ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Google Hadirkan Fitur-Fitur Baru Untuk Sistem Operasi Android dan Wear OS

Google-MWC-Fitur-Baru-Android-dan-Wear-OS

Gadgetren – Dalam perhelatan MWC 2023, Google ikut serta memperkenalkan beragam fitur-fitur barunya untuk sistem operasi Android dan Wear OS.

Melalui keterangan resminya, Google mengungkapkan bahwa peningkatan yang dibawa akan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk produktivitas, konektivitas, aksesibilitas hingga koneksi antar perangkat lain.

Oleh karenanya dalam pengumumannya ini, Google turut menghadirkan fitur baru di Android dan Wear OS yang juga akan berhubungan dengan perangkat yang mendukung.

Adapun fitur-fitur baru yang akan segera hadir di sistem operasi Android dan Wear OS meliputi widget Google Keep, peningkatan audio pada Google Meet dan Fast Pairing, Emoji Kitchen, animasi baru Google Wallet, Google Chrome diperbesar hingga 300%, dan Wear OS 3+.

Widget Google Keep

Google-Keep-Widget

Pada perangkat Android, pengguna akan bisa mengelola widget yang berhubungan dengan note atau catatan melalui Home Screen yang terhubung ke akun Gmail mereka. Google menyebut fitur baru ini bernama Google Keep yang tersedia dengan widget khusus.

Dengan widget Google Keep, pengguna bisa menyematkan atau pin catatan, daftar to do list atau tugas, pengingat atau reminder, mengubah warna latar belakang, hingga gambar untuk ditambahkan ke note. Fitur widget Google Keep juga mampu terhubung ke jam tangan pintar dengan Wear OS di mana pengguna bisa melihat catatan pada widget di Home Screen ke layar Wear OS.

Peningkatan Audio

Google-Pairing

Selain widget Google Keep, perangkat Android juga kini bakal mampu menghadirkan peredam bising ketika pengguna menggunakan aplikasi Google Meet yang mana berguna pada saat video telekonferensi untuk keperluan rapat dan belajar dari rumah.

Berkat fitur peredam bising di Google Meet pada perangkat Android, pengguna akan bisa menghasilkan suara dengan jernih dan jelas meskipun di sekitarnya berisik dari suara kendaraan atau keramaian orang. Fitur lainnya yang diberikan adalah Fast Pairing yang memungkinkan perangkat audio Bluetooth yang digunakan pada ponsel Android bisa terhubung laptop Chromebook.

Emoji Kitchen

Emoji-Kitchen

Tak lengkap jika pembaruan tidak memberikan interaksi baru untuk penggunaan emoji. Nah Google pun turut membawa emoji baru disebut Emoji Kitchen yang memungkinkan pengguna bisa menggabungkan atau remix emoji menjadi stiker dengan GBoard dan membagikannya ke teman lewat aplikasi pesan, media sosial, maupun lainnya.

Animasi Baru Google Wallet

 Animasi-Pinguin

Pada sistem pembayaran Google Wallet, pembaruan juga turut hadir melalui animasi seru berupa pinguin memakan ikan yang akan membuat pengguna bisa melihat tampilan animasi ketika selesai bertransaksi menggunakan sistem pembayaran ini.

Chrome Perbesar Hingga 300%

Android-Page-Zoom-Google

Ketika berselancar di internet menggunakan browser Chrome, Google memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin bisa membaca teks dalam bentuk yang lebih jelas berkat ukuran konten yang bisa diperbesar sendiri. Semua konten di dalam Chrome seperti gambar, teks, video, dan lainnya bisa diperbesar hingga 300%.

Fitur perbesar hingga 300% sudah bisa dicoba melalui menu Pengaturan Chrome dan menu Aksesibilitas yang mana akan tersedia dalam versi final bulan Maret 2023 mendatang. Sementara itu pada Wear OS 3+ terdapat dua mode baru berupa mode koreksi warna dan mode grayscale. 

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar