ASUS TUF Gaming FX507
Berita Wearable

Aplikasi WhatsApp Kini Tersedia di Smartwatch dengan Wear OS 3 ke Atas

Aplikasi WhatsApp Kini Tersedia di Smartwatch dengan Wear OS 3 ke Atas

Gadgetren – CEO Meta, Mark Zuckerberg, secara resmi telah mengumumkan bahwa aplikasi WhatsApp sudah bisa dicoba pada perangkat wearable atau smartwatch yang menggunakan sistem operasi Wear OS 3 ke atas.

Sebelumnya dukungan WhatsApp pada perangkat Wear OS hanya bisa untuk melihat notifikasi saja untuk sekadar mengetahui chat masuk, dan menerima atau menolak panggilan telepon dan video. 

Kini hadirnya aplikasi WhatsApp untuk perangkat Wear OS semakin menawarkan kelebihan yang mana pengguna smartwatch dengan Wear OS 3 ke atas bisa melakukan komunikasi seperti membalas pesan, melakukan percakapan pada panggilan telepon dan video.

Bahkan dengan aplikasi WhatsApp pada Wear Os 3 ke atas, pengguna bisa memadukan mengirim pesan dengan emoji selain menulis teks. Bisa dibilang pihak Meta sangat pas menghadirkan ketersediaan WhatsApp pada perangkat wearable dengan Wear OS 3 ke atas ini. 

Pasalnya minggu depan pihak Samsung akan menggelar perhelatan teknologi besarnya bertajuk Galaxy Unpacked pada tanggal 26 Juli 2023 yang secara spesial akan dilaksanakan di Korea Selatan.

Rumor yang beredar pada Galaxy Unpacked yang digelar Samsung minggu depan, kabarnya akan hadir generasi baru seri Galaxy Watch yakni Galaxy Watch 6 dan Galaxy Watch 6 Classic.  Kemungkinannya perangkat tersebut akan menggunakan dukungan sistem operasi terbaru yakni Wear OS 4 yang mana juga kompatibel dengan aplikasi WhatsApp.

Hal tersebut pun diperkirakan akan menjadi menjadi debut pertama Wear OS 4 pada perangkat seri Galaxy Watch 6 layaknya pada waktu silam melalui seri Galaxy Watch 4 yang mengeluarkan Wear OS 3 pertama kali.

Samsung Galaxy Watch5

Sebagai tambahan informasi, WhatsApp untuk perangkat wearable dengan Wear OS 3 ke atas ini dibuat khusus secara mandiri (standalone) oleh pihak Google yang dimulai perkenalannya pada saat ajang teknologi Google I/O. Setelah melalui beberapa kali pengujian akhirnya WhatsApp untuk Wear OS 3 ke atas sudah bisa dinikmati pengguna Galaxy Watch 4 dan 5.  

Selain pada kedua perangkat tersebut, WhatsApp dengan Wear OS ke atas juga sudah tersedia pada jam tangan pintar lainnya yang kompatibel seperti Pixel Watch, TicWatch Pro 5, termasuk juga jam tangan dari Fossil, Montblanc, dan brand lainnya.

Penggunaan WhatsApp pada jam tangan pintar yang kompatibel ini pun tak sembarang yang mana  harus mendukung jaringan LTE pada perangkat dengan Wear OS 3 ke atas sehingga membuatnya memungkinkan dapat menulis teks, emoji, berkomunikasi dalam panggilan telepon atau video tanpa harus berada di dekat handphone.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar