ASUS ROG G22CH
Tips dan Trik Handphone

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP realme Menjadi Lega Kembali

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP realme Header

Gadgetren – Ponsel realme masa kini rata-rata sudah menghadirkan penyimpanan internal yang berkapasitas besar baik untuk segmen kelas bawah hingga atas.

Meskipun begitu tetap saja ada kalanya aplikasi maupun data jadi menumpuk setelah lama digunakan sehingga membuat kapasitas penyimpanan internal menjadi penuh.

Tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja ponsel, aplikasi bermasalah, munculnya notifikasi kehabisan kapasitas, dan lainnya yang mengganggu penggunaan.

Kamu yang ingin membersihkan ruang penyimpanan ponsel realme agar kembali lebih lega untungnya dapat dengan mudah melakukannya.

1. Hapus Data Tidak Penting Melalui Phone Manager

  • Buka aplikasi Phone Manager.
  • Pilih opsi Clean up Storage.
  • Sistem akan memindai dan mencari data yang tidak penting.
  • Setelah semua data dipindai, tekan tombol Clean.
  • Di akhir kamu akan diperlihatkan ukuran data yang dihapus. Misalnya 1.81 GB Cleared

Phone Manager merupakan salah satu aplikasi lengkap yang disediakan oleh realme untuk menghapus data-data yang tidak penting, memindai virus atau malware, melakukan pengujian kesehatan dari ponsel, memantau penggunaan data internet, hingga melihat aplikasi pembayaran apa saja yang terlindung oleh realme.

2. Hapus Cache Aplikasi

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu Apps.
  • Tekan opsi App management.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin dihapus cache.
  • Pilih opsi Storage Usage.
  • Tekan tombol Clear Cache.

Bisa dibilang cache juga merupakan salah satu berkas yang biasanya dibuat oleh aplikasi agar dapat berjalan lebih lancar ketika diakses kembali. Namun semakin lama pastinya cache akan menumpuk dan memakan kapasitas penyimpanan internal, khususnya pada aplikasi media sosial.

Oleh karena itu kamu sebaiknya secara rutin menghapus cache dari aplikasi yang dirasa sudah terlalu besa. Untuk menghapusnya pun cukup mudah, dimana kamu hanya perlu mengunjungi halaman App Management di ponsel realme.

3. Hapus File Tidak Dibutuhkan

Terkadang ada beberapa foto, video, lagu, maupun berkas lainnya yang sangat disayangkan untuk dihapus. Namun hal tersebut justru membuat kapasitas penyimpanan internal di ponsel realme semakin menipis.

Mau tidak mau kamu perlu memindahkan berkas tersebut ke penyimpanan lain jika ingin masih menyimpannya. Namun apabila dirasa memang sudah tidak lagi penting, maka sebaiknya dihapus saja.

Kamu pun bisa menghapusnya lewat aplikasi Photos jika berupa video dan foto. Sementara untuk berkas lainnya bisa kamu temukan melalui aplikasi My Files.

4. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Semakin banyaknya aplikasi yang dipasang tentu akan membebani ruang penyimpanan dari ponsel realme. Jika ada aplikasi yang jarang atau tidak terpakai, maka bisa kamu hapus untuk melegakan kembali kapasitas penyimpanan.

Apalagi aplikasi yang terbengkalai karena tidak terlalu dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari bisa malah membuat kinerja ponsel melambat karena tetap berjalan di latar.

Kamu pun bisa menahan lama ikon dari aplikasi yang ingin dihapus pada Home Screen lalu tekan tombol Uninstall. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Google Play Store untuk melihat daftar aplikasi apa saja yang terpasang.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar