ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi

Apakah Benar WhatsApp Akan Diblokir di 2023? Ini Jawabannya!

Apakah Benar WhatsApp Akan Diblokir - Header

Gadgetren – Selama beberapa hari terakhir, terdengar rumor yang kurang mengenakkan khususnya bagi para pengguna WhatsApp. Layanan pesan instan andalan mereka soalnya dikabarkan akan segera diblokir.

Jika kabar mengenai pemblokiran ini benar, padahal dapat menjadi masalah yang sangat merepotkan bagi sebagian orang. Sudah bukan rahasia lagi bahwa layanan besutan Meta Inc tersebut kini telah menjadi media komunikasi utama dalam kehidupan sehari-hari.

Karena mendukung mulai dari pesan instan hingga panggilan suara maupun video, layanan tersebut pun banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Bahkan tak hanya untuk pemakaian pribadi saja tetapi juga keperluan bisnis seperti jual-beli.

Apakah Benar WhatsApp Akan Diblokir?

Kabar baiknya, rumor mengenai pemblokiran WhatsApp bisa dibilang kurang tepat. Layanan media sosial berbasis pesan instan tersebut bukannya akan diblokir tetapi hanya merampingkan dukungannya untuk sejumlah perangkat lawas.

Bagi kamu yang belum tahu, hampir setiap tahun layanan tersebut menghentikan dukungannya untuk perangkat-perangkat yang sudah dianggap ketinggalan. Bisa dibilang sangat wajar mengingat peluncuran ponsel baru hingga pengembangan sistem operasi pun terus-menerus dilakukan.

Di sisi lain, WhatsApp sendiri sangat rajin mengembangkan layanannya. Mereka bahkan masih sering meluncurkan berbagai macam fitur baru yang mana sebagian di antaranya memerlukan dukungan dari perangkat dengan spesifikasi dan sistem yang lebih mutakhir.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa perangkat memang akan terkena dampak dari penyetopan dukungan ini. Kita nantinya tidak akan bisa lagi menggunakan ponsel-ponsel ini untuk memasang atau mengakses aplikasi WhatsApp.

Yang paling dekat, perampingan dukungan WhatsApp akan dilakukan pada Tanggal 23 Oktober 2023. Berlaku untuk semua perangkat lawas yang belum menjalankan sistem operasi baik itu Android 5.0, iOS 12, KaiOS 2.5.0, atau lebih mutakhir.

Artinya, pengguna yang masih memakai ponsel dengan sistem operasi lebih lawas tidak akan bisa lagi memakai layanan WhatsApp di perangkatnya. Kita dalam hal ini tidak akan diizinkan untuk memasang aplikasi maupun menjalankannya.

Untuk memastikan apakah perangkat masih bisa menggunakan layanan WhatsApp atau tidak, kita untungnya hanya perlu mengecek sistem operasi yang terpasang. Kita dalam hal ini secara umum bisa melakukannya dengan melihat halaman Settings > About Phone.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar