ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Hadirkan Bantuan AI Lebih Lengkap, Microsoft Copilot Resmi Dirilis

Hadirkan Bantuan AI Lebih Lengkap, Microsoft Copilot Resmi Dirilis

Gadgetren – Setelah teknologi AI hadir lebih dulu pada mesin pencarian Bing, kini Microsoft semakin memperluas dukungan AI yang bernama Microsoft Copilot pada deretan produknya yang lain untuk Windows 11, Microsoft 365, dan mesin pencarian Edge.

Melalui ajang teknologi di New York, Microsoft Copilot diumumkan yang dirancang agar manusia bisa berinteraksi dengan teknologi dan membantu meningkatkan produktivitas mereka. Copilot akan hadir untuk konsumen dan enterprise atau bisnis.

Khusus untuk konsumen, tersedia Microsoft 365 Copilot untuk penggunaan pribadi yang dimulai dengan Word. Pada aplikasi tersebut, Copilot akan membantu pengguna mengubah dokumen yang penuh teks dengan grafik khusus, membuat aset visual memukau, postingan media sosial, undangan, dan banyak lagi menggunakan AI secara mutakhir.

Sedangkan Microsoft 365 Copilot untuk enterprise akan tersedia mulai tanggal 1 November 2023 bersama dengan Microsoft 365 Chat. Microsoft Copilot dalam penggunaannya akan tersedia sebagai aplikasi atau dapat muncul sendiri ketika dibutuhkan hanya dengan mengetuk kanan.

Lebih jauh, Microsoft Copilot menawarkan kemampuan secara unik yang akan menggabungkan konteks dan kecerdasan web sekaligus data pekerjaan pengguna maupun apa pun yang tengah mereka lakukan di PC untuk memberikan bantuan yang lebih baik dengan tetap mengedepankan privasi serta keamanan.

Sementara untuk mesin pencarian Bing dan Edge,Copilot akan menghadirkan pembaruan yang memungkinkan pengguna dapat merasakan pengalaman belanja baru menggunakan bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Copilot di Bing dan Edge kini dapat memberikan rekomendasi yang lebih disesuaikan dan harga terbaik berdasarkan permintaan pengguna. Kemudian pengguna juga akan dapat segera menggunakan foto atau gambar yang mereka simpan untuk mulai berbelanja.

Fitur-fitur baru di Bing dan Edge lainnya yang akan tersedia  seperti update Bing Chat Enterprise hingga bisa mengelola lebih personal seperti berdasarkan riwayat obrolan, peningkatan model DALL.E 3 dari OpenAI di Bing Image Creator, dan Content Credentials baru.

Fitur-Al-Bing-1

Copilot akan mulai diluncurkan dalam bentuk awalnya pada rilis Windows 11 berikutnya mulai tanggal 26 September 2023. Melalui update baru Windows 11 tersebut, Microsoft Copilot juga akan tersedia di PC termasuk menghadirkan lebih dari 150 fitur baru yang akan membantu pekerjaan pengguna lebih cepat dan mengubah tugas yang tadinya rumit menjadi sederhana.

Update ini termasuk integrasi Copilot, Outlook baru untuk Windows, kemampuan baru di Paint dan Photos yang ditingkatkan dengan AI, Clipchamp dan Notepad yang diperbarui, File Explorer yang dimodernisasi, dan suara alami baru di Narrator untuk meningkatkan aksesibilitas serta produktivitas.

Penggunaan Copilot nantinya bisa membantu berbagai kalangan pengguna Windows 11 sebagai destinasi pengalaman AI terbaik yang memberdayakan para penggunanya di tempat kerja, sekolah, dan rumah.

Yusuf Mehdi selaku Corporate Vice President & Consumer Chief Marketing Officer, Microsoft menyampaikan bahwa memasuki era baru AI yang secara fundamental mengubah cara kita berhubungan dan memanfaatkan teknologi.

“Dengan konvergensi chat interface dan large language models, kini pengguna dapat menanyakan apa pun yang mereka inginkan dalam bahasa sehari-hari, dan teknologinya cukup pintar untuk menjawab, membuat, atau mengambil tindakan. Di Microsoft, kami melihat hal ini seperti memiliki copilot untuk membantu menavigasi tugas apa pun,” tuturnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar