ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Review Handphone

Review OPPO Reno10 Pro+ 5G – Kembalinya Kamera Telefoto di Seri Reno

OPPO Reno10 Pro+ 5G

OPPO Reno10 Pro+ 5G
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9.2/10

Kesimpulan

OPPO Reno10 Pro+ 5G menawarkan keunggulan yang merata di berbagai sektor baik itu desain, kamera, layar, performa, dan juga baterai. Kamera yang diusungnya mampu menghasilkan foto yang memuaskan di berbagai situasi dan di semua lensanya. Performanya pun sangat gegas dan pengisian daya baterainya super cepat.

Yang Disukai

  • Kamera yang memuaskan hasil jepretannya
  • Layar memukau
  • Desain menawan
  • Performa gegas
  • Pengisian daya baterai super cepat

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada sertifikasi IP rating

Gadgetren – Di tahun ini OPPO menghadirkan gebrakan dengan membawa Reno10 Pro+ 5G yang mana adalah model tertinggi dari seri Reno10 5G ke Indonesia.

Handphone ini membawa keunggulan di sektor kameranya yang mana kini mengusung lensa telefoto ditambah dengan performa yang gegas dan layar lengkung yang menawan. Selain itu juga menghadirkan pengisian daya super cepat.

Melihat keunggulan Reno10 Pro+ 5G secara keseluruhan membuatnya lebih pantas berada di segmen smartphone kelas flagship dibandingkan saudaranya.

Desain

OPPO Reno10 Pro+ 5G

Reno10 Pro+ 5G mengusung desain melengkung di kedua sisi handphone baik itu lengkungan di layar maupun bodi belakang sehingga membuatnya nyaman ketika digenggam. Ditambah lagi handphone ini memiliki ukuran dan berat yang terasa pas di tangan.

Bagian bodi belakangnya pun menggunakan material kaca dengan balutan warna ungu yang menarik. Jika dilihat dengan seksama, bodi belakang handphone ini memiliki tekstur sama-samar seperti porselen. Pada bagian ini juga terdapat tonjolan kamera yang terlihat cukup besar.

Di sisi kanan handphone terdapat tombol power dan pengatur volume sedangkan untuk port USB Type-C, dan slot kartu SIM ganda diletakkan di bagian bawah handphone.

Menariknya OPPO untuk pertama kali menyematkan sensor infra merah di seri Reno pada bagian atas handphone untuk mengatur perangkat yang kompatibel secara jarak jauh seperti AC atau TV.

Layar

OPPO Reno10 Pro+ 5G

Melengkapi desain bodi belakang yang melengkung, layar Reno10 Pro+ 5G juga tampil dengan bezel yang tipis dan lengkungan di kedua sisinya. Layar berukuran 6,74″ ini mengusung teknologi AMOLED dengan resolusi 2.772 x 1.240 piksel, kecerahan hingga 1.400 nits, dan dukungan HDR10+ serta 100% DCI-P3.

Dengan spesifikasi tersebut, layarnya mampu menghasilkan tampilan yang memukau mata dan cerah di berbagai situasi. Selain itu terdapat dukungan refresh rate 120Hz yang dapat secara otomatis disesuaikan refresh ratenya tergantung situasi.

Uniknya layar Reno10 Pro+ 5G menggunakan pelindung layar AGC Dragontrail Star 2 yang mana tidak sepopuler pelindung layar buatan Corning. Namun begitu OPPO mengklaim pelindung layar ini memiliki ketahanan jatuh 20% lebih baik dibandingkan Gorilla Glass 5.

Sebagai perlindungan layar tambahan, OPPO juga sudah menyematkan pelindung layar plastik di atas layar Reno10 Pro+ 5G. Pelindung layar bawaan ini terasa memiliki kualitas yang tinggi karena setelah beberapa minggu saya gunakan tidak terlihat ada bagian yang terbaret dan di tangan pun terasa halus pelindungnya.

Menemani layarnya, di dalam Reno10 Pro+ 5G terdapat speaker stereo yang mampu mengeluarkan audio dengan volume tinggi. Berkat ini menikmati konten film menjadi semakin memuaskan. Di dalam layar handphone ini juga terdapat pemindai sidik jari optikal untuk mempermudah dalam membuka kunci handphone tanpa perlu repot-repot memasukkan PIN.

Performa

OPPO Reno10 Pro+ 5G

Reno10 Pro+ 5G menggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 untuk dapur pacunya. Chipset kelas flagship ini walaupun dirilis tahun lalu namun performanya masih sangat kencang di tahun 2023 ini. Ditambah lagi chipsetnya dikombinasikan dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 12GB dan penyimpanan internal UFS3.1 256GB.

Kapasitas RAM di handphone ini bisa ditambah secara virtual hingga menjadi total 24 GB, angka yang sangat besar untuk sebuah handphone. Kapasitas RAM bawaan handphone ini sendiri sebetulnya sudah lebih dari cukup menurut saya

Selama penggunaan, performa Reno10 Pro+ 5G terasa kencang baik itu ketika menjalankan berbagai aplikasi produktivitas maupun bermain game. Belum pernah saya merasakan lag yang berarti selama penggunaan handphone ini.

Game PUBG Mobile bisa saya mainkan dengan lancar pada setelan grafis Ultra HD dan frame rate Extreme di mana rata-rata FPS berada di angka 40. Untuk game Mobile Legends, handphone ini mampu memainkannya di setelan grafis Ultra dan refresh rate High dengan FPS stabil di 60.

Untuk game lebih berat sekelas Genshin Impact, Reno10 Pro+ 5G mampu melibasnya di setelan grafis Highest dengan rata-rata FPS di kisaran 30. Performa yang lancar ini tidak mengejutkan melihat spesifikasi yang diusung oleh Reno10 Pro+ 5G.

Agar mengetahui lebih lanjut performa handphone ini, saya menggunakan aplikasi AnTuTu yang mana dihasilkan skor 1.211.119. Sedangkan pada pengetesan menggunakan aplikasi Geekbench menghasilkan skor 1.030 untuk single-core dan 3.221 untuk multi core.

Kamera

OPPO Reno10 Pro+ 5G

Yang menjadi primadona di Reno10 Pro+ 5G adalah kameranya yang mana terdiri dari lensa utama Sony IMX890 50MP, lensa portrait telefoto OV64B 64MP, dan lensa ultra wide Sony IMX355 8MP. Sedangkan untuk kamera depannya menggunakan lensa Sony IMX709 32MP.

Kamera utamanya sendiri mampu merekam foto dengan hasil yang memuaskan baik itu di siang maupun malam hari. Jika diinginkan, hasil foto yang dihasilkan bisa disetel pada resolusi penuh 50MP.

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

Untuk kamera telefotonya dapat melakukan pembesaran optik hingga 3x dan juga pembesaran 6x yang diklaim mampu memberikan zoom optik penuh. Adanya kamera ini menjadi angin segar karena setelah sekian lama OPPO akhirnya kembali menyematkan kamera telefoto di lini Reno mereka.

Menariknya kamera telefoto ini juga digunakan untuk menjepret foto portrait di pembesaran 3x yang mana adalah pilihan bawaan di menu Portrait pada aplikasi kamera.

OPPO Reno8 Pro - Kamera

Zoom 3x

OPPO Reno8 Pro - Kamera

Zoom 6x

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

Telefoto Portrait

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

Telefoto Portrait

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

Telefoto Portrait

Kamera ultrawide di Reno10 Pro+ 5G dapat menjepret foto dengan bidang pandang mencapai 112° sehingga mempermudah dalam memfoto area yang luas tanpa perlu menggunakan fitur kamera tambahan.

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

Ultrawide

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

Ultrawide

OPPO Reno10 Pro+ 5G - Kamera

Ultrawide

Beralih ke kamera depannya, Reno10 Pro+ 5G dapat menghasilkan foto selfie dengan kualitas yang tak kalah memuaskan dengan detail wajah yang terekam dengan baik dan efek bokeh yang rapih.

OPPO Reno8 Pro - Kamera Selfie

OPPO Reno8 Pro - Kamera Selfie

Soal perekaman video, Reno10 Pro+ 5G dapat merekam hingga kualitas 4K di 60FPS menggunakan kamera utamanya. Sedangkan jika menggunakan kamera depan hanya bisa di resolusi 1080p dengan 30FPS.

Menariknya untuk kamera utama terdapat fitur Ultra Steady untuk menstabilkan video lebih baik ketika sedang bergerak. Untuk kamera depannya juga sebetulnya ada fitur stabilisasi melalui Steady walau tidak sebaik kamera utamanya

Baterai

OPPO Reno10 Pro+ 5G

Sebagai sumber daya Reno10 Pro+ 5G terdapat baterai berkapasitas 4.700mAh yang mana sejauh ini mampu membuat handphonenya tahan seharian saya gunakan. Biasanya saya mendapatkan screen on time selama sekitar 5 jam dari baterai 100% ke 10%.

Lebih lanjut, Reno10 Pro+ 5G mendapatkan skor 12 jam 23 menit ketika dites menggunakan PCMark dengan setelan kecerahan layar 50%, refresh rate 60Hz, dan baterai dari 100%. Ketika dites di refresh rate otomatis, skornya hanya sedikit berkurang menjadi 12 jam 18 menit.

Yang menarik dari baterai Reno10 Pro+ 5G adalah pengisian dayanya yang sangat cepat berkat teknologi 100W SUPERVOOC Flash Charge. Hanya diperlukan waktu 27 menit ketika saya mengecasnya dari level 10% ke 100%. Dan tidak usah khawatir karena OPPO masih menyediakan charger bawaan yang kompatibel dengan teknologi tersebut dalam boks handphone.

Fitur ini sangat terasa manfaatnya ketika saya sedang berada di luar rumah. Jika baterai sudah mau habis, tinggal saya colok sebentar untuk mendapatkan daya baterai dalam jumlah banyak.

Fitur

OPPO Reno10 Pro+ 5G

Reno10 Pro+ 5G menggunakan sistem operasi ColorOS 13.1 berbasis Andorid 13. Tampilan antarmukanya terlihat menarik dan mudah digunakan. Selain itu OPPO juga menghadirkan berbagai fitur bawaan yang bermanfaat di mana salah satunya adalah IR Remote.

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, Reno10 Pro+ 5G ini memiliki sensor inframerah yang pertama kali OPPO gunakan untuk handphone seri Reno mereka. Dengan menggunakan aplikasi IR Remote, saya bisa dengan mudah mengaktifkan AC di rumah saya.

Selain itu memanfaatkan layar AMOLED-nya, Reno10 Pro+ 5G juga memiliki fitur Always-On Display yang menariknya memiliki fungsi tambahan yakni mengontrol aplikasi Spotify yang sedang diputar langsung dari tampilan Always-On Display.

Fitur menarik lain adalah Auto Pixelate di mana hasil tangkapan screenshot dapat diblur informasi personal yang ada seperti foto profil dan nama secara otomatis sehingga dapat dibagikan dengan lebih cepat dan aman.

Kesimpulan

OPPO Reno10 Pro+ 5G

OPPO Reno10 Pro+ 5G sebagai model teratas dari seri Reno10 menurut saya adalah handphone Reno terbaik hingga saat ini. Peningkatan yang dihadirkan pun tergolong cukup signifikan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Kamera yang diusungnya mampu menghasilkan foto yang memuaskan di berbagai situasi dan di semua lensanya. Performanya pun sangat gegas dan pengisian daya baterainya super cepat.

Reno10 Pro+ 5G ini menawarkan keunggulan yang merata di berbagai sektor baik itu desain, kamera, layar, performa, dan juga baterai. Yang menurut saya bisa ditingkatkan dari handphone ini adalah pelindung layar generasi lebih baru dan juga sertifikasi IP rating agar handphonenya lebih tahan air seperti yang sudah umum ditemukan pada handphone jaman sekarang di kelasnya.

Harga dan Spesifikasi OPPO Reno10 Pro+ 5G

Dimensi & Berat162,9 x 74 x 8,28 mm; 194g
WarnaGlossy Purple, Silvery Gray
LayarAMOLED 6,74″ 2.772 x 1.240 piksel, HDR10+, 100% DCI-P3, 1400nit (HDR)
Refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240Hz, dimming 1.440Hz PWM, AGC Dragontrail Star 2
Sistem OperasiColorOS 13.1 (Android 13)
Memori RAM LPDDR5 12GB
Penyimpanan internal UFS 3.1 256GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
Kamera BelakangUtama: 50MP Sony IMX890, f1.8, 1/1.56″, OIS
Telefoto: 64MP OV68B, f2.5, 1/2″, zoom optik 3x, in-sensor zoom 6x
Ultrawide: 8MP Sony IMX355, f/2.2, 1/4″, FOV 112°
Kamera Depan32MP Sony IMX709, f/2.4, 1/2.74″
Baterai4.700mAh, 100W SUPERVOOC Flash Charge
Konektivitas5G, LTE, Wi-Fi 6, NFC, Bluetooth 5.3
KonektorUSB Type-C
SensorInduksi geomagnetik, induksi cahaya, sensor jarak, sensor cahaya, sensor akselerasi, sensor gravitasi, giroskop, sensor temperatur warna, infrared, NFC, pemindai sidik jari optik bawah layar
GPSGPS, GLONASS, BDS, Galileo, QZSS
SpeakerSpeaker stereo
Fiturn/a
HargaRp10.999.000
ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar