ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Aplikasi

4 Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat untuk Melihat Konten Ini

Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat untuk Melihat Konten Ini - Header

Gadgetren – Setiap tautan maupun berkas di dalam perangkat normalnya akan langsung dialihkan ke berbagai macam aplikasi khusus yang mendukung jenis berkas tersebut ketika kita berusaha untuk membukanya.

Namun jika belum ada layanan yang mendukung, berkas maupun tautan kemungkinan tidak akan dapat dibuka. Sistem pun akan memberikan notifikasi bahwa kita belum mempunyai aplikasi yang tepat untuk melihat konten.

Sayangnya dalam beberapa kondisi, notifikasi yang biasanya akan memuat pesan “Anda mungkin tidak memiliki aplikasi yang tepat untuk melihat konten ini” itu bisa muncul juga sebagai kesalahan. Error kadang-kadang dapat terjadi meski kita mempunyai layanan untuk membuka tautan atau berkas terkait.

Hal tersebut mirip dengan masalah yang muncul beberapa waktu belakangan. Ada sejumlah pengguna WhatsApp dan Telegram yang mengeluhkan bahwa mereka menjumpai notifikasi itu ketika ingin membuka tautan atau berkas yang dilampirkan dalam halaman chat.

Penyebab dari masalah ini tentu sangat beragam di mana setiap kasus mungkin bisa berbeda dari yang lain. Pertanyaannya, apakah ada cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya?

1. Restart Perangkat

Masalah berkas atau tautan yang tidak bisa terbuka tentu mempunyai solusi walaupun berbeda-beda untuk setiap kasus tergantung penyebabnya. Salah satu yang bisa dicoba dengan restart atau memuat ulang perangkat.

Seperti apa yang kita tahu bersama, masalah pada sebuah ponsel pintar di mana umumnya termasuk berkas atau tautan yang tidak bisa dibuka juga bisa terjadi akibat kesalahan sistem. Melakukan restart perangkat pun bisa menjadi solusi mudah ketika hal tersebut terjadi.

Dengan restart perangkat, sistem akan mengulang sejumlah proses yang diperlukan dari awal, menutup aplikasi yang tidak diperlukan, hingga membatalkan tugas yang perlu dikerjakan. Jadi sistem yang dijalankan oleh perangkat tersebut akan lebih segar menangani perintah baru.

2. Reset Preferensi Aplikasi

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Buka bagian Apps atau Manage Apps.
    Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tidak untuk Melihat Konten Ini - 1
  • Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Reset app preferences.
    Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tidak untuk Melihat Konten Ini - 2
  • Ketuk Reset apps untuk mengonfirmasi.
    Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat untuk Melihat Konten Ini - 3

Konten dari WhatsApp atau Telegram tidak terbuka meskipun kita sudah mempunyai layanan yang tepat juga bisa terjadi akibat ketidaksesuaian preferensi aplikasi. Hal ini pun bisa diatasi dengan mengatur ulang setelannya supaya kembali seperti awal. Jadinya nanti kamu perlu memilih ulang aplikasi apa yang dapat membukanya.

Setiap model perangkat hanya saja mempunyai pengaturan yang berbeda tergantung antarmuka sistem dan versinya. Namun kurang lebih, kita bisa mengikuti langkah di atas untuk reset setelan preferensi aplikasi pada ponsel karena biasanya terletak pada halaman aplikasi atau bersama opsi reset lainnya.

3. Update Aplikasi

  • Buka Google Play Store.
  • Ketuk foto avatar di pojok kanan atas.
    Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat untuk Melihat Konten Ini - 4
  • Pilih menu Manage app & device.
    Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat untuk Melihat Konten Ini - 5
  • Ketuk Update all pada bagian Update available.
    Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat untuk Melihat Konten Ini - 6
  • Jika belum muncul, ketuk All apps up to date.
    Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat untuk Melihat Konten Ini - 7
  • Klik Check for updates.
    Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat untuk Melihat Konten Ini - 8
  • Pilih Update all.

Aplikasi yang sudah usang juga bisa menyebabkan beberapa masalah ketika ponsel digunakan. Selain sudah tidak sesuai dengan data-data terbaru, hal ini juga bisa terjadi karena ada sebuah bug dalam pengembangan atau tidak cocok dengan sistem.

Memperbarui semua aplikasi di perangkat memang sangat penting. Mulai dari fitur baru, perbaikan bug, hingga tambalan untuk menutup celah keamanan soalnya secara umum hanya tersedia pada versi mutakhir.

Jadi alangkah baiknya untuk selalu memastikan seluruh aplikasi yang terpasang di perangkat khususnya yang sering digunakan sudah menggunakan versi terbaru untuk menghindari hal-hal atau permasalahan yang tidak diduga.

4. Hapus Aplikasi Penyebab Masalah

Munculnya peringatan “Anda mungkin tidak memiliki aplikasi yang tepat untuk melihat konten ini” juga bisa terjadi karena ada sebuah layanan bermasalah. Menghapusnya sementara waktu tentu bisa menjadi solusi apabila belum ada perbaikan maupun pembaruan.

Misalnya pada kasus terakhir sebelum artikel ini diterbitkan, masalah tautan dan berkas yang tidak bisa terbuka dari layanan WhatsApp bisa diatasi dengan menghapus DANA. Beberapa orang juga berhasil menyelesaikannya dengan memperbarui aplikasi itu.

Tentunya solusi yang satu ini lebih sulit untuk dilakukan karena harus mengetahui aplikasi mana yang bermasalah. Namun kamu bisa coba dengan menghapus aplikasi terakhir yang dipasang atau mendapatkan update karena bisa menjadi sumber penyebab konflik.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar