ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tablet

Tablet Kelas Entri Seri Samsung Galaxy Tab A9 Resmi Dirilis

Tablet Kelas Entri Seri Samsung Galaxy Tab A9 Resmi Dirilis

Gadgetren – Samsung Electronics secara resmi telah menghadirkan dua tablet untuk kelas pemula melalui seri Galaxy Tab A9 mencakup Galaxy Tab A9 dan Galaxy A9+ di pasar global.

Keduanya saat ini tengah dipasarkan di pasar India dan Guatemala. Untuk di India, Galaxy Tab A9 varian WiFi dibanderol mulai INR12,999 atau setara Rp2,4 jutaan. Sedangkan untuk model selulernya dilepas sekitar INR15,999 atau sekitar Rp3 jutaan.

Sementara Galaxy Tab A9+ varian WiFi di pasar India dilepas dengan harga mulai INR20,999 atau setara Rp4 jutaan. Sedangkan versi seluler Galaxy Tab A9+ dibanderol dengan harga INR22,999 atau sekitar Rp4,4 jutaan.

Kedua tablet baru ini sama-sama menjalankan tampilan antarmuka One UI 5.1.1 berbasis Android 13. Ada tiga pilihan warna yang bisa dipilih pengguna meliputi  Graphite, Silver, dan Navy. Dalam setiap pembeliannya, Samsung juga turut menyediakan aksesoris tambahan berupa Book Cover dan Keyboard Slim.

Terdapat dukungan speaker stereo Dolby Atmos yang memungkinkan suara audio keluar dengan kualitas jernih dan lebih hidup. Tablet seri Galaxy Tab A9 juga telah dilengkapi folder privasi berupa Samsung Knox.

Dengan ukuran layar yang berbeda, pembeli seri Galaxy Tab A9 akan memiliki pilihan layar dengan ukuran 11 inci mendukung resolusi 1920 x 1200 piksel untuk Galaxy Tab A9+ atau 8,7 inci untuk Galaxy Tab A9.

Panel LCD yang tersemat pada layarnya dengan refresh rate mencapai 90Hz membuat Galaxy Tab A9+ sudah mampu menghasilkan gambar yang jelas dan berwarna. Disisi lain Galaxy Tab A9 hanya mendukung refresh rate 60Hz.

Samsung-Galaxy-Tab-A9-warna

Soal fotografi keduanya didukung konfigurasi kamera belakang yang sama yakni beresolusi 8 MP. Kemudian kamera depan seri Galaxy Tab A9 masing-masing berbeda. Galaxy Tab A9+ dibekali resolusi kamera depan 5MP sedangkan Galaxy Tab A9 menggunakan resolusi kamera depan 2MP.

Performa pacu Galaxy Tab A9+ mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 695 Octa-Core (6nm) 2,2GHz. Sedangkan Galaxy Tab A9 menggunakan chipset MediaTek Helio G99 Octa-Core (6nm) 2,2GHz.

Kedua chipset tersebut dipadukan dengan pilihan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB atau RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Apabila kapasitas penyimpanan masih kurang, pengguna dapat menyiapkan microSD hingga 1TB untuk menyimpan beragam bentuk file seperti video, foto, dan dokumen.

Sementara baterai Galaxy Tab A9+ memiliki kapasitas besar 7040mAh. Sedangkan Galaxy Tab A9 mempunyai kapasitas sebesar 5100mAh. Kedua kapasitas baterai tersebut sama-sama dilengkapi pengisian daya 15W.

Seri Galaxy Tab A9 kemungkinan akan hadir di pasar Indonesia seperti generasi sebelumnya yakni Galaxy Tab A8 yang dirilis pada awal tahun 2022. Pihak Samsung sendiri belum memberikan informasi terbaru terkait kehadiran tablet terjangkau ini sehingga kita perlu menantikan kabar baiknya ke depan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar