ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

OPPO A38 Vs OPPO A58 – Si Kembar yang Banyak Bedanya

OPPO A38 Vs OPPO A58 - Header

Gadgetren – Perusahaan OPPO memang mempunyai banyak ponsel yang diluncurkan untuk kelas menengah ke bawah di mana dapat menjadi opsi tak kalah menarik saat memerlukan perangkat baru.

Termasuk di antaranya meliputi perangkat OPPO A38 dan OPPO A58 yang mana sama-sama menyasar rentang harga Rp2 jutaan. Keduanya dalam hal ini secara berturut-turut tersedia di pasaran dengan banderol mulai dari Rp2.099.000 dan Rp2.499.000.

Meskipun membawa banyak kemiripan, OPPO A38 untungnya tetaplah ponsel yang berbeda dari OPPO A58. Jadi kita bisa lebih mudah mempertimbangkan perangkat mana yang ingin dipinang menyesuaikan ketersediaan dana maupun kebutuhan.

Perbedaan OPPO A38 Vs OPPO A58

Dengan basis pengolahan data yang sama-sama mengandalkan MediaTek Helio G85 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz, konfigurasi RAM dari kedua ponsel tersebut menjadi pembeda pertama. OPPO A38 hanya meluncur dengan kapasitas 4GB sementara OPPO A58 bisa dipilih antara 6GB atau 8GB.

Di atas kertas, kemampuan OPPO A58 makanya sedikit lebih unggul. Perangkat menengah tersebut bakalan lebih mumpuni dalam menangani banyak tugas maupun aplikasi secara bersamaan atau melakukan proses multitasking jika dibandingkan OPPO A38.

Secara kasatmata, ponsel tersebut juga mempunyai tampilan layar yang lumayan berbeda. OPPO A38 membawa desain panel dengan notch kecil serupa tetesan air sementara OPPO A58 mengusung punch hole yang lebih kekinian sebagai tempat kamera depan.

Teknologi panel yang digunakan memang serupa. Hanya saja, kedua perangkat buatan OPPO tersebut mempunyai spesifikasi layar yang sangat jauh berbeda di mana termasuk untuk ukuran, refresh rate, maupun resolusinya.

OPPO A58 membawa layar yang lebih menarik. Perangkat tersebut mempunyai panel seluas 6,72 inci yang mendukung gambar hingga Full HD+ (2400 × 1080 piksel) saat OPPO A38 hanya berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ (1612 x 720 piksel).

Namun sebagai gantinya, dukungan refresh rate dari OPPO A38 sedikit lebih tinggi. Model yang lebih murah tersebut mempunyai pengaturan animasi hingga 90Hz dalam menyesuaikan tampilan konten padahal saudaranya hanya sampai 60Hz.

Sama-sama mengandalkan kamera utama yang terkonfigurasi hingga 50MP dengan tambahan sensor kedalaman 2MP, lensa depan OPPO A38 dan OPPO A58 pun sedikit berbeda. Kedua ponsel tersebut secara berturut-turut mengusung resolusi 5MP dan 8MP untuk menangani kebutuhan pengambilan gambar swafoto pengguna.

Perangkat OPPO A58 pun lebih unggul pada aspek konektivitas. Dengan harga yang lebih mahal, ponsel tersebut membawa dukungan NFC (Near Field Communication) yang bisa digunakan untuk mengecek saldo kartu e-money, bertransaksi secara digital, hingga menghubungkan aksesori sementara OPPO A38 belum.

Kedua perangkat tersebut menariknya sama-sama sudah mendukung fitur tahan percikan air. Hanya saja OPPO A38 menawarkan perlindungan yang lebih komplit karena sudah tersertifikasi oleh IP54 saat OPPO A58 hanya IPX4.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar