditambah dengan sertifikasi IPX4 yang mana berarti tahan percikan air. Sisi belakangnya yang melengkung dan ukurannya yang pas membuat Find N3 Flip terasa nyaman ketika digenggam baik itu dalam mode dilipat maupun terbuka.

Engsel Flexion Hinge yang digunakan oleh Find N3 Flip telah ditingkatkan yang mana OPPO klaim dapat bertahan hingga 600.000 lipatan atau sekitar 16 tahun jika handphone dilipat 100 kali per harinya.

Untuk melindungi handphonenya dari baretan dan benturan, sudah disediakan case bawaan dengan warna yang selaras dengan warna handphone. Desain casing bawaan ini pun tak kalah menarik dengan handphonenya sehingga terlihat tetap cantik.

Layar

OPPO Find N3 Flip

Find N3 Flip mengusung dua layar yang salah satunya adalah layar utama 6,8″ berpanel LTPO AMOLED dengan resolusi 2520 x 1080, refresh rate dinamis 120Hz, dan kecerahan puncak 1.600 nit.

Mengkonsumsi konten di layar utama Find N3 Flip terasa memuaskan berkat kualitas tampilan yang baik dan cerah. Ditambah lagi lipatan layarnya hampir tidak terlihat dan juga tidak begitu terasa ketika diraba.

Untuk layar eksternalnya berukuran 3,26″ berpanel AMOLED dengan resolusi 720 x 382 dan kecerahan puncak 900 nit. Baik layar eksternal maupun layar utama Find N3 Flip sama-sama menggunakan Corning Gorilla Glass Victus agar lebih tahan terhadap baret dan retak.

Walaupun ukuran layar eksternal ini terlihat kecil di masa sekarang, namun rasio layar yang diusung mirip dengan layar handphone biasa sehingga konten dapat ditampilkan secara penuh.

Melalui layar eksternal ini saya bisa mengatur beberapa fungsi handphone dengan cepat, membaca notifikasi, dan selfie menggunakan kamera utamanya. Menariknya saya bisa menampilkan hewan peliharaan interaktif yang lucu sebagai wallpaper layar eksternalnya.

Selain itu terdapat puluhan mini app untuk layar eksternal ini seperti Google Maps, YouTube, Gojek, dan Whatsapp. Berkat ini saya tidak perlu repot-repot membuka handphonenya untuk sekedar menggunakan aplikasi tertentu.

Performa

OPPO Find N3 Flip

Sebagai handphone lipat di segmen premium, Find N3 Flip turut disokong oleh chipset flagship terkini dari Mediatek yakni Dimensity 9.200 yang dikombinasikan dengan RAM LPDDR5x 12GB dan penyimpanan internal UFS4.0 256GB.

Selama saya gunakan untuk aktivitas sehari-hari menggunakan berbagai aplikasi seperti social media dan produktivitas, performa handphone ini terasa sangat mulus dan suhu terasa normal.

Ketika digunakan untuk bermain Genshin Impact pun handphone ini dapat memainkannya dengan lancar di setelah grafis Medium dengan FPS di kisaran 50-an. Game lain yang lebih ringan seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile bisa saya mainkan tanpa kendala di setelan grafis tertinggi sekalipun

Dalam pengujian performa secara sintetis menggunakan aplikasi AnTuTu, handphone ini mendapatkan skor 847.375. Di sisi lain ketika dites menggunakan Geekbench dihasilkan skor 1.151 untuk single-core dan 3.096 untuk multi-core.

Baterai

OPPO Find N3 Flip

Untuk sumber dayanya, Find N3 Flip menggunakan baterai berkapasitas 4.300mAh. Ini mungkin terlihat kecil untuk jaman sekarang namun handphone ini ternyata cukup irit penggunaan dayanya di mana saya bisa mendapatkan screen on time sekitar 5,5 jam hingga baterai handphone mencapai level 14%.

Ketika dites menggunakan aplikasi PCMark pun handphone ini meraih skor ketahanan daya yang memuaskan yakni 16 jam 14 menit di setelan kecerahan layar 50%, baterai dari 100%, dan refresh rate 60Hz. Tes yang sama namun di refresh rate 120Hz menghasilkan skor 15 jam 17 menit.

Tak hanya irit daya baterainya, pengisian dayanya pun cukup cepat karena handphone ini mendukung teknologi 44W SUPERVOOC. OPPO pun masih memberikan charger bawaan dalam boks penjualan sehingga saya tidak perlu repot-repot membeli charger lain yang kompatibel.

Menggunakan charger bawaan tersebut, hanya diperlukan waktu 1 jam 3 menit untuk mengisi daya baterai Find N3 Flip dari level 10% ke 100%.

Kamera

OPPO Find N3 Flip - Hasselblad

Satu hal yang menjadi keunggulan dari Find N3 Flip terletak pada kameranya. OPPO secara impresif menyematkan 3 kamera belakang pada handphone lipat ini yang terdiri dari lensa utama Sony IMX890 50MP, lensa ultrawide Sony IMX581 48MP, dan lensa telefoto Sony IMX709 32MP.

Kamera depannya pun tak kalah menarik dengan lensa Sony IMX709 RGBW 32MP. Ya kesemua lensa kamera di handphone ini menggunakan keluaran Sony dan ditambah lagi OPPO berkolaborasi dengan Hasselblad untuk kalibrasi warna dan filter.

Hasil jepretan lensa utamanya terlihat bagus di berbagai situasi baik itu di siang maupun malam hari dengan warna yang akurat dan detail yang tajam. Ketika digunakan untuk foto portrait pun efek bokehnya terlihat rapih.

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

Lensa ultrawide di Find N3 Flip memiliki bidang pandang mencapai 114° sehingga membuatnya dapat menangkap gambar dengan lebih luas. Ini membuat handphonenya bisa digunakan untuk memotret pemandangan ataupun banyak objek sekaligus dengan mudah.

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

Untuk lensa telefotonya dapet melakukan pembesaran optik sebesar 2x di mana kualitas foto tetap terjaga. Menariknya lensa ini juga digunakan untuk melakukan foto portrait untuk menghasilkan efek bokeh yang lebih dalam.

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

Yang membuat foldable menarik adalah kita bisa menggunakan kamera utamanya untuk melakukan selfie. Namun begitu OPPO tetap menyematkan kamera depan yang mumpuni di kelasnya karena pastinya kamera depan ini masih sangat bermanfaat terutama ketika melakukan panggilan video.

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N3 Flip - Hasil Foto

Soal perekaman video, Find N3 Flip dapat merekam hingga resolusi 4K di 30 FPS menggunakan baik lensa utama maupun lensa depannya. Namun begitu perekaman video menggunakan lensa depan secara bawaan terlihat tidak stabil, perlu menggunakan fitur stabilisasi terlebih dahulu dengan efek samping video sedikit dikrop.



Kesimpulan

OPPO berhasil menyempurnakan handphone lipat mereka melalui Find N3 Flip di mana kemampuan kameranya patut diacungi jempol untuk sebuah handphone model flip. Ditambah lagi handphone ini juga memiliki fitur-fitur menarik pada layar eksternalnya dan performa yang gegas.

Tak hanya itu, Find N3 Flip tergolong awet baterainya dan juga dapat diisi dengan cepat ketika dibutuhkan. Sayangnya Find N3 Flip tidak menyediakan fitur wireless charging yang mana umum ditemukan di handphone kelas flagship.

Secara keseluruhan saya terkesima dengan apa yang ditawarkan oleh OPPO Find N3 Flip. Begitu juga dengan konsistensi OPPO merilis produk foldable di Indonesia layak diapresiasi karena tentunya semakin banyak pilihan foldable untuk masyarakat Indonesia maka akan semakin baik.

Harga dan Spesifikasi OPPO Find N3 Flip

Dimensi & BeratTerbuka: 166,4 x 75,8 x 7,79mm; 198g
Tertutup: 85,5 x 75,8 x 16,45mm; 198g
WarnaCream Gold, Misty Pink, Sleek Black
LayarUtama: LTPO AMOLED 6,8″ 2520 x 1080 piksel, refresh rate dinamis 1-120Hz, HDR10+, kecerahan maksimal 1600nit
Eksternal: AMOLED 3,26″ 720 x 382 piksel, kecerahan maksimal 900nit
Sistem OperasiColorOS 13.2 (Android 13)
Memori RAM LPDDR5x 12GB
Penyimpanan Internal UFS 4.0 256GB
ChipsetMediaTek Dimensity 9200
Kamera BelakangUtama: 50MP Sony IMX890, f/1.8, FOV 84°
Ultrawide: 48MP Sony IMX581, f/2.2, FOV 114°
Telefoto: 32MP Sony IMX709, f/2.0, FOV 49°
Kamera Depan32MP Sony IMX709 RGBW, f/2.4, FOV 90°
Baterai4.300mAh, 44W SUPERVOOC
Konektivitas5G, LTE, Wi-Fi 7, NFC, Bluetooth 5.3
KonektorUSB Type-C
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari, sensor cahaya, sensor geomagnetik, sensor jarak, giroskop, sensor optik, sensor gravitasi
GPSGPS, GLONASS, BDS, Galileo, QZSS
SpeakerSpeaker stereo
FiturFoldable
HargaRp15.999.000

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar