ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power Xiaomi Jika Kurang Sreg

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power Xiaomi - Header

Gadgetren – Google Assistant menjadi salah satu layanan yang dapat kita jumpai di berbagai macam model ponsel dengan sistem operasi Android, termasuk pada perangkat-perangkat buatan Xiaomi.

Layanan asisten virtual berbasis sistem kecerdasan tersebut kini soalnya sudah menjadi bagian Android seperti sejumlah aplikasi Google yang lain. Kita pun dapat memanfaatkannya untuk mengerjakan berbagai macam aktivitas mulai dari mencari jawaban hingga membuat panggilan.

Mengakses layanan Google Assistant apalagi sangat mudah untuk dilakukan. Ada berbagai macam cara yang bisa dicoba untuk memicu kemunculannya mulai dari menggunakan perintah suara hingga menekan tombol Home selama beberapa saat.

Di berbagai macam perangkat buatan Xiaomi, kita pun dapat menggunakan tombol Power. Kita dalam hal ini hanya perlu menekan kurang lebih 0,5 detik lalu melepaskannya. Google Assistant nanti akan muncul dan selanjutnya kita bisa bertanya atau memberikan perintah memakai suara.

Meskipun bisa cukup membantu, sayangnya ada sebagian pengguna yang kadang-kadang kurang sreg untuk menggunakan tombol Power sebagai pemicu Google Assistant di ponsel buatan Xiaomi. Untungnya ada setelan khusus yang bisa dipakai untuk menonaktifkannya.

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power Xiaomi

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu pengaturan Additional settings.
    Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power Xiaomi - 1
  • Cari bagian Accessibility.
  • Buka submenu pengaturan Gesture shortcuts.
    Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power Xiaomi - 2
  • Ketuk setelan Launch Google Assistant.
    Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power Xiaomi - 3
  • Matikan opsi Press and hold the Power button for 0.5s.
    Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power Xiaomi - 4

Setelah mematikan setelan di atas, Google Assistant tidak akan muncul lagi saat kita menekan tombol Power selama 0,5 detik. Justru nanti bisa memicu menu pengaturan daya atau bahkan memaksa perangkat untuk melakukan muat ulang apabila mencobanya terlalu lama.

Opsi tombol Power sebagai pemicu Google Assistant memang terasa kurang praktis jika dibandingkan beberapa metode yang ada. Selain itu, juga berisiko mempersingkat masa pakai komponen di dalamnya jika terlalu sering ditekan-tekan.

Alih-alih memakai tombol Power, kita pun bisa mencoba mengaktifkan fungsi OK Google yang secara teknis bakalan lebih aman karena berbasis perintah suara. Kita selain itu juga bisa memakai tombol Home yang mana kini kebanyakan sudah berbentuk digital sebagai alternatif lainnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar