ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

iPhone 15 Vs iPhone 15 Pro – Seperti Beda Seri Saja

iPhone 15 Vs iPhone 15 Pro - Header

Gadgetren – Seperti lini ponsel Apple sebelumnya, seri iPhone 15 pun meluncur dengan beberapa model perangkat yang bisa dipilih sesuai dengan preferensi, dana, maupun kebutuhan para pengguna.

Seri perangkat terbaru Apple tersebut di antaranya mempunyai iPhone 15 dan iPhone 15 Pro yang menawarkan layar dengan luas serupa. Keduanya dalam hal ini sama-sama mengemas panel Super Retina XDR Display berukuran 6,1 inci dengan resolusi gambar hingga 2556 x 1179 piksel.

Hanya saja jangan sampai salah pilih. Meskipun semakin terlihat mirip karena model reguler kini juga mulai mengadopsi fitur Dynamic Island, perangkat adik-kaka tersebut mempunyai spesifikasi yang benar-benar sangat berbeda.

Perbedaan iPhone 15 Vs iPhone 15 Pro

Di bagian layarnya saja, iPhone 15 Pro yang tersedia dengan harga jauh lebih mahal sudah mendukung beberapa teknologi yang tidak tersedia di model iPhone 15 reguler. Perangkat tersebut di antaranya sudah membawa teknologi ProMotion hingga 120Hz maupun Always-On display.

Bagi kamu yang baru mendengarnya, ProMotion sendiri merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan iPhone menyesuaikan refresh rate dengan konten secara dinamis. Jadi bisa lebih hemat daya karena perangkat tidak perlu terus-menerus menjalankan animasi di pengaturan tertinggi.

Sementara di sisi lain, Always-On display adalah fitur yang bisa digunakan untuk membuat layar kunci tetap terlihat tanpa perlu mengetuknya. Kita secara khusus dapat memakainya untuk mengintip notifikasi, tanggal, hingga jam secara lebih praktis.

Selain fitur yang ditawarkan oleh panel layarnya, dapur pacu yang dipakai oleh kedua ponsel Apple tersebut juga sangat berbeda. iPhone 15 reguler masih memakai Apple A16 Bionic sementara iPhone 15 Pro sudah membawa Apple A17 Pro yang lebih mutakhir.

iPhone 15 Vs iPhone 15 Pro - 1

Lini iPhone 15 Pro

Berdasarkan klaim Apple, chipset Apple A17 Pro sendiri mempunyai GPU 20 persen lebih bertenaga, CPU 10 persen lebih gegas, NPU dua kali lebih cepat, dan kemampuan ray tracing empat kali lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dengan chipset ini, iPhone 15 Pro pun dapat memberikan pengalaman pemakaian yang lebih baik. Apple apalagi juga menghadirkan kapasitas media penyimpanan internal hingga sebesar 1TB di mana sedikit berbeda dari iPhone 15 reguler yang hanya mempunyai versi 128GB, 256GB, dan 512GB.

Dukungan fotografi pada iPhone 15 Pro pun lebih lengkap dan mumpuni. Selain mengusung lensa utama 48MP, sensor ultra-wide 12MP, dan kamera depan TrueDepth 12MP seperti iPhone 15 reguler, perangkat tersebut juga membawa kamera telefoto 12MP.

Tak hanya sekadar membawa konfigurasi lensa yang lebih lengkap, kemampuan kamera iPhone 15 Pro secara teknis juga akan lebih baik dibandingkan dengan iPhone 15. Perangkat tersebut mempunyai beberapa fitur penunjang yang belum tersedia di versi reguler.

iPhone 15 Vs iPhone 15 Pro - 2

Lini iPhone 15

Guna menunjang kemampuan kameranya, perangkat iPhone 15 Pro misalnya sudah membawa dukungan sensor-shift optical image stabilization generasi kedua saat iPhone 15 reguler masih memakai teknologi generasi sebelumnya.

iPhone 15 Pro pun sudah membawa fitur pengambilan gambar yang absen di model reguler seperti night mode portraits, macro photography, dan Apple ProRAW. Ditambah juga dengan ProRes video, Log video recording, Academy Color Encoding System, maupun Macro video recording untuk menunjang fungsi perekaman video.

Kemampuan pencitraan dari iPhone 15 Pro juga semakin unggul dengan hadirnya sensor LiDar (Light Detection and Ranging) yang bisa meningkatkan auto fokus, pengambilan gambar di kondisi gelap, hingga fungsi untuk AR (Augmented Reality).

Perbedaan selanjutnya dari kedua ponsel Apple tersebut terletak pada antarmuka pengisi daya dan transfer datanya. Meskipun kini sama-sama mengusung teknologi USB Type-C, iPhone 15 reguler dalam hal ini hanya mendukung USB 2 sedangkan versi Pro sudah USB 3 yang menawarkan bandwidth hingga 10Gb/s.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar