ASUS TUF Gaming FX507
Review Handphone

Review OPPO Reno10 Pro 5G – Performa Lancar, Kamera Pintar

Review OPPO Reno10 Pro 5G – Performa Lancar, Kamera Pintar

OPPO Reno10 Pro 5G
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9/10

Kesimpulan

OPPO Reno10 Pro 5G mempunyai kinerja yang bertenaga, daya tahan baterai lama, layar AMOLED 120Hz yang memanjakan mata, dan dukungan multi kamera yang dapat menghasilkan foto bagus.

Yang Disukai

  • Daya Tahan Lama
  • Pengecasan Daya Baterai Sangat Cepat
  • Desain Menarik
  • Layar AMOLED 120Hz
  • Performa Bertenaga
  • Kamera dengan Hasil Foto Bagus

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada sertifkasi IP Rating
  • Speaker Mono

OPPO Reno10 Pro 5G merupakan handphone model tengah dari jajaran OPPO Reno10 Series 5G di Indonesia yang menghadirkan tiga dukungan menarik pada kamera, performa, dan daya tahan baterai.

Dibanderol dengan harga Rp7.999.000, OPPO Reno10 Pro 5G ini sudah dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama, telefoto, dan ultrawide yang dapat membantu penggunanya dalam mengabadikan momen berharganya.

Adapun dapur pacu chipset Qualcomm Snapdragon dapat menghadirkan performa yang bertenaga pada OPPO Reno10 Pro 5G. Sementara baterai berkapasitas 4.600mAh yang hadir pada produk ini diklaim mampu bertahan lama.

OPPO juga telah menghadirkan Reno10 Pro 5G di Indonesia dengan dua pilihan warna yang terdiri dari Silvery Grey atau Glossy Purple sehingga pembelinya dapat memilih warna sesuai dengan seleranya.

Desain

OPPO Reno10 Pro 5G - HandsOn Back

Perangkat ini memiliki desain melengkung pada kedua sisi di bagian belakang dan depannya sehingga membuat saya merasa nyaman ketika menggenggamnya dengan menggunakan satu tangan.

Dimensinya yang mencapai 162,3mm x 74,2mm x 7,89mm dan berat 185 gram membuat handphone ini terasa pas ketika sedang dipegang. Kebetulan saya sendiri menggunakan Reno10 Pro 5G varian warna Silvery Grey.

Silvery Grey ini mampu menampilkan gradasi warna abu-abu gelap dan perak mengkilap ketika terkena pantulan sehingga membuat handphone ini terlihat premium. Dengan desain OPPO Glow ditambah lapisan beludru lembut membuat permukaan belakang handphone ini tidak licin ketika dipegang dengan satu tangan.

Pada bagian atas di belakang terdapat tonjolan kamera yang besar dengan desain satu lingkaran besar, dua lingkaran kecil, dan LED Flash memanjang. Lingkaran besarnya diisi oleh kamera utama dan dua lingkaran kecilnya diisi kamere telefoto dan ultrawide.

OPPO Reno10 Pro 5G - Port

Beralih ke bagian bawah, terdapat slot kartu SIM ganda, port USB Type-C, dan lubang speaker. Pada sisi kanannya terdapat tombol Volume dan  Power yang disusun secara vertikal.

Kali ini terdapat sensor Infra merah pada bagian atas yang dapat membuat Reno10 Pro 5G menjadi remote control bagi perangkat lain, seperti AC, TV, kipas angin, proyektor, kamera, DVD Player, dan lainnya.

Sensor NFC (Near Field Communication) pun turut dibenamkan pada bagian belakang handphone ini sehingga memudahkan saya untuk mengecek atau mengisi saldo kartu emoney secara cepat.

Layar

OPPO Reno10 Pro 5G - Diagonal Layoff Display 2

Secara kasat mata, handphone ini mempunyai layar 6,7 inci melengkung (3D Curve) pada kedua sisinya sehingga membuat terlihat Premium karena menampilkan bezel yang tipis dan konten dengan area yang luas.

Berkat teknologi AMOLED, resolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel), 100% DCI-P3, 100% sRGB, 1 miliar warna, dan HDR10+, membuat layar dapat menampilkan video, game, dan gambar dengan terang dan jernih sehingga memanjakan mata saya.

Adapun refresh rate hingga 120Hz, membuat layarnya mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi game dengan halus. Namun jika ingin lebih hemat dalam mengkonsumsi energi, sistem pada Reno10 Pro 5G juga menawarkan opsi pengunci refresh rate ke 60Hz atau menggunakan fitur Auto Select.

OPPO Reno10 Pro 5G - HandsOn Display

Auto Select ini memungkinkan kecepatan refresh rate dapat berganti secara otomatis tergantung dari konten yang sedang ditampilkan di layar.  Dengan tingkat kecerahan puncak mencapai 950 nits, membuat konten pada layar Reno10 Pro 5G masih dapat dilihat mata saya dengan jelas walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

Berkat Touch Sampling Rate 240Hz, membuat saya merasa sentuhan jari terhadap layar terasa responsif. Terdapat juga kaca pelindung AGC DT-Star 2 yang dipercaya untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar dari handphone ini.

Dengan hadirnya sertifikasi Widevine L1, membuat layar pada handphone ini dapat menampilkan video berkualitas Full HD (1080p) dari aplikasi streaming seperti Netflix, Amazon Prime Video, VIU, Disney+ Hotstar, dan YouTube.

Sensor fingerprint dalam layar yang hadir pada handphone ini mampu mendeteksi sidik jari dengan responsif sehingga dapat mempermudah serta mempercepat pembukaan kunci layar tanpa harus menginput PIN, Password, maupun Pattern terlebih dulu.

Software

OPPO Reno10 Pro 5G - HandsOn Diagonal Display

Sejak pertama kali diaktifkan, OPPO Reno10 Pro 5G ini sudah menggunakan ColorOS 13.1 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan antarmuka sederhana ditambah ikon yang memiliki ukuran pas sehingga memudahkan saya untuk melakukan navigasi di layarnya.

Tentunya banyak fitur bawaan ColorOS 13.1 yang digunakan, terutama App Cloner yang dapat menggandakan aplikasi sehingga saya dapat menjalankan dua akun chat sekaligus dalam satu handphone.

Fitur App Cloner ini bekerja pada beberapa aplikasi chat dan media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, LINE, Instagram, Messenger, Telegram, Snapchat, Zalo, Viber, dan lainnya.

OPPO Reno10 Pro 5G - ColorOS

Adapun Dark Mode membuat saya nyaman untuk melihat konten pada layar dalam kondisi redup atau malam hari karena dapat membuat warna latar pada sistem maupun beberapa aplikasi menjadi hitam atau gelap.

Split Screen juga menjadi salah satu fitur yang sering digunakan karena memudahkan saya untuk membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar, seperti membaca berita melalui browser sambil melakukan chat di WhatsApp.

Kamera

OPPO Reno10 Pro 5G - Camera Back

OPPO Reno10 Pro 5G ini telah didukung tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, telefoto 32 MP, dan ultrawide 8 MP. Selama penggunaan, kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan detail dan kualitas warna yang bagus.

Apalagi kamera utamanya mempunyai resolusi yang besar sehingga hasil fotonya dapat dicetak pada media berukuran besar, seperti Spanduk, Baliho, dan Billboard, dengan jelas.

OPPO Reno10 Pro 5G - 50 MP - Pantai

50 MP

OPPO Reno10 Pro 5G - 50 MP - Gedung

50 MP

OPPO Reno10 Pro 5G - 50 MP - Fajar

50 MP

Sementara berkat dukungan telefoto, saya pun dapat membidik objek dari jauh dengan 2x Optical Zoom dan 5x Hybrid Zoom dengan hasil foto yang terlihat jelas dan tidak pecah. Apalagi kamera telefoto juga dapat dimanfaatkan untuk fitur Portrait dengan 2x Optical Zoom.

Jadinya secara bawaan, saya menemukan fitur Portrait dapat membidik dengan dua perbesaran yang terdiri dari 1x dan 2x Optical Zoom. Dengan begitu, saya pun dapat memotret subjek dari berbagai jarak dan sudut.

Hasil foto Portrait dari Reno10 Pro 5G pun terasa bagus, apalagi wajah subjek terlihat cerah dan natural ditambah dengan latar belakangnya yang mendapatkan efek bokeh sehingga terlihat lebih dramatis.

OPPO Reno10 Pro 5G - 1x Portrait - Women

1x Portrait

OPPO Reno10 Pro 5G - 2x Portrait - Women

2x Portrait

OPPO Reno10 Pro 5G - 5x Zoom - Women

5x Zoom

Handphone ini juga hadir dengan dukungan kamera ultrawide yang memudahkan saya dalam menghasilkan foto dengan area yang luas secara instan hanya dalam sekali jepret saja. Menurut saya, hasil foto dari kamera ultrawide ini bisa dibilang bagus.

OPPO Reno10 Pro 5G - Ultrawide - Gate

Ultrawide

OPPO Reno10 Pro 5G - 1x Zoom - Gate

Auto

OPPO Reno10 Pro 5G - Ultrawide - Gedung

Ultrawide

OPPO Reno10 Pro 5G - 1x Zoom - Gedung

Auto

Hasil foto malam hari dengan menggunakan fitur Night Mode dapat menghasilkan foto yang sedikit lebih terang dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode. Namun dengan begitu, fitur Auto Mode dari Reno10 Pro 5G dapat dimanfaatkan juga ketika mengambil foto di malam hari.

OPPO Reno10 Pro 5G - Bianglala Malam - Auto Mode

Auto

OPPO Reno10 Pro 5G - Bianglala Malam - Night Mode

Night Mode

Dengan kamera depan beresolusi 32 MP,  handphone ini mampu menghasilkan foto selfie yang menghadirkan subjek dengan detail wajah yang terlihat dengan baik ditambah latar belakangnya mempunyai efek bokeh rapi.

OPPO Reno10 Pro 5G - Selfie Auto - Siang

Selfie – Auto

OPPO Reno10 Pro 5G - Selfie Bokeh Flare Portrait - Siang

Selfie – Bokeh

OPPO Reno10 Pro 5G - Selfie Auto - Malam

Selfie – Auto

OPPO Reno10 Pro 5G - Selfie Bokeh Flare Portrait - Malam

Selfie – Bokeh

 

Performa

OPPO Reno10 Pro 5G - Side Display

OPPO Reno10 Pro 5G diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 778G (6nm) Octa-Core 2,4 GHz yang didampingi dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Terdapat fitur RAM Expansion yang memungkinkan sistem dapat meminjam ruang kosong penyimpanan internal menjadi RAM Virtual dengan pilihan 4 GB, 8 GB, atau 12 GB.

Secara teori, kombinasi hardware dan fitur tersebut mampu menghadirkan performa yang bertenaga pada OPPO Reno10 Pro 5G. Namun untuk mengetahui kinerjanya secara nyata, saya pun langsung menjalankan beragam aplikasi yang biasa digunakan pada aktivitas sehari-hari, seperti media sosial, chat, SMS, Telepon, Email, editor dokumen, Photos, File Manager, dan pemutar lagu.

Hasilnya, handphone ini mampu menjalankan aplikasi – aplikasi tersebut secara multitasking dengan lancar. Hal ini juga berkat hadirnya RAM dengan kapasitas yang besar ditambah hadirnya RAM Virtual yang mampu mencapai 12 GB.

Untuk pengujian tahap lanjutnya, saya pun langsung memainkan beberapa game populer seperti Call of Duty Mobile, Mobile Legends, Pokemon Unite, Arena of Valor, dan Pokemon GO.

OPPO Reno10 Pro 5G - COD Mobile Set

Menariknya sistem mengizinkan saya untuk mengatur setelah Call of Duty Mobile ke grafis Very High dan frame rate Max. Dengan kombinasi ini membuat game dapat menampilkan karakter, lingkungan, serta spesial efek dengan sangat bagus.

Sementara pergerakan dari karakter dan visual efek lainnya terlihat sangat halus. Sementara sentuhan jari saya terhadap tombol virtual arah, bidikan, pengisian peluru, tembakan, dan menu terasa responsif.

Berkat kombinasi di atas, membuat saya merasa nyaman dan seru ketika melakukan pertarungan dengan musuh selama jalannya game terutama berkat grafis dan animasi yang memanjakan mata.

OPPO Reno10 Pro 5G - COD Mobile Attack

Untuk game berjenis MOBA (Mobile Online Battle Arena) seperti Mobile Legends, Pokemon Unite, dan Arena of Valor mampu disetel dengan grafis dan frame rate yang tinggi.

Pada semua game MOBA ini, saya mampu menjalankan karakter dengan mulus dan mengaktifkan berbagai skill, terutama ketika terjadi pertarungan yang melibatkan semua pemain di arena, yakni 5 versus 5.

Meskipun mampu berjalan dengan lancar, namun perlu dicatat bahwa koneksi yang saya gunakan stabil dan cepat sehingga membuat pertarungan selama di game MOBA tidak terjadi lag sama sekali.

Untuk Pokemon GO yang menghadirkan karakter, Pokemon, visual efek, dan lingkungan 3 dimensi pun mampu berjalan dengan lancar pada handphone ini. Apalagi pada saat opsi Native Refresh Rate diaktifkan, maka gerakan karakter dan Pokemon terasa menjadi sangat halus.

OPPO Reno10 Pro 5G - PerformanceBenchmark

Tak ketinggalan, saya juga melakukan pengujian handphone ini dengan aplikasi AnTuTu Benchmark V10.0.1-OB1 yang berhasil mendapatkan skor 588.297 poin. Sementara pada pengujian dengan Geekbench 6.1.0, Reno10 Pro 5G mendapatkan skor mencapai 904 untuk Single-Core dan 2.541 untuk Multi-Core.

Baterai

OPPO Reno10 Pro 5G - Back Perspective

Meskipun hanya menggunakan baterai berkapasitas 4.600mAh, namun Reno10 Pro 5G diklaim mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Untuk mengetahui daya tahan baterainya secara langsung, saya pun langsung melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark for Android.

Perlu dicatat bahwa saya menambahkan beberapa parameter pada pengujian dengan aplikasi PCMark for Android, seperti menggunakan fitur Work 3.0 Battery Life, tingkat kecerahan layar 50%, dan kondisi baterai dari 100%.

Hasilnya, OPPO Reno10 Pro 5G ini mendapatkan skor yang mencapai 14 jam 11 menit ketika layarnya sedang menggunakan refresh rate 120Hz. Namun pada layar dengan refresh rate 60Hz, perangkat yang satu mencatatkan waktu 15 jam 22 menit.

Sementara pada saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari, aplikasi AccuBattery mencatatkan Screen on Time 6 jam 55 menit dari kondisi 100% ke 10% ketika layar sedang menggunakan refresh rate 120Hz.

Sementara pada layar dengan refresh rate 60Hz, handphone ini berhasil mendapatkan skor yang mencapai 7 jam 30 menit. Dari pengujian di atas terlihat bahwa Reno10 Pro 5G memiliki daya tahan baterai yang lama. Terlihat juga bahwa layar dengan refresh rate 120Hz akan lebih tinggi dalam mengkonsumsi energi dibandingkan dengan refresh rate 60Hz.

Menariknya handphone ini sudah dilengkapi dengan fitur 80W SUPERVOOC yang diklaim OPPO mampu mengisi daya baterai Reno10 Pro 5G dengan sangat cepat. Untuk pengecasan dari 10% ke 100% cuma memakan waktu 50 menit saja.

Kesimpulan

OPPO Reno10 Pro 5G - Box with Logo

OPPO Reno10 Pro 5G ini hadir dengan dukungan performa yang bertenaga dan daya tahan baterai lama. Dukungan multi kamera pada handphone ini pun dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus.

Layar dari perangkat ini juga mampu menampilkan konten dengan terang dan tajam. Sementara fitur NFC juga turut membantu dalam mengisi saldo kartu emoney dengan mudah, terutama pada saat saya sedang dalam perjalanan.

Sayangnya perangkat ini hanya memiliki satu speaker sehingga tidak dapat menghasilkan suara stereo. Selain itu, IP Rating juga belum dihadirkan pada Reno10 Pro 5G padahal perangkat masa kini di kelas harga yang sama sudah memiliki sertifikasi tersebut.

Dibanderol dengan harga Rp7.999.000, saya rasa OPPO Reno10 Pro 5G masih bisa menjadi pilihan karena dapat memberikan keunggulan pada sektor performa, daya tahan baterai, layar, dan kamera.

Harga dan Spesifikasi OPPO Reno10 5G

Dimensi & Berat162,3mm x 74,2mm x 7,89mm
185 gram
WarnaSilvery Grey, Glossy Purple
Layar6,7 inci, Super AMOLED 3D Curve, Full HD+ (2412 x 1080 piksel), refresh rate 120Hz, AGC DT-Star2
Sistem OperasiColorOS 13.1 (Android 13)
MemoriRAM 12 GB / Penyimpanan internal 256 GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 778G (6nm) Octa-Core 2,4 GHz
Kamera BelakangUtama 50 MP (apertur f/1.8)
Ultrawide 8 MP (apertur f/2.2)
Telefoto 32 MP (apertur f/2.0)
Kamera Depan32 MP (apertur f/2.4)
Baterai4.600mAh, 80W SUPERVOOC
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari, kompas, virtual giroskop, proximity, cahaya, orientasi, magnetik, gravitasi
GPSGPS, GLONASS, Galileo, BDS
SpeakerSpeaker Mono
FiturAuto Select Refresh Rate, Face Unlock, Bokeh Flare Portrait, RAM Expansion hingga 12 GB
Konektivitas4G-LTE, 5G, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.2
KonektorUSB Type-C
HargaRp 7.999.000

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar