ASUS TUF Gaming F15
Tablet

Ini Bedanya Samsung Galaxy Tab A9 Vs Galaxy Tab A9 Plus, Selisihnya Sangat Banyak

Samsung Galaxy Tab A9 Vs Tab A9 Plus - Header

Gadgetren – Samsung Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus merupakan perangkat yang benar-benar berbeda meskipun masih meluncur sebagai tablet dalam satu seri keluarga yang sama.

Kedua tablet terjangkau besutan Samsung tersebut tak hanya membawa ukuran layar yang berlainan. Galaxy Tab A9 dan Tab A9 Plus juga tercatat mempunyai beberapa aspek pembeda lain yang membuat spesifikasi dan dukungannya terlihat semakin jauh.

Bahkan sebenarnya, perbedaan spesifikasi dan dukungan dari kedua perangkat tersebut sudah tercermin dari banderol harganya. Galaxy Tab A9 dalam hal ini tersedia dengan label mulai dari Rp2.299.000 saat varian termurah Galaxy Tab A9 Plus senilai Rp3.499.000.

Perbedaan Samsung Galaxy Tab A9 Vs Galaxy Tab A9 Plus

Ukuran layar pun menjadi perbedaan yang paling terlihat dari kedua tablet terjangkau tersebut. Adapun dalam hal ini, Galaxy Tab A9 hadir hanya dengan panel yang membentang hingga 8,7 inci sementara Galaxy Tab A9 seluas 11,0 inci.

Di sisi lain, spesifikasi yang ditawarkan oleh layar kedua tablet tersebut juga cukup berlainan. Galaxy Tab A9 hanya membawa resolusi 1340 x 800 piksel dengan refresh rate 60Hz. Berbeda dengan Galaxy Tab A9 Plus yang mendukung gambar sampai 1920 x 1200 piksel dan refresh rate hingga 90Hz.

Perbedaan selanjutnya terletak pada aspek dapur pacu. Untuk Galaxy Tab A9, Samsung menyematkan MediaTek Helio G99 (6nm) hingga 2,2GHz. Sementara saudaranya menggunakan Qualcomm Snapdragon 695 yang menawarkan kemampuan lumayan setara.

Meskipun begitu, kemampuan sebenarnya dari kedua tablet tersebut kemungkinan tetap akan sedikit berbeda. Samsung apalagi menawarkan pilihan memori cukup berlainan di mana Galaxy Tab A9 hanya tersedia dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB saat Galaxy Tab A9 Plus sampai 8GB dan 128GB secara berurutan.

Karena keduanya juga mempunyai versi yang mendukung jaringan seluler, perbedaan pada sisi dapur pacu ini juga mempengaruhi teknologi yang digunakan. Perangkat Galaxy Tab A9 hanya menawarkan model 4G sedangkan Galaxy Tab A9 Plus sudah 5G.

Selain itu, koneksi Bluetooth yang digunakan oleh kedua perangkat tersebut juga menjadi berbeda. Galaxy Tab A9 menariknya mengusung teknologi lebih mutakhir karena sudah ditunjang versi 5.3 sedangkan Galaxy Tab A9 Plus masih memakai versi 5.1.

Dengan ukuran yang lebih mungil, Galaxy Tab A9 juga tercatat mempunyai baterai lebih kecil. Perangkat tablet tersebut hanya mengusung kapasitas hingga sebesar 5.100mAh jika Galaxy Tab A9 Plus mendukung sampai 7.040mAh.

Sama-sama mendukung kamera utama beresolusi 8MP, Galaxy Tab A9 juga kalah jika kita melirik spesifikasi kamera depannya. Perangkat tersebut soalnya hanya dibekali dengan lensa 2MP padahal saudaranya sudah membawa sensor 5MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar