ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tablet

Kini Didukung Stylus Pen, Samsung Rilis Galaxy Tab A9 Series Kids Edition di Indonesia

Kini Didukung Stylus Pen, Samsung Rilis Galaxy Tab A9 Series Kids Edition di Indonesia

Gadgetren – Memenuhi permintaan tablet dengan dukungan stylus pen untuk pengguna anak-anak, Samsung kini merilis seri Galaxy Tab A9 Kids Edition yang mencakup Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9+ 5G.

Seri Galaxy Tab A9 Kids Edition bisa dibeli melalui program pre order mulai tanggal 12 Desember hingga 17 Desember 2023 mendatang dengan harga banderol mulai Rp3.299.000 untuk model Galaxy Tab A9 dan Rp4.999.000 untuk tipe Galaxy Tab A9+ 5G.

Pemesanan bisa dilakukan di situs belanja atau aplikasi Samsung dan e-commerce yang menjadi partner resmi Samsung. Setiap pembelian seri Galaxy Tab A9 Kids Edition ini pembeli akan mendapatkan aksesoris tambahan secara gratis yakni Crayon Stylus, Puffy cover, Kids Sticker, Travel adapter 20 Watt, serta bonus Samsung Care+ 1 tahun proteksi total perangkat dan layar.

Tablet khusus anak ini hadir dalam satu varian warna saja yakni  Graphite. Dengan dukungan Crayon stylus yang mengusung bentuk layaknya crayon berwarna biru akan memudahkan anak menggunakan tablet untuk bermain game, menggambar, berselancar, hingga untuk belajar.

Puffy cover berwarna biru yang juga disediakan membantu untuk melindungi tablet dari goresan hingga benturan ke benda keras. Selain itu Kids Sticker juga dapat menemani penggunaan tablet lebih seru untuk ditempelkan ke benda favorit anak atau bahkan di bagian belakang bodi tablet.

Ditambah lagi, tablet juga didukung software Samsung Kids yang disediakan gratis secara bawaan untuk menemani anak belajar, bermain, dan berkreasi. Di aplikasi ini pun dapat membantu orang tua memberikan pengaturan screen time atau waktu penggunaan dengan menyetelnya melalui dashboard secara langsung hingga memantau melalui activity report.

Adapun untuk pengaturan screen time, orang tua tak hanya bisa mengontrol waktu penggunaan tablet tetapi juga membatasi aplikasi dan konten apa saja yang boleh diakses anak dengan bantuan menu Parental Control yang mudah diakses.

Screen-Time_Galaxy-Tab-A9-Kids-Edition

Terkait spesifikasinya, seri Galaxy Tab A9 Kids Edition membawa fitur-fitur yang sama pada seri standarnya Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9+ yang sebelumnya telah meluncur lebih dulu pada akhir bulan Oktober 2023 kemarin. Seri Galaxy Tab A9 Kids Edition menawarkan dua ukuran layar yang berbeda.

Galaxy Tab A9 memiliki ukuran layar lebih kecil 8,7 inci ketimbang Galaxy Tab A9+ sekitar 11 inci. Kedua layarnya dibekali panel LCD dengan refresh rate mencapai 90Hz untuk Galaxy Tab A9+ sedangkan Galaxy Tab A9 hanya 60Hz. Pengguna dapat mengaktifkan Eye Comfort Shield untuk mengatur tingkat kecerahan dan tone warna serta menyaring paparan blue light.

Keduanya sudah menjalankan tampilan antarmuka One UI 5.1.1 berbasis Android 13. Performa pacu Galaxy Tab A9 menggunakan chipset MediaTek Helio G99 Octa-Core (6nm) 2,2GHz sedangkan Galaxy Tab A9+ menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 695 Octa-Core (6nm) 2,2GHz. Kedua chipset tersebut ditemani dengan pilihan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB atau RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

Terdapat dukungan microSD hingga 1TB untuk menyimpan beragam bentuk file seperti video, foto, dan dokumen. Samsung juga menyematkan empat speaker yang berada di sekitar bodi Galaxy Tab A9+ dan dua speaker untuk Galaxy Tab A9 serta keduanya sudah mendukung Dolby Atmos untuk dapat menghasilkan suara yang hidup.

Home-Screen-Samsung-Galaxy-Tab-A9-Kids-Edition

Soal fotografi seri Galaxy Tab A9 Kids Edition menggunakan konfigurasi kamera belakang yang sama yakni beresolusi 8 MP. Sedangkan untuk kamera depan Galaxy Tab A9 menggunakan lensa beresolusi 2MP dan Galaxy Tab A9+ beresolusi 5MP.

Baterai  Galaxy Tab A9 memiliki kapasitas sebesar 5100mAh sedangkan Galaxy Tab A9+ mempunyai kapasitas besar 7040mAh. Keduanya sama-sama dilengkapi pengisian daya 15W.

Untuk meningkatkan produktivitas dan kemampuan belajar anak, Galaxy Tab A9+ menyediakan fitur multitasking setingkat PC ke tablet dengan Samsung DeX dan multi-active window yang memungkinkan pengguna dapat membagi layar tablet hingga tiga aplikasi yang berbeda secara bersamaan.

Terkait keamanan dan privasi, seri Galaxy Tab A9 Kids Edition juga memberikan platform Samsung Knox untuk melindungi data-data penting anak maupun keluarga. Pada platform ini orang tua bisa bisa memantau dan mengontrol data melalui Security & Privacy Dashboard atau menyimpan data penting di folder yang bisa dikunci dengan pola berupa Secure Folder.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar