ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan StandBy iOS 17 Biar Layar Lebih Informatif Saat Isi Daya

Cara Mengaktifkan StandBy iOS 17 - Header

Gadgetren – Selain peningkatan, pembaruan sistem operasi iOS 17 juga tercatat memperkenalkan sejumlah fitur baru yang dapat membuat pemakaian perangkat iPhone menjadi semakin baik lagi.

Salah satu di antaranya, pembaruan sistem generasi ke-17 tersebut memperkenalkan fitur bernama StandBy. Fungsinya untuk mengubah tampilan layar iPhone menjadi sebuah halaman penuh dengan kilasan informasi yang bisa terlihat jelas dari jarak lumayan jauh.

Sederhananya, fitur baru dari iOS 17 ini dapat mengubah iPhone menjadi semacam smart display berukuran kecil ketika perangkat mengisi daya. Kita dapat memanfaatkannya untuk menghias meja kerja, rak, atau bahkan dapur.

StandBy secara khusus dapat menampilkan kilasan informasi mulai dari jam, foto favorit, widget, Live Activities, hasil penelusuran Siri, panggilan masuk, hingga notifikasi. Sangat cocok untuk membuat iPhone bisa tetap berguna ketika ditinggalkan di pengisi daya.

Karena meluncur bersama pembaruan iOS 17, StandBy sayangnya hanya tersedia secara terbatas untuk perangkat-perangkat iPhone 2018 ke atas. Apabila menggunakan salah satu model yang mendukungnya maka kita pun dapat memakai fitur ini dengan sangat mudah.

Cara Mengaktifkan StandBy iOS 17

  • Pastikan pembaruan iOS 17 sudah terpasang.
  • Masuk ke halaman Settings.
  • Cari menu pengaturan StandBy.
  • Cek opsi StandBy dan pastikan sudah menyala.
  • Aktifkan opsi Night Mode jika mau tema layar StandBy mengikuti kondisi cahaya sekitar.
  • Aktifkan opsi Show Notifications untuk menampilkan notifikasi ke layar StandBy.
  • Tutup pengaturan dan matikan layar perangkat.
  • Lakukan pengisi daya dengan posisi layar lanskap atau miring.
  • Gunakan dudukan agar posisinya tidak berubah-ubah.
  • Layar StandBy akan otomatis menyala.
  • Untuk pengaturan pertama kali, ketuk tombol Continue jika diperlukan.
  • Usap layar ke kanan atau kiri untuk mengubah tampilan dasar StandBy.
  • Ketuk dan tahan item jika mau mengelolanya.

Untuk mengaktifkan layar StandBy, kita pun tak perlu bersusah payah karena dapat menggunakan hampir semua jenis pengisi daya. Fitur ini soalnya mendukung mulai dari MagSafe, Qi wireless charger, maupun pengisian kabel.

Hanya saja fitur ini pastinya akan lebih terlihat mutakhir jika dipasangkan dengan MagSafe. Berdasarkan klaim Apple, StandBy mempunyai dukungan yang dapat membuat perangkat mengingat pengaturan tampilan maupun item berdasarkan lokasi pengisian daya saat memakai teknologi tersebut.

Artinya, tampilan StandBy bisa berganti-ganti secara otomatis ketika diisi dengan menggunakan MagSafe di lokasi berbeda. Layar iPhone misalnya bisa berubah dari menampilkan widget ketika di kantor menjadi jam setelah ke dapur.

Meskipun tersedia untuk semua perangkat dengan iOS 17, fitur ini dapat berlaku secara berbeda-beda untuk setiap model. Layar StandBy secara khusus bisa terus menyala pada iPhone yang sudah membawa fungsi Always-On display seperti lini iPhone 14 dan akan mati setelah 30 detik tanpa ada aktivitas jika ponsel belum mendukungnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar