ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Ini Cara Aktifkan OK Google HP Xiaomi Untuk Gunakan Asisten Suara

Cara Aktifkan OK Google HP Xiaomi  - Header

Gadgetren – Google Assistant menjadi salah satu fitur penting yang disematkan oleh Google untuk mempermudah pengoperasian perangkat ke dalam sistem operasi buatan mereka, yakni Android.

Dengan fitur ini, kita pun bisa lebih mudah untuk menemukan jawaban dari sejumlah pertanyaan, membuat panggilan telepon, hingga mengirim pesan. Kita bahkan bisa melakukannya hanya dengan mengucapkan kata sandi “OK, Google” diikuti permintaan yang diinginkan.

Kita tentu saja bisa lebih terbantu dengan adanya fitur asisten cerdas yang kini menggantikan posisi Google Now ini. Misalnya saat berkendara, kita bisa membuka peta dan mencari lokasi tanpa perlu mengetikkan nama tempat yang ingin dituju.

Yang sangat menarik, fitur yang awalnya dirilis secara terbatas untuk lini Google Pixel ini justru tersedia di berbagai macam perangkat Android. Termasuk di dalamnya jajaran ponsel-ponsel buatan Xiaomi yang menggunakan MIUI sebagai antarmukanya.

Namun untuk menggunakan dukungan perintah suara “OK, Google”, kita memang kadang-kadang perlu mengaturnya terlebih dulu. Kita yang memakai ponsel buatan Xiaomi untungnya kini dapat melakukan hal itu sama seperti perangkat Android lainnya.

Cara Mengaktifkan “OK Google” Xiaomi

  • Buka app drawer atau daftar aplikasi.
  • Cari dan buka aplikasi Google.
  • Ketuk foto profil di pojok kanan atas.
    Cara Mengaktifkan OK Google di Xiaomi 1
  • Pilih menu Settings.
    Cara Mengaktifkan OK Google di Xiaomi 2
  • Buka menu pengaturan Google Assistant.
    Cara Mengaktifkan OK Google di Xiaomi 3
  • Ketuk menu Hey Google & Voice Match.
    Cara Mengaktifkan OK Google di Xiaomi 4
  • Nyalakan opsi Hey Google.
    Cara Mengaktifkan OK Google di Xiaomi 5
  • Jika sudah, ketuk Voice model.
    Cara Mengaktifkan OK Google di Xiaomi 6
  • Pilih menu Retrain voice model.
    Cara Mengaktifkan OK Google di Xiaomi 7
  • Ucapkan kalimat-kalimat yang diperintahkan di layar hingga pengaturan suara selesai.
  • Di halaman Hey Google is ready, ketuk tombol Next.
    Cara Mengaktifkan OK Google di Xiaomi 8
  • Ketuk Not now atau Start saving audio & image on your device sesuai kebutuhan.
    Cara Mengaktifkan OK Google di Xiaomi 9

Setelah melakukan beberapa pengaturan di atas, perintah “OK, Google” pun siap untuk digunakan di ponsel Xiaomi. Kita selanjutnya dapat mencoba fungsinya dengan mengucap panggilan tersebut atau menggantinya dengan kalimat “Hey, Google”.

Perintah suara ini pun dapat digunakan baik bahkan pada saat layar terkunci. Apabila belum bisa maka kita perlu mengecek setelannya terlebih dahulu pada menu Lockscreen di halaman pengaturan Google Assistant apakah sudah menyala atau belum.

Selain itu, kita mungkin juga perlu mengubah setelan bahasa untuk berinteraksi dengan Google Assistant untuk mempermudah pelafalan perintah. Kita dapat melakukannya melalui halaman pengaturan Google Assistant dan memilih menu Languages.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar