Berita

Apa itu FUP yang Sering Diberlakukan Oleh Operator?

apa itu fup Header

Gadgetren – Kini internet sangat populer digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia, karena menawarkan beragam informasi dan fungsi-fungsi yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari.

Bahkan melalui internet pun memungkinkan pengguna laptop maupun smartphone dapat berinteraksi dengan orang lain dimanapun maupun kapanpun. Bisa dibilang internet sendiri mendapatkan julukan mendekatkan yang jauh.

Untuk melakukan percakapan, panggilan, maupun video call pun bisa menggunakan aplikasi perpesanan (messaging) maupun jejaring sosial hanya menggunakan koneksi internet saja. Selain cepat, Gadgeter pun hanya dibebani dengan kuota Internet saja dan bukan pulsa.

Menariknya, kini sudah banyak provider atau operator di Indonesia menawarkan paket Internet yang kencang, memiliki kuota besar, dan memiliki harga terjangkau sehingga membuat pengguna smartphone, tablet, laptop, PC, Macbook, iPad, iPhone, maupun iMac tidak was-was dengan tagihan yang membengkak seperti beberapa tahun silam.

Selain sistem yang memiliki kuota internet, terkadang beberapa provider pun menawarkan paket Unlimited dengan kuota tak terbatas hingga masa aktifnya habis. Namun sebenarnya Gadgeter perlu mengetahui bahwa paket Unlimited biasanya memiliki FUP.

Apa Itu FUP Sebenarnya?

FUP adalah kependekan dari Fair Usage Policy yang merupakan batas pemakaian wajar dari paket Internet yang dibeli oleh penggunanya. Batas pemakaian wajar ini sebenarnya dimaksudkan operator untuk membatasi pemakaian kuota Internet yang berlebih oleh pelanggan Internet.

Contohnya operator akan menawarkan paket Unlimited dengan FUP mencapai 75 GB dalam 1 bulan, dimana setelah Gadgeter menggunakan paket internet hingga 75 GB dalam masa aktif 1 bulan maka kecepatan internetnya akan menurun drastis.

Misalnya saja kecepatan internet biasanya mencapai 4 Mbps hingga 10 Mbps, namun setelah Gadgeter mengakses internet hingga kuota lebih dari 75 GB maka kecepatannya akan menurun secara drastis mencapai 75 Kbps hingga 250 Kbps.

Tentu saja hal ini akan sangat miris apabila Gadgeter merupakan salah satu pengguna kuota internet yang sangat boros. Untuk itu, bagi Gadgeter yang menggunakan paket Unlimited maka dapat melihat dulu peraturan FUP yang tersedia ketika akan membelinya karena ini akan menentukan kualitas dari paket tersebut.

Namun apabila Gadgeter hanya menggunakan kuota Internet yang lebih sedikit maka dapat mencoba membeli paket Internet dengan sistem kuota karena harganya akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan paket Unlimited.

Leave a Comment