Aplikasi

Mi Smart Assistant – Fitur Asisten Pintar di MIUI 9

Smart Assistant MIUI 9 Feature

Gadgetren – MIUI 9 sudah mulai diimplementasikan beberapa waktu lalu dengan menghadirkan beberapa fitur baru, termasuk salah satunya adalah Smart Assistant.

Siapa yang tidak kenal dengan ROM andalan Xiaomi satu ini? Membawa sistem dengan utilitas tambahan, MIUI merupakan ROM yang cukup populer di kalangan pengguna ponsel Android yang suka mengoprek sistem, sejak awal dikembangkan sebagai Custom ROM.

Tak heran, saat Xiaomi ikut serta merambah dunia industri ponsel pintar, MIUI semakin akrab di telinga pengguna umum Android karena digunakan sebagai software penggerak ponsel tersebut, meskipun tidak semua perangkat besutannya menggunakan ROM MIUI ini.

Meskipun hadir sebagai pendatang baru, ponsel-ponsel Xiaomi mampu bersaing dipasaran, bahkan sangat populer di beberapa kalangan. Hal ini disebabkan karena perangkat ponsel besutan Xiaomi biasanya dilengkapi dengan spesifikasi tinggi di kelasnya, namun memiliki harga yang cukup terjangkau.

Meningkatnya popularitas ponsel Xiaomi tentu mengakibatkan meningkatnya pengguna sistem MIUI. Oleh karena itu, sebagai salah satu kelebihan ponselnya, Xiaomi senantiasa meningkatkan kemampuan MIUI agar tidak ditinggalkan pengguna, meskipun saya rasa MiFans kebanyakan berisi orang-orang yang sangat loyal.

Beberapa waktu lalu, sebagai upaya meningkatkan sistem MIUI-nya, Xiaomi telah mengenalkan suksesor teranyar untuk sistemnya tersebut, yaitu MIUI 9. Banyak hal yang ditingkatkan Xiaomi dalam sistem terupdate-nya ini.

Selain merombak basis sistemnya ke Android Nougat, Xiaomi menambahkan fitur Mi Smart Assistant layaknya Google Assistant yang diusung pengembang utama sistem Android, Bixby yang menjadi andalan Samsung, ataupun Siri yang akan membantu Anda saat menggunakan perangkat buatan Apple.Tampilan Fitur Smart Assistant MIUI 9

Seperti asisten pintar lainnya, Smart Assistant milik MIUI 9 ini dapat digunakan seperti sebuah sistem-hub yang akan membantu MiFans dalam mencari banyak hal seperti gambar, teks, informasi dari Internet, aplikasi, dan lain sebagainya.

Selain menyematkan kolom penelusuran, Smart Assistant MIUI 9 terdiri dari maksimal empat buah kolom kartu Quick Card yang dapat diisi dengan berbagai macam hal, seperti Shortcuts, Cricket, Calendar events, Notes.

Dengan Quick Card dan Smart Assistant ini, MiFans dapat dengan mudah membuka aplikasi secara instan, mengelola catatan dengan cepat, mengetahui hasil pertandingan tim kesayangan, mengelola jadwal harian, atau mencari informasi dalam bentuk gambar maupun tulisan.

Cara Mengaktfikan Smart Assistant

Untuk menggunakan fitur Smart Assistant di MIUI 9, MiFans hanya perlu mengusap layar ke kanan pada home screen atau layar utama, seperti yang digunakan pada beberapa perangkat Android lainnya.

Sebagai contohnya, normalnya MiFans harus melewati beberapa tahap untuk membuka aplikasi Kalkulator scientific pada sistem MIUI. MiFans harus membuka daftar aplikasi, mencari aplikasi kalkulator, membuka opsi More Setting, baru memilih Scientific Calculator. Namun dengan Smart Assistant MIUI 9 ini, MiFans hanya mengusap layar ke arah kanan, kemudian menekan pemintas Scientific Calculator.

Jika aplikasi yang dicari tidak diatur ke tombol pemintas pada Quick Card, MiFans dapat meperoleh akses instan ke aplikasi yang diinginkan tersebut melalui kolom penelusuran yang terletak pada bagian paling atas layar Smart Assistant MIUI 9. MiFans hanya perlu mengetikan kata kunci di kolom penelusuran tersebut.

Dengan adanya fitur baru ini ke dalam MIUI 9, MiFans dapat terbantu dan tentunya dapat meningkatkan produktivitasnya dengan kemudahan akses instan ke beberapa hal yang telah disebutkan di ulasan sebelumnya.

Meskipun belum secanggih Smart Assistant lainnya, asisten pintar milik Xiaomi ini perlu diapresiasi. Semoga di pengembangan berikutnya, Xiaomi mampu menghadirkan pembaruan dengan fitur Smart Assistant yang lebih baik.

Leave a Comment