ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini Alasan Jangan Buru-Buru Pindah ke iOS 17 Biar Tidak Menyesal

Alasan Jangan Buru-Buru Update iOS 17 - Header

Gadgetren – Selain perbaikan dan peningkatan, pembaruan iOS 17 turut memperkenalkan sejumlah fitur baru yang akan menggoda para pengguna perangkat iPhone untuk segera memasangnya.

Pembaruan sistem operasi seluler dari Apple khusus perangkat iPhone tersebut di antaranya memperkenalkan dukungan bernama StandBy, Contact Posters, Live Voicemail, AirDrop via Internet, NameDrop, Check In, Offline Map, hingga aplikasi Journal.

Di sisi lain, memasang pembaruan iOS 17 juga sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan bisa saja akan berjalan secara otomatis tanpa kita perlu melakukan tindakan apapun apabila kita sudah mengaktifkan pengaturan Automatic Updates.

Kalaupun belum mengaktifkan setelan ini, kita juga dapat melakukan pembaruan secara manual melalui halaman Settings > General > Software Update. Kita nantinya hanya perlu memilih versi sistem operasi yang tersedia lalu mengunduhnya.

Hanya saja kita memang harus berpikir matang-matang sebelum melakukan pembaruan. Meskipun membawa sejumlah fitur baru yang terlihat sangat menggoda, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya nanti tidak menyesal.

1. Belum Sempurna

Meskipun membawa perbaikan dan peningkatan, pembaruan iOS 17 justru bisa menjadi persoalan sendiri. Sistem operasi seluler tersebut pasalnya masih terlihat membawa beberapa masalah pengembangan yang mana nanti bisa mengganggu pemakaian.

Bahkan dalam waktu kurang dari satu minggu, pembaruan sistem operasi Apple generasi baru tersebut sudah mendapat sejumlah keluhan. Sebagian di antaranya mengenai konsumsi baterai dari perangkat iPhone yang kini justru menjadi lebih boros.

Permasalahan konsumsi daya ini tentu sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum kita melakukan pembaruan. Sistem iOS 17 soalnya menyasar model perangkat mulai dari iPhone XR maupun iPhone XS yang mana meluncur pada Tahun 2018 silam.

Perlu dicatat bahwa kemampuan menyimpan daya pada ponsel umumnya akan mengalami penurunan seiring pemakaian sehingga siklus penggunaan perangkat menjadi lebih singkat. Masalah konsumsi daya yang dibawa iOS 17 pun dapat memperparahnya.

2. Kompatibilitas Aplikasi Belum Menyeluruh

Selain beberapa masalah yang bisa muncul setelah melakukan pembaruan, kompatibilitas iOS 17 dengan aplikasi-aplikasi yang ingin kita gunakan juga harus dipertimbangkan dengan baik. Jika tidak maka bisa menjadi batu sandungan dalam beraktivitas.

Apple memang sudah mengizinkan para pengembang untuk menjajal iOS 17 sejak diperkenalkan pada ajang WWDC (Worldwide Developer Conference) 2023 lalu supaya bisa segera menyesuaikan aplikasi-aplikasi miliknya. Namun, tidak menutup kemungkinan masih ada sebagian yang belum mengambil kesempatan itu.

Kompatibilitas aplikasi terhadap iOS 17 juga termasuk sangat penting. Apabila belum mendapat dukungan untuk sistem operasi generasi baru tersebut, layanan soalnya kemungkinan tidak akan berjalan dengan normal atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar