ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A38 – Bawa Helio G85 dan Kamera 50 MP

OPPO A38 Back Black

Gadgetren – Dibanderol dengan harga Rp2.099.000, ponsel entry-level OPPO A38 secara resmi telah diluncurkan di Indonesia.

OPPO A38 telah dilengkapi dengan chipset Helio G Series yang sudah dioptimalkan dalam menjalankan game. Sementara dukungan baterai dan penyimpanan internal berkapasitas besar pun turut dibenamkan pada produk ini.

Selain fitur pengisian daya cepat dengan teknologi SUPERVOOC, OPPO A38 mengusung kamera utama beresolusi besar yang berada di bagian belakangnya. Menariknya, OPPO A38 sudah dibekali dengan sertifikasi IP5X yang berarti telah tahan terhadap debu dan IPX4 yang tahan terhadap cipratan air.

Kelebihan OPPO A38

1. Performa Untuk Game

OPPO A38 Performa

OPPO A38 diotaki chipset MediaTek Helio G85 (12nm) Octa-Core 2 GHz yang didukung MediaTek HyperEngine Gaming Technology yang secara pintar dapat memanajemen CPU, GPU, dan RAM agar mampu menjalankan game secara optimal.

Perangkat ini memiliki RAM LPDDR4x berkapasitas 4 GB untuk menangani aktivitas multitasking yang dijalankan secara multitasking. Bahkan terdapat fitur RAM Expansion hingga 4 GB dengan meminjam ruang kosong kapasitas internal

Sementara penyimpanan internalnya pun mencapai 128 GB untuk mampu menampung banyak data sekaligus. Namun pengguna juga diizinkan untuk mengekspansi kapasitas penyimpanannya dengan menyematkan microSD hingga 1 TB pada slot kartu yang disediakan.

2. Desain Menarik

OPPO A38 Back Gold

Ponsel ini mengusung desain OPPO Glow yang mampu menampilkan bodi belakang yang berkilau ketika terkena pantulan cahaya, namun tahan terhadap goresan. Terdapat varian warna Emas Bersinar dan Hitam Bersinar yang dapat dipilih.

Untuk Emas Bersinar memiliki warna dasar emas yang selanjutnya dapat menampilkan warna gradasi warna-warni ketika terkena pantulan cahaya Sementara warna Hitam Bersinar menghadirkan warna hitam pekat yang terlihat kalem ketika dilihat secara kasat mata, namun menimbulkan warna gradasi hitam dari gelap ke terang saat dilihat di bawah cahaya.

3. Layar Tampilkan Konten Jelas

OPPO A38 Layar

Perangkat ini sudah mempunyai layar 6,56 inci dengan resolusi HD+ (1612 x 720 piksel), 100% DCI-P3, dan 100% sRGB sehingga menawarkan warna yang cukup akurat setiap konten diperlihatkan.

Berkat dukungan refresh rate 90Hz, layar ponsel ini dapat menampilkan gerakan transisi dan animasi game dengan mulus. Apalagi layarnya mempunyai bezel yang kecil dan memenuhi bagian depan sehingga terlihat lebih leluasa.

Pengguna juga masih dapat melihat konten pada layar walaupun sedang berada di bawah terik matahari karena tingkat kecerahannya mampu mencapai 720 nits.

4. Kamera Utama 50 MP

OPPO A38 Dual Cam

Perangkat yang satu ini telah dilengkapi kamera utama 50 MP dan bokeh 2 MP yang dapat menghasilkan foto Portrait secara instan dimana subjek terlihat fokus dan latar belakangnya memiliki efek bokeh yang rapi.

Adapun kamera utamanya mempunyai resolusi besar yang dapat menghasilkan foto dengan detail yang masih terlihat jelas ketika dicetak pada media berukuran besar. Secara bawaan, kamera utamanya akan menghasilkan foto dengan resolusi 12,5 MP untuk menghasilkan kualitas yang bagus lewat teknologi pixel binning.

5. Daya Tahan Lama dan 33W SUPERVOOC

OPPO A38 Baterai

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, ponsel ini diklaim mampu bertahan selama 32 jam ketika digunakan untuk telepon atau 1 hari untuk penggunaan dalam aktivitas sehari-hari.

Berkat 33W SUPERVOOC, pengisian daya baterainya dari 0% ke 50% hanya memakan waktu 30 menit. Sementara jika dilakukan selama 15 menit dapat digunakan untuk menonton video selama 5 jam.

Kekurangan OPPO A38

1. Masih Menggunakan Poni Waterdrop

OPPO A38 Poni

Sebagai ponsel masa kini, OPPO A38 masih mengusung poni berbentuk waterdrop yang desainnya terasa tidak kekinian. Padahal perangkat kompetitor sudah menggunakan punch hole yang terlihat modern.

2. Tidak Ada Ultrawide dan Makro

OPPO A38 Feature

OPPO A38 tidak dibekali dengan kamera ultrawide pada bagian belakangnya. Sementara perangkat dari merek lain di kelas yang sama sudah banyak menggunakan kamera jenis ini.

Dengan kamera ultrawide, menghasilkan foto dengan area luas dapat dilakukan secara instan tanpa perlu repot sama sekali menggunakan Panorama Mode. Kamera makro pun tidak dihadirkan untuk membidik objek dari jarak yang sangat dekat.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar