ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi

Ini 5 Aplikasi Kasir Gratis yang Bisa Dicoba Untuk Bantu Usaha

Aplikasi Kasir Gratis Header[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Kamu yang baru merintis usaha mikro maupun kecil mungkin membutuhkan berbagai perlengkapan yang murah dan gratis.

Mencari aplikasi kasir gratis merupakan salah satu solusi dalam mengelola data ketika melakukan penjualan produk agar bisa mendapatkan laporan setiap harinya sehingga membuat usaha menjadi sistematis.

Selain itu, biasanya aplikasi kasir juga dapat dihubungkan dengan Printer Thermal sehingga bisa memudahkan untuk mencetak setruk pembayaran untuk pembelian produk yang dijual.

1. Kasir Pintar

Kasir Pintar

Kasir Pintar merupakan salah satu aplikasi kasir atau POS (Point of Sales) gratis yang dapat dimanfaatkan untuk transaksi dan laporan penjualan. Aplikasi yang satu ini sudah digunakan lebih dari 1 juta pengguna yang bergerak di bidang F&B (Food & Beverage), jasa, online shop, retail, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga memiliki tampilan barang saat transaksi yang mudah, pengguna bisa memberikan pesanan tambahan (add-on) ketika dibutuhkan, pengiriman setruk dapat dilakukan via WhatsApp serta email, menerima pembayaran cashless dengan QRIS, dan lainnya.

Tentunya aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan printer thermal secara mudah. Sementara itu, penggunanya juga dapat melihat performa bisnis secara umum dengan Laporan Umum, dapat menyimpan database barang hingga 1.000 item, dan lainnya.

Penggunanya juga dapat menggunakan Excel untuk mengimpor data barang sekaligus, membuat harga berbeda di masing-masing barang dengan tipe harga barang, dan lainnya. Aplikasi yang satu ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Sementara jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap lagi dapat berlangganan dan mengunduh Kasir Pintar Pro.

2. NUTAPOS

NUTAPOS

NUTAPOS merupakan aplikasi kasir online untuk bisnis kuliner yang diklaim pengembangnya dapat mempercepat dan mempermudah pembukuan bisnis kuliner Indonesia.  Utamanya produk ini dapat memberikan kemudahan untuk mencatat pesanan dan penjualan di kasir.

Sementara itu, penggunanya juga dapat lebih mudah dalam membuat laporan penjualan, laporan keuangan, laporan stok, mudah memantau kondisi bisnis semua outlet yang pada akhirnya memudahkan dalam pengambilan keputusan bisnis, dan dapat menghemat biaya jasa pembukuan hingga 70%.

NUTAPOS juga dapat dimanfaatkan untuk mencatat pembayaran tunai, kartu, QRIS, maupun transfer. Pengguna juga dapat mencatat uang operasional Perusahaan, melihat laporan bisnis secara online dengan handphone, mengakomodasi bisnis multioutlet, mencetak setruk belanja, dan lainnya. Kamu yang ingin mengunduhnya dapat mengunjungi Google Play Store.

3. Kasirini

Kasirini

Bagi kamu yang baru merintis usaha mungkin dapat mencoba aplikasi Kasirini yang menyediakan berbagai keperluan dalam sistem penjualan dengan beragam fitur untuk penjualan, pencatatan, pembukuan, POS, laporan, dan wirausaha dalam satu aplikasi.

Pengguna dapat dengan mudah memeriksa serta mengubah data, melihat laporan secara real time, dan membantu untuk meningkatkan penjualan produk. Pengembangnya mengklaim bahwa aplikasi ini mengutamakan kecepatan, kestabilan, kenyamanan, dan keamanan.

Pengguna dapat melakukan transaksi lebih cepat hingga 50% dibandingkan dengan sistem lain. Kasirini bisa digunakan untuk berbagai usaha seperti warung, toko kelontong, minimarket, online shop, makanan serta minuman, fashion, alat elektronik, kecantikan, kesehatan, dan masih banyak lagi. Kamu yang tertarik dengan aplikasi ini dapat mengunduhnya melalui Google Play Store.

4. Griyo Pos

Griyo Pos

Kamu yang sedang mencari aplikasi kasir gratis pun bisa melirik Griyo Pos sebagai salah satu pilihnya karena dapat memudahkan untuk melakukan pencatatan transaksi penjualan serta pembayaran, pengeluaran, hutang ke pemasok, arus kas, pengelolaan stok barang, hingga laporan serta statisik penjualan.

Aplikasi ini bersifat offline atau standalone sehingga tanpa koneksi internet pun masih bisa digunakan untuk usaha dengan lancar. Selain itu, pengguna tidak perlu direpotkan registrasi ke server melalui email dan tidak perlu keluar biaya berlangganan bulanan.

Nantinya semua data transaksi disimpan di ponsel atau tablet dan bisa dicadangkan untuk disimpan di tempat lain seperti Google Drive, OneDrive, dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengunjungi Google Play Store untuk mengunduh aplikasi ini.

5. Posy

Posy

Aplikasi kasir Posy diklaim bisa menjadi solusi lengkap kasir atau Point of Sale (POS) online yang terjangkau dan mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya di manapun dan kapanpun.

Posy mendukung pelacakan penjualan, menerima transaksi dengan berbagai metode pembayaran, mengelola produk tanpa batasan, memberikan setruk digital atau cetak untuk pelanggan, memantau inventori produk secara real time, melihat riwayat penjualan lengkap, dan masih banyak lagi.

Aplikasi sendiri dapat digunakan melalui smartphone atau tablet. Pengguna pun dapat menyambungkannya dengan printer resi, barcode scanner, dan cash drawer. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar