ASUS ROG G22CH
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengatasi Error Muncul WhatsApp Tidak Lagi Didukung di Telepon Ini

 WhatsApp Tidak Lagi Didukung di Telepon Ini Header

Gadgetren – Aplikasi WhatsApp yang selalu dikembangkan memiliki syarat minimum agar bisa digunakan di beberapa perangkat khususnya versi  sistem operasi dari iOS maupun Android.

Bahkan pihak WhatsApp menyampaikan melalui halaman pusat bantuan resminya ponsel mana saja yang tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi pesan instan buatannya.

Ponsel dengan sistem operasi lama yang sudah tidak lagi memenuhi syarat minimal pun akan memunculkan notifikasi keterangan berupa ‘WhatsApp Tidak Didukung Lagi di Telepon Ini’. Notifikasi tersebut akan muncul secara otomatis sebagai penanda bahwa aplikasi WhatsApp tidak lagi bisa digunakan.

Solusi WhatsApp Tidak Didukung Lagi di Telepon Ini

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak WhatsApp mengatakan bahwa satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android versi 5.0 ke atas atau iPhone yang sudah menjalankan iOS 12 ke atas.

Saat ini iOS 17 sebagai sistem operasi terbaru untuk ponsel buatan Apple tersedia untuk seri iPhone 12 sampai seri iPhone 15 termasuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone SE (Gen 2 atau Lebih Baru).

Selain sistem operasi Android dan iOS, WhatsApp juga menyebutkan bahwa aplikasinya itu saat ini mendukung sistem operasi lainnya seperti KaiOS untuk versi 2.5.0 atau ke atas termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

Platform milik Meta ini juga merekomendasikan kepada pengguna agar ponsel harus dapat menerima SMS atau panggilan selama proses verifikasi karena WhatsApp tidak mendukung pengaturan akun baru di perangkat yang hanya menggunakan WiFi.

WhatsApp-kompatibilitas-cek.

Sementara untuk mengetahui ponsel Android kamu apakah sudah Android 5.0 atau yang lebih baru, kamu bisa memeriksanya melalui menu Pengaturan (Settings).

Kemudian masuk ke menu Tentang ponsel (About phone) dan selanjutnya masuk ke menu Informasi perangkat lunak (Software information). Begitu pula untuk perangkat iOS, kamu bisa mengecek versi sistem operasi yang digunakan melalui menu Pengaturan.

Sebelumnya WhatsApp setiap tahun rajin update dukungan penggunaan aplikasinya pada sistem operasi Android dan iOS. Hal ini bertujuan untuk memperbarui dukungan teknologi terbaru yang ada dimana bisa ada beberap fitur lama yang harus dimatikan.

Seperti perusahaan teknologi lainnya, WhatsApp juga selalu meninjau perangkat dan perangkat lunak mana yang paling lama dan memiliki jumlah pengguna paling sedikit untuk menentukan dukungan apa yang akan dihentikan.

Perangkat dengan dukungan sistem operasi lawas juga tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp sehingga harus diberhentikan untuk keamanan dan privasi pengguna.

Dengan begitu sebelum menghentikan dukungan untuk sistem operasi yang digunakan, maka pengguna akan menerima notifikasi ‘WhatsApp Tidak Didukung Lagi di Telepon Ini’ untuk menjamin pengalaman penggunaan sebaik mungkin.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar