ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan realme 11 Pro 5G – Apa Masih Ada yang Kurang?

Kelebihan dan Kekurangan realme 11 Pro 5G Header

Gadgetren – Menyasar segmen kelas menengah di Indonesia, realme 11 Pro 5G telah meluncur dengan harga dan spesifikasi yang cukup menarik.

realme 11 Pro 5G sudah menggunakan realme UI 4.0 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan sederhana dan ikon intuitif sehingga memudahkan penggunanya dalam melakukan navigasi ponsel.

Sesuai dengan nama serinya, realme 11 Pro 5G sudah mendukung jaringan 5G dengan kecepatan download hingga 2,77 Gbps dan upload hingga 1,25 Gbps. Tentunya ada beberapa kelebihan dan kekurangan lain yang perlu diketahui bagi kamu yang ingin meminang ponsel besutan realme ini.

Kelebihan realme 11 Pro 5G

1. Layar Lengkung AMOLED yang Nyaman

Ponsel ini menggunakan layar lengkung dengan lebar 6,7 inci yang seolah-olah membuatnya terlihat hampir tidak memiliki bezel sehingga dapat menampilkan konten dengan area yang lebih luas.

Teknologi AMOLED, HDR10+, dan resolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel) membuat layarnya mampu menampilkan gambar dengan terang serta jernih yang memanjakan mata.

realme 11 Pro Display

Berkat refresh rate 120Hz, layarnya pun dapat menampilkan animasi dengan halus. Terdapat fitur Auto Switch yang secara otomatis dapat mengubah kecepatan refresh rate tergantung dari konten yang sedang ditampilkan.

Tak ketinggalan terdapat fitur X-touch Anti-mistouch Algorithm 2.0 yang membuat sentuhan jari terhadap konten di layar menjadi tepat dan minim kesalahan.

2. Kinerja Lancar Untuk Gaming

Dapur pacu realme 11 Pro 5G dipercayakan pada chipset MediaTek Dimensity 7050 (6nm) Octa-Core 2,6 GHz yang didukung MediaTek HyperEngine agar dapat menjalankan game secara optimal.

Berdasarkan pengujian internal realme, ponsel ini berhasil mendapatkan skor AnTuTu v9 lebih dari 550.000 poin. Terdapat juga fitur Game Boost yang dapat lebih meningkatkan performa ketika menjalankan game.

RAM 12 GB didaulat untuk menangani aktivitas multitasking ditambah dukungan fitur Dynamic RAM Expansion yang dapat meminjam kapasitas kosong hingga 12 GB.

realme 11 Pro 5G - Performance

Penyimpanan internal yang ditawarkan oleh ponsel ini pun bakal terasa lega karena mencapai 256 GB sehingga mampu menampung banyak aplikasi, game, dan file sekaligus.

Terdapat juga HyperSmart Antenna Switching 2.0 dengan fitur Gaming Network dan Wireless Burst 2.0 yang dapat mengoptimalkan jaringan internet agar bermain game jadi lancar dan minim lag.

3. Baterai 5.000mAh dengan 67W SUPERVOOC

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, realme mengklaim bahwa ponsel ini dapat bertahan hingga seharian dalam pemakaian normal. Namun apabila digunakan secara intensif seperti memutar video akan berlangsung 19 jam.

Terdapat fitur 67W SUPERVOOC yang diklaim realme mampu mengisi daya baterai dari kondisi 0% ke 50% hanya dalam waktu 18 menit. Dengan waktu pengisian daya yang singkat, tentunya pengguna tidak perlu terlalu lama menunggu sebelum dapat melanjutkan aktivitas lainnya.

4. Kamera Utama 100 MP yang Detail

realme 11 Pro 5G hadir dengan dukungan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 100 MP dan depth 2 MP. Dengan resolusi sebesar ini, kameranya dapat menghasilkan foto dengan detail dan kualitas bagus.

realme-11-Pro-5G-Sunrise-Beige

Dukungan 2x Zoom dari kamera ponsel ini pun masih dapat menghasilkan foto yang tajam. Terdapat juga OIS (Optical Image Stabilization) yang memungkinkan perekaman video tetap stabil walaupun pengguna sedang berjalan maupun berlari.

Pada mode Street Photography, terdapat beberapa filter menarik untuk mempercantik hasil foto seperti Tranquil, Crisp, dan Cinematic. Fitur Night Mode pun aka membantu dalam menghasilkan foto malam hari yang terang dan minim noise.

Sementara kamera depan 16 MP dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto selfie hingga Face Unlock. Kamera depannya juga dapat merekam video Full HD (1080p) 30fps.

5. Desain Menawan

Bekerja sama dengan desainer terkenal Matteo Menotto, realme 11 Pro 5G varian warna Sunrise Beige hadir dengan bodi belakang yang memiliki desain kulit sehingga terlihat menawan dan tidak licin.

Pada bagian tengahnya terdapat tekstur anyaman 3D yang membuatnya tampak terlihat gaya. Sementara untuk varian warna Astral Black menggunakan bahan polikarbonat dengan warna hitam gelap yang membuatnya terlihat kalem.

realme 11 Pro Back Design

Terinspirasi kamera klasik, terdapat lingkaran besar pada bodi belakangnya yang digunakan untuk memuat kamera utama, depth, LED Flash, dan tulisan 100 MP OIS Camera untuk menonjolkan kemampuan kamera dari ponsel ini.

6. Fitur-Fitur Lengkap

Produk ini hadir dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi digital, membayar atau mengecek saldo kartu e-money, dan transfer data di realme 11 Pro 5G.

Sensor fingerprint yang ada di dalam layar ponsel ini dapat mendeteksi sidik jari dengan responsif sehingga memudahkan pembukaan layar secara cepat tanpa perlu menggunakan Password, PIN, atau Pattern.

Dua speaker dengan teknologi Dolby Atmos mampu menghadirkan suara stereo yang lantang dan lebih hidup untuk konten film, game, maupun lagu.

Kekurangan realme 11 Pro 5G

1. Tidak Adanya Kamera Ultrawide

Meskipun memiliki kamera utama yang sangat besar, namun realme 11 Pro 5G belum dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal kamera jenis ini sudah menjadi hal yang wajib ada pada ponsel di kisaran harga Rp5 juta ke atas.

realme 11 Pro 5G - Cameraz

Kamera ultrawide sendiri memungkinkan pengambilan foto dengan area luas secara mudah sehingga tidak perlu repot untuk menggunakan mode Panorama Apalagi pada beberapa ponsel, kamera ultrawide juga dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto makro dengan kualitas yang lebih baik.

2. Absennya Port Jack Audio 3,5mm

Mungkin bagi sebagian orang absennya port jack audio 3,5mm merupakan salah satu hal yang merepotkan karena tidak dapat menghubungkan earphone atau headphone miliknya.

Mau tidak mau pengguna harus menggunakan adapter ke USB Type-C jika perangkat audio tersebut masih menggunakan port jack audio 3,5mm. Alternatifnya lainnya dengan menggunakan perangkat audio nirkabel lewat koneksi Bluetooth yang mana berarti harus membeli lagi.

realme 11 Pro 5G - Black edition

3. Tidak Memiliki Slot microSD

Dengan memiliki penyimpanan internal yang, realme percaya diri tidak menghadirkan slot microSD pada realme 11 Pro 5G. Padahal dengan kamera yang juga punya resolusi besar, tentunya file yang dihasilkan tidak lah kecil.

Oleh karena itu nantinya file foto maupun video yang dihasilkan oleh kamera utama ponsel bakal membuat kapasitas penyimpanan internalnya cepat penuh sehingga perlu selalu memperhatikan sisa penyimpanan yang tersedia.

4. Belum memiliki IP Rating

Dengan harga Rp5 jutaan, realme 11 Pro belum memiliki sertifikasi IP Rating. Padahal pada beberapa ponsel kompetitor di kisaran harga yang sama sudah memiliki sertifikasi seperti IP53, IP54, IP64, maupun IP65.

Untuk IP53 dan IP54 mengartikan ponsel sudah terlindung dari debu dan cipratan air. Sementara IP64 berarti tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1 meter dalam waktu maksimal 30 menit. Sementara IP65 akan tahan debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu puncak 30 menit.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar