ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Mesin Pencari Microsoft Bing Kini Hadir dengan Teknologi AI, Bisa Lebih Pintar Memberikan Informasi

Fitur-Al-Bing-1

Gadgetren – Mesin pencarian Bing dan browser Edge milik Microsoft kini hadir lebih segar dengan fitur baru yang mengandalkan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Pengguna tak hanya bisa mencari informasi melalui kolom pencarian secara manual saja tetapi juga bisa mengobrol dengan mesin pencarian Bing. Dengan adanya pembaruan ini, Bing dan Edge tampil baru dengan beberapa peningkatan pencarian yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan jawaban pencarian lebih detail.

Selain mengumumkan teknologi pencarian dengan Al untuk Bing dan Edge, Microsoft juga turut mendemonstrasikan penggunaan fitur chat sebagai opsi lain untuk pencarian dengan fitur Search. Dalam Bing baru pihaknya memperlihatkan tab menu pencarian baru yakni Chat.

Dengan memilih tab menu Chat, pengguna bisa mencari informasi mengenai apa saja yang ingin diketahuinya layaknya berbicara dengan orang seperti menggunakan kalimat panjang. Misalnya mencari destinasi untuk bepergian dalam waktu dekat untuk tujuan keluarga, ulang tahun dan sejenisnya.

Tak hanya untuk mencari destinasi wisata atau perjalanan saja, di Bing baru pengguna bisa mencari informasi lainnya pada tab menu Chat seperti resep makanan, belanja furnitur, dan masih banyak lagi.  Kemudian, Bing baru dengan cepat akan memberikan jawaban lengkap dan detail beserta informasi tambahannya.

Tentunya pencarian dengan tab menu Chat jauh lebih informatif dibanding hanya lewat pencarian Search. Pengguna akan mendapatkan jawaban dari chatbot dengan penjelasan terperinci. Mulai dari daftar topik dan juga tautan ke sumber informasi yang berkaitan hingga yang diterbitkan oleh situs dalam waktu terkini.

 Contoh-Pencarian-Fitur-Al-Bing

Microsoft melalui keterangan resminya mengklaim bahwa terobosan baru dalam Bing ini lebih kuat daripada ChatGPT. Adapun Bing baru menggunakan versi GPT 3.5 yang mendapat dukungan model bahasa OpenAI yang dilengkapi pula oleh ChatGPT.

Mengenai ketersediaannya, Microsoft saat ini memberikan penawaran kepada pengguna untuk bisa bergabung ke Bing baru ini melalui Daftar Tunggu secara terbatas di komputer. Sebagai pengenalan Microsoft pun turut menyediakan uji coba di situs Bing.com untuk pengguna yang ingin menjajal pengalaman pencarian dengan menu tab Chat.

Sayangnya untuk uji cobanya ini Microsoft tidak memberikan kesempatan untuk pengguna langsung mengetuk tombol Chat tetapi dengan mengetuk tombol Try It ketika sudah masuk ke situs Bing.com. Lalu pengguna langsung diarahkan melihat hasil pencarian dengan Chatbot Bing.

Pengguna yang masuk dalam daftar terbatas nantinya akan diinformasikan oleh pihak Microsoft melalui email beserta penawarannya dan juga bonus. Ke depannya daftar tunggu ini akan diperbesar kuotanya menjadi jutaan oleh pihak Bing dalam beberapa minggu mendatang. Untuk perangkat handphone akan tersedia menyusul dalam daftar tunggu.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar