ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

iPhone 15 Pro Vs iPhone 15 Pro Max – Apa Bedanya?

Apple-iPhone-15-Pro-dan-Pro-Max-

Gadgetren – Apple telah menghadirkan berbagai varian model iPhone 15 yang mana termasuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Kehadiran dua iPhone 15 varian Pro ini bisa dibilang yang cukup menggoda ketimbang varian non Pro.

Hal ini dikarenakan keduanya membawa chipset baru buatan Apple bernama A17 Bionic. Selain itu bagi kamu yang sudah menantikannya sudah kebingungan yang mana harus dipilih mengingat masing-masing memiliki hal yang patut dipertimbangkan.

iPhone 15 Pro sendiri menawarkan keunggulan dari bentuknya yang lebih ringkas sehingga mudah dibawa dan digenggam ketimbang kakaknya yang memiliki ukuran layar besar. Lalu iPhone 15 Pro Max menawarkan kapasitas baterai lebih besar dan pembesaran kamera hingga lima kali.

Port USB Type C menjadi fitur baru yang dimiliki keduanya.untuk pengisian daya yang mana sebelumnya menggunakan konektor Lightning. Selain itu kedua ponsel ini juga memiliki perbedaan lainnya yang bisa kita simak melalui rangkuman di bawah ini.

Perbedaan iPhone 15 Pro Vs iPhone 15 Pro Max

Perbedaan yang paling mudah diketahui antara kedua perangkat ini terletak pada bobotnya. iPhone 15 Pro lebih ringan dari iPhone 15 Pro Max dengan bobot 188 gram dan 221 gram secara berurutan.

iPhone 15 Pro pun mengusung layar berukuran 6,1 inci sedangkan iPhone 15 Pro Max tebar pesona dengan layar 6,7 inci. Kedua layarnya sama-sama mendukung panel LTPO Super Retina XDR OLED yang mendukung refresh rate 120Hz dan tingkat kecerahan hingga 2.000 nits.

Selain itu kedua varian Pro seri iPhone 15 ini kini menggunakan bahan Titanium yang lebih ringan dan dapat meredam suhu panas berlebih dibandingkan dengan varian Pro seri iPhone 14 dengan Stainless Steel.

Apple-iPhone-15-Pro-dan-Pro-Max-2.

Pada bagian depan keduanya pun mengusung bezel tipis di sekitar layarnya. Yang menarik lagi kini varian Pro seri iPhone 15 memiliki perubahan tepiannya yang sedikit berkontur dan tidak tajam sehingga akan lebih nyaman digenggam.

Penampang bodi belakang varian Pro seri iPhone 15 masih menggunakan lapisan kaca matte. Namun begitu tentunya iPhone 15 Pro Max masih menjadi perangkat yang kemungkinan akan susah digenggam dengan satu tangan apalagi untuk pengguna Asia. Sementara iPhone 15 Pro bakal lebih ringkas dan mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Tombol fungsi Action Button baru juga disematkan pada kedua varian Pro yang letaknya menggantikan tombol mute atau tepat di atas tombol volume. Secara bawaan, tombol ini bertujuan untuk membisukan ponsel akan tetapi kamu juga dapat mengaturnya dengan fungsi lainya seperti untuk membuka kamera, memo suara, tindakan pintasan ke aplikasi, dan masih banyak lagi.

iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max tersedia dalam empat varian warna meliputi Black, White, Blue, dan Gray. Kedua ponsel juga menggunakan chipset teraru Apple A17 Pro yang merupakan chip pertama pada ponsel dengan fabrikasi 3nm yang memiliki 19 miliar transistor.

Chip-A17-Pro-.

Chipset tersebut juga berisi 6-core CPU dan GPU sehingga lebih berperforma kencang khususnya untuk memberikan pengalaman bermain game di atas rata-rata. Kemudian chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 8GB.

Pilihan penyimpanan internal untuk iPhone 15 Pro dimulai dari 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1TB sedangkan untuk iPhone 15 Pro Max dimulai dari 256GB, 512 GB, dan 1TB .

Beralih ke sektor fotografi secara garis besar perbedaan iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max hanya pada pembesarannya. iPhone 15 Pro memiliki pembesaran optik hingga tiga kali sedangkan iPhone 15 Pro Max hingga lima kali.

Apple-iPhone-15-Pro-dan-Pro-Max-

Selebihnya baik iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max menggunakan tiga kamera belakang berupa kamera utama 48MP, sudut lebar 12MP, dan telefoto 12MP. Kemudian kamera depan beresolusi 12MP.

iPhone 15 Pro Max dengan pembesaran optik hingga lima kali menggunakan lensa yang setara 120mm dan menggunakan desain tetra prisma yang diklaim bisa memantulkan empat kali sebelum mengenai sensor.

Sensornya sendiri merupakan yang pertama di dunia menggunakan stabilisasi pergeseran sensor 3D yang bisa membantu menjaganya tetap stabil dan tajam baik dalam foto maupun video yang diperbesar. Kini varian Pro seri iPhone 15 bisa mengambil gambar 48MP dengan resolusi tinggi tidak hanya dalam format ProRAW tetapi juga dalam HEIF.

Apple-iPhone-15-Pro-dan-Pro-Max-ProRes-video-shoot-

Mengenai daya tahan baterai seri iPhone 15 tidak berubah dari generasi sebelumnya. iPhone 15 Pro Max untuk memutar video dalam kondisi baterai penuh disebut bisa hingga 29 jam sedangkan iPhone 15 Pro hingga 23 jam. Namun hal ini tidak bisa dijadikan patokan karena harus diuji secara langsung.

Varian Pro seri iPhone 15 juga menggunakan port koneksi untuk pengisian daya dengan USB Type C sama seperti varian biasanya. Namun sayangnya, iPhone menjadi ponsel yang pengisian dayanya paling lambat di antara kompetitor di pasaran dan untuk nirkabel menggunakan MagSafe 15W.

Kesimpulan

Setelah melihat perbedaan antara iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, kamu bisa mempertimbangkan keduanya untuk dipinang. Bagi kamu yang ingin mendapatkan kualitas kamera dengan pembesaran optik lima kali dan menginginkan baterai yang lebih awet bisa memilih iPhone 15 Pro Max. Sedangkan bagi kamu yang lebih menyukai ponsel dengan ukuran lebih ringkas bisa memilih iPhone 15 Pro.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar