ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Apa yang Baru di iOS 17.1? Ini Dukungan dan Perbaikan yang Dibawanya

Apa yang Baru di iOS 17.1 - Header

Gadgetren – Menindaklanjuti pengembangan iOS 17 yang belum sempurna, perusahaan Apple akhirnya mendistribusikan pembaruan yang menawarkan perbaikan dan dukungan baru untuk sistem operasi tersebut.

Dikemas dalam versi 17.1, pembaruan ini sudah bisa diunduh oleh pengguna iPhone yang mendukung pemasangannya. Kita dalam hal ini bisa mengecek ketersediaannya secara langsung melalui halaman Settings > General > Software Update di perangkat.

Perbaikan dan dukungan anyar yang ditawarkan oleh perusahaan Apple lewat pembaruan kali ini bisa dibilang cukup menarik. Adapun buat kamu yang penasaran, berikut rangkuman mengenai apa saja yang baru di sistem operasi iOS 17.1.

1. Perbaikan Bug dan Optimalisasi

Menjawab beberapa bug yang muncul dari versi sistem sebelum-sebelumnya, pembaruan iOS 17.1 menawarkan sejumlah perbaikan. Termasuk di antaranya untuk masalah layar yang dilaporkan muncul pada perangkat iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Masalah layar yang diperbaiki oleh pembaruan iOS 17.1 ini mengacu pada bug image persistence. Biasanya memang akan menyebabkan terjadinya perubahan warna pada layar tetapi tidak permanen seperti burn-in yang diakibatkan oleh penurunan kemampuan piranti keras.

Selain untuk masalah image persistence di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, pembaruan untuk iOS 17 ini juga akan memperbaiki bug yang menyebabkan keyboard kurang responsif, kontak tidak muncul saat menerima panggilan telepon, ringtone tidak tersedia untuk pesan, hingga reset ulang pengaturan privasi untuk Significant Location.

Pembaruan iOS 17 ini juga menawarkan optimalisasi dan peningkatan untuk sejumlah dukungan di perangkat iPhone. Misalnya pada fitur pendeteksi kecelakaan yang hadir di seri iPhone 14 dan iPhone 15 maupun keandalan pengaturan sinkronisasi lintas perangkat untuk Screen Time.

2. AirDrop via Internet

Lewat pembaruan teranyar ini, Apple akhirnya juga menambahkan fitur AirDrop via Internet sesuai apa yang dijanjikan. Dukungan tersebut memang menjadi salah satu keunggulan iOS 17 tetapi sayangnya masih absen pada saat peluncuran resmi.

Dengan hadirnya fitur AirDrop via Internet, para pengguna kini bisa melanjutkan proses berbagi data lewat protokol pengiriman Apple meskipun harus terpisah jauh. Bakalan cocok untuk mengirim berkas berukuran besar yang kadang-kadang memerlukan waktu lama.

3. Pengaturan Tambahan untuk StandBy

Sesuai dengan permintaan dari banyak pengguna, fitur StandBy yang diperkenalkan sebagai keunggulan iOS 17 juga mendapat pengaturan tambahan lewat pembaruan kali ini. Kita kini dapat mengatur seberapa lama durasi waktu layar akan menyala.

Tambahan pengaturan tersebut secara khusus berlaku untuk perangkat-perangkat iPhone yang mendukung fungsi Always-On display seperti lini iPhone 14 dan iPhone 15. Sebelumnya, panel bisa terus-menerus menyala ketika layar StandBy diaktifkan.

Namun lewat pembaruan sistem iOS 17.1, kita kini dapat mengatur durasinya sesuai keinginan. Kita di antaranya dapat memilih antara layar otomatis mati, mati setelah 20 detik, atau menyala terus-menerus.

4. Peningkatan Aplikasi Apple Music

Perusahaan Apple juga menambahkan beberapa dukungan baru yang dapat memberikan pengalaman lebih baik saat mendengarkan musik dengan aplikasi Apple Music melalui pembaruan iOS 17.1. Sebagian di antaranya bahkan termasuk utilitas yang ditunggu-tunggu oleh para pengguna sejak lama.

Adapun salah satunya adalah peningkatan fungsi Favorite yang kini dapat digunakan untuk lagu, album, maupun daftar putar. Ditambah lagi, kita kini juga dapat memakainya sebagai filter di library aplikasi untuk mempermudah pencarian.

Aplikasi Apple Music juga mendapatkan fungsi Cover Art baru dengan adanya pembaruan iOS 17.1. Dukungan tersebut secara khusus menawarkan desain yang bisa berubah warna sehingga akan mencerminkan koleksi musik di dalam daftar putar.

Di bagian bawah setiap daftar putar, Apple Music iOS 17.1 nantinya juga akan menampilkan rentetan saran. Jadi kita dapat secara lebih mudah menemukan berbagai macam lagu yang cocok dengan suasana daftar putar tersebut.

5. Opsi Baru untuk Photo Shuffle dan Dynamic Island

Pada pembaruan iOS 17.1, kini juga tersedia pengaturan tambahan pada fungsi Photo Shuffle untuk Lock Screen. Kita kini dapat menggunakan secara spesifik album yang ingin diterapkan sehingga bisa lebih mudah alih-alih memilih foto secara manual atau berdasarkan tema.

Pengguna iPhone yang mendukung fitur Dynamic Island kini juga akan mendapatkan fungsi baru, yakni menampilkan ikon flashlight atau lampu senter ketika dinyalakan. Kita pun dapat memakainya untuk mematikan fitur tanpa perlu membuka Control Center.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar