ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power HP OPPO

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power HP OPPO Header

Gadgetren – Google Assistant merupakan aplikasi asisten buatan Google yang secara pintar dapat mendapatkan berbagai pertanyaan dan kebutuhan bagi pengguna ponsel berbasis Android.

Pada ponsel OPPO generasi terbaru, terjadinya perubahan fungsi dimana pada saat tombol Power ditekan agak lama tidak akan memunculkan menu Power Off dan Restart melainkan mengaktifkan Google Assistant.

Bagi pengguna ponsel OPPO dari generasi sebelumnya, tentunya hal ini sedikit merepotkan karena perlu mengubah kebiasaan ketika ingin mematikan atau restart ponsel. Namun untungnya fitur ini dapat kamu matikan supaya tombol berfungsi seperti generasi sebelumnya.

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power OPPO

  • Akses halaman Settings.
  • Pilih menu Additional settings.
  • Pilih menu Power Button.
  • Pilih menu Press and hold the power button.
  • Pilih opsi Power Menu.
  • Tombol Power akan berfungi untuk daya.

Setelah kamu mengikuti langkah di atas dengan benar, maka pada saat menekan tombol Power agak lama tidak akan lagi mengaktifkan Google Assistant melainkan memunculkan menu Power Off dan Restart.

Sebenarnya tujuan dari OPPO mengubah cara untuk memunculkan menu Power Off secara bawaan menjadi kombinasi tombol Power + Volume Bawah untuk mengurangi terjadinya akses yang tidak sengaja, khususnya ketika perangkat berada di saku celana atau baju.

Namun bagi pengguna ponsel OPPO lama yang berpindah ke perangkat generasi baru tentunya hal ini menjadi agak merepotkan dan perlu membiasakan diri. Oleh karena itu OPPO masih menyediakan juga fitur untuk perpindahan fungsi tombol tersebut.

Memang sebenarnya lebih mudah dan nyaman untuk menggunakan perintah suara OK Google dalam membuka fitur dari Google Assistant untuk melakukan berbagai hal. Namun bagi yang tidak menggunakan fitur ini tentunya perubahan tombol Power menjadi penghalang dalam beraktivitas.

Google Assistant sendiri memungkinkan kamu dapat melakukan beberapa perintah suara yang diinginkan agar asisten pintar ini dapat membantu menunjang aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Jadi dua opsi penggunaan tombol Power yang diberikan oleh OPPO dapat menjadi pilihan sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. Mana yang dirasa lebih bermanfaat dan membuat aktivitas lebih lancar.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar