ASUS ROG G22CH
Berita Laptop / PC

AMD Rilis Prosesor Seri Ryzen Z1, Segera Digunakan di ASUS ROG Ally

AMD-Ryzen-Z1-Series-

Gadgetren – AMD secara resmi telah memperkenalkan prosesor seri Ryzen Z1 yang terdiri Ryzen Z1 dan Ryzen Z1 Extreme yang dikhususkan untuk perangkat konsol gaming handheld. Ryzen Z1 Extreme sendiri akan hadir pertama kalinya di konsol gaming ASUS ROG Ally. 

Konsol gaming handheld tersebut kabarnya akan diluncurkan pada tanggal 11 Mei 2023 mendatang yang secara resmi telah diumumkan oleh ASUS ROG Indonesia melalui media sosial Instagram. Acara peluncurannya tersebut juga bisa disaksikan secara daring lewat kanal YouTube dan Twitch ASUS ROG.

Terkait keunggulan dari prosesor Ryzen seri Z1, pihak AMD mengungkapkan melalui keterangan resminya kepada tim Gadgetren bahwa prosesor khusus ini diklaim menawarkan performa yang tinggi, ketahanan penggunaan daya baterai, dan tampilan visual yang memanjakan mata.

Dibangun menggunakan arsitektur Zen 4, prosesor Ryzen Z1 Extreme dibekali 8 core dan mempunyai thread sebanyak 16. Sedangkan Ryzen Z1 menawarkan 6 core dan memiliki thread sebanyak 14. Keduanya sama-sama mengusung arsitektur grafis bawaan RDNA 3 yang diklaim mampu menghadirkan pengalaman visual game yang mulus dan lancar.

Untuk meningkatkan kinerja frekuensi gambar dan respon cepat sekaligus menghemat masa pakai baterai, prosesor Ryzen seri Z1 juga didukung AMD Software: Adrenalin Edition yang memanfaatkan fitur AMD Radeon Super Resolution, Radeon Chill, Radeon Image Sharpening, hingga AMD Link4.

Prosesor Ryzen seri Z1 juga mendukung teknologi RAM LPDDR5 dan LPDDR5X yang mampu memberikan kinerja cepat dan latensi rendah untuk permainan yang lebih responsif. Selain itu, prosesor Ryzen seri Z1 kompatibel dengan USB4 untuk koneksi antar perangkat yang cepat dan mudah baik untuk penyimpanan dan layar eksternal.

Prosesor khusus konsol gaming handheld ini turut mendukung sistem operasi Windows 11 dan sistem operasi lainnya seperti MacOS, dan Linux. Selain itu pada sistem operasi Windows 11, konsol gaming handheld dengan Ryzen seri Z1 juga mempunyai akses ke ratusan game PC melalui Xbox Game Pass Ultimate.

ASUS-ROG-Ally-playAllYourgames

Roanne Sones selaku Head of Xbox Hardware menyampaikan bahwa di Xbox, pihaknya mengutamakan pemain dengan memberi mereka pilihan pengalaman dan perangkat yang paling sesuai dengan kebutuhan game mereka.

“Dengan Xbox Game Pass Ultimate kami menghadirkan ratusan game ke perangkat baru, termasuk perangkat genggam gaming yang sedang dalam perjalanan, dan sangat senang melihat AMD berinvestasi dalam prosesor baru untuk mengembangkan kategori perangkat ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama,  Shawn Yen selaku Product Management Director of Gaming Business Unit, ASUS mengungkapkan bahwa memiliki pengalaman bermain game yang luar biasa bukan berarti kita harus terikat pada kursi atau pengisi daya.

“Dengan prosesor Seri Ryzen Z1 baru, kami bekerja sama dengan AMD untuk menghadirkan kekuatan, visual, dan efisiensi yang diperlukan untuk memungkinkan pengalaman gaming portabel yang unggul baik saat kamu bepergian, pergi ke kantor, atau sekadar ingin bermain game tanpa kabel,” terangnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar