ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan realme C53 NFC – Desain Modern dengan Pengisian Cepat

realme C53 Feature

Gadgetren – Dibanderol dengan harga Rp2.099.000, realme C53 NFC ikut memeriahkan segmen ponsel entry-level di Indonesia.

realme C53 NFC hadir dengan dukungan baterai berkapasitas besar yang diklaim realme mampu bertahan lama. Sementara fitur pengisian daya cepat pun turut dihadirkan pada ponsel yang satu ini.

Dari label serinya saja, ponsel yang satu ini sudah didukung fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi digital, mengecek atau mengisia saldo e-money, hingga transfer data.

Kelebihan realme C53 NFC

1. Desain Menarik

realme-C53-NFC-warna-emas

realme C53 NFC hadir dengan desain menarik pada bagian belakangnya terlihat bersinar dengan dibalut warna Champion Gold karena menggunakan proses pelapisan gradasi sutera emas dengan ketebalan lapisan 400nm dan menghasilkan efek tekstur emas mengkilap ketika terkena pantulan cahaya.

Bahkan warna Champion Gold ini juga akan menghasilkan efek gradasi dari emas, ungu, merah, putih, dan lainnya yang akan berubah-ubah sesuai dengan sudut pandang orang yang melihatnya.

Sementara warna Mighty Black menyajikan gradasi hitam yang kalem ke terang. Terdapat tiga lingkaran besar di bagian belakangnya berupa dua kamera dan satu LED Flash. Sekilas lingkaran tersebut terlihat seperti susunan kamera pada iPhone.

Produk ini menggunakan desain frame datar yang kekinian, namun masih nyaman ketika digenggam tangan. Pada sisi kanan terdapat tombol volume dan power yang disusun secara vertikal.

Sementara pada bagian kanan terdapat slot microSD serta kartu SIM. Beralih ke bagian bawah terdapat speaker, port USB Type-C, dan jack audio 3,5mm.

2. Multitasking Aplikasi Lancar

realme C53 NFC - RAM

Dari sektor dapur pacu, realme C53 NFC sudah dilengkapi dengan chipset Unisoc Tiger T612 (12nm) Octa-core 1,8 GHz yang diklaim mampu menjalankan beragam aplikasi dengan mulus.

Hadirnya RAM 6 GB membantu chipset dalam menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Apalagi terdapat fitur DRE (Dynamic RAM Expansion) yang mampu meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM virtual hingga 6 GB.

Penyimpanan internal yang dihadirkan pun mencapai 128 GB sehingga dapat secara lega menampung banyak aplikasi, game, maupun file sekaligus. Terdapat juga fitur Game Booster yang mampu meningkatkan performa realme C53 NFC ketika game sedang berjalan.

2. Layar 90Hz yang Nyaman

realme C53 NFC - Layar

Untuk membuat pengalaman hiburan kamu menjadi lebih nyaman, layar IPS LCD berukuran 6,74 inci dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dapat mampu menampilkan video maupun game dengan jelas dan luas.

Sementara refresh rate 90Hz mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi game dengan halus. realme C53 NFC hadir dengan dukungan Mini Capsule yang dapat menampilkan animasi mengenai status baterai, pengisian daya baterai, penggunaan data, dan langkah kaki secara menarik.

Mini Capsule sendiri akan menampilkan animasi informasi yang memanjang di sekitar area poni. Misalnya pada saat mengisi daya baterai, maka kamu akan melihat informasi sisa persentase baterai saat ini.

3. Daya Tahan Lama dan Fitur 33W SUPERVOOC

realme C53 33W SUPERVOOC

Hampir sama dengan ponsel entry-level masa kini lainnya, realme C53 NFC sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang diklaim dapat bertahan seharian ketika kamu menggunakannya untuk menikmati hiburan seperti menonton film, memainkan game, atau mendengarkan musik.

Namun perlu dicatat bahwa daya tahan baterai realme C53 NFC akan berbeda-beda tergantung dari kebiasaan masing-masing pengguna. Berkat fitur 33W SUPERVOOC, pengisian daya baterai pun berlangsung karena hanya 31 menit saja dari 0% ke 50%.

4. Kamera Utama Beresolusi Besar

realme C53 Gold

Dari sektor fotografi, realme C53 NFC hadir dengan dua kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50 MP dan depth. Dengan resolusi sebesar itu, lensa utamanya mampu menghasilkan foto yang masih terlihat jelas walaupun dicetak pada media berukuran besar.

Terdapat fitur City Street Filter yang memungkinkan hasil foto memiliki warna yang lebih natural. Dukungan Night Mode pun membuat pengambilan foto malam hari menjadi lebih terang dan minim noise dibandingkan Auto Mode.

Kamera utama ponsel ini juga mampu merekam video Full HD (1080p) 30fps. Sementara kombinasi kamera utama dan depth mampu menghasilkan foto Portrait yang menghadirkan wajah mulus ditambah latar belakang berefek bokeh.

5. Fitur Menarik Lainnya

realme C53 NFC - Ultraboom Speaker

realme C53 NFC didukung teknologi UltraBoom Speaker yang memungkinkan volume speaker dapat diaktifkan hingga 150% sehingga menghasilkan suara yang kencang, terutama pada luar ruangan.

realme UI T Edition berbasiskan Android 13 sudah memiliki tampilan antarmuka yang simpel sehingga mudah untuk dinavigasikan. Pada bagian samping tepatnya pada tombol Power terdapat sensor fingerprint yang dapat merespon sidik jari dengan baik untuk membuka kunci layar lebih cepat.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan tiga slot terpisah yang membuat kamu dapat menyematkan dua kartu SIM sekaligus dengan satu microSD yang memiliki kapasitas hingga 2 TB.

Kekurangan realme C53 NFC

1. Tidak Punya Kamera Ultrawide dan Makro

realme C53 3

Dengan harga yang ditawarkan, realme C53 NFC justru tidak memiliki kamera ultrawide. Padahal ponsel dari kompetitor di segmen yang sama sudah banyak yang menggunakan kamera jenis ini.

Kita ketahui bersama bahwa kamera ultrawide sendiri dapat diandalkan untuk menghasilkan foto dengan area yang luas tanpa perlu repot menggunakan mode Panorama yang harus menggeser kamera secara perlahan dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Kamera makro pun belum disediakan sehingga kamu tidak membidik objek dari jarak dekat.

2. Masih Menggunakan Poni

realme C53 NFC - Poni

Sebagai ponsel yang hadir pada tahun 2023, sayangnya realme C53 NFC masih menggunakan poni pada bagian atasnya. Sementara ponsel lainnya di harga yang sama sudah banyak mengusung desain punch hole.

Apabila realme C53 NFC menggunakan punch hole, desain yang dihadirkan akan terlihat lebih modern dan kekinian. Selain itu, punch hole juga dapat mengurangi bezel pada bagian atas layar.

3. Speaker Mono

realme C53 NFC - Speaker

realme C53 NFC masih menggunakan satu speaker sehingga hanya dapat menghasilkan suara secara mono. Hal ini akan sangat terasa pada saat memainkan game dimana kamu akan sulit membedakan langkah kaki karakter musuh dari arah kiri atau kanan.

Dengan begitu, dua speaker akan bermanfaat karena dapat menghasilkan suara stereo yang independen dari sisi kiri dan kanan sehingga membuat konten menjadi lebih hidup.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar