ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

ASUS ROG Ally Z1 dan Z1 Extreme Resmi Rilis di Indonesia, Ini Harga dan Tanggal Pemesanannya!

ASUS ROG Ally Z1 dan Z1 Extreme Resmi Rilis di Indonesia, Ini Harga dan Tanggal Pemesanannya!

Gadgetren – Setelah meluncur secara global, akhirnya ASUS Republic of Gamers (ROG) secara resmi telah memboyong perangkat gaming handheld pertamanya yang bernama ROG Ally.

Hadirnya gaming handheld ini juga diikuti oleh prosesor Ryzen Z1 dan Z1 Extreme yang sengaja dibuat AMD khusus untuk ROG Ally. Kabar baiknya dukungan dua prosesor tersebut untuk ROG Ally hadir di Indonesia.

ASUS ROG sendiri bary akan membuka program pre order perangkat baru tersebut pada tanggal 27 Juni 2023 mendatang secara daring melalui ASUS Online Store. Namun baru ROG Ally dengan prosesor Z1 Extreme yang bisa lebih dulu dipesan pada tanggal tersebut sedangkan untuk saudaranya dengan prosesor Z1 akan dihadirkan dalam waktu dekat.

Harga ROG Ally dengan prosesor Z1 Extreme dibanderol Rp11.299.000 sementara ROG Ally dengan prosesor Z1 dilepas Rp10.999.000.Gaming handheld ini tersedia hanya dalam satu varian warna saja yakni putih. Setiap pemesanannya juga akan mendapatkan langganan Xbox Game Pass for PC secara gratis selama 3 bulan.

Melalui ROG Ally, pihak ASUS ROG pun telah mendobrak  industri gaming handheld yang mana menghadirkan perangkat berbasis sistem operasi Windows 11 sehingga tak hanya bisa bermain game saja tetapi juga bisa melakukan aktivitas seperti di PC atau komputer.

Berbagai platform game bisa dinikmati pengguna seperti Epic Games, Xbox Game Pass, Steam, Google Play Games, dan masih banyak lagi. Platform game tersebut secara terorganisir akan muncul pada aplikasi  Armoury Crate SE.

ASUS-ROG-Ally-Command-Center

Selain akses langsung ke platform game, Armoury Crate SE juga membantu pengguna bisa lebih jauh mengontrol semua koleksi game mereka termasuk setelan permainan yang diinginkan dan masih banyak lagi.

Performa pacu Z1 Extreme yang mendukung ROG Ally tentunya memberikan performa yang lebih kencang dibandingkan Z1. Adapun Z1 Extreme menawarkan hingga 8.6 Teraflops dengan 8 core dan 16 thread.

Sedangkan prosesor Z1 menawarkan hingga 2.8 Teraflops dengan 6 core dan 12 thread. Kedua prosesor tersebut didukung grafis AMD Radeon yang dilengkapi Radeon Super Resolution (RSR) dan FidelityFX Super Resolution (FSR) yang diklaim mampu menghadirkan performa rate pada game semakin baik.

Prosesor ROG Ally juga dipadukan RAM LPDDR5 berkapasitas 16GB dan penyimpanan SSD PCle NVMe Gen 4 berkapasitas 512GB. Di samping itu mendukung slot microSD UHS-II untuk menambah kapasitas penyimpanan.

 ASUS-ROG-Ally-game-1.

Riandanu Madi Utomo selaku Technical PR ASUS Indonesia mengatakan bahwa sebelum hadirnya ROG Ally, gaming handheld yang ada mampu menyajikan game dengan resolusi  HD pada 25-30 fps dan sekarang ROG Ally dengan Z1 Extreme bisa mencapai resolusi Full HD pada 50-60 fps.

Pada bagian sistem pendinginnya menggunakan heat pipes yang anti gravitasi untuk menghindari perubahan suhu ketika pengguna bermain game berat ditambah dua kipas. Perangkat ini juga memiliki ROG Dust Filter agar debu tidak mudah masuk.

Untuk menjawab kebutuhan penggemar gaming handheld tak lupa pula ASUS ROG memberikan desain ROG Ally dengan bentuk yang ergonomis dengan adanya lekukan di bagian genggaman tangan sehingga pengguna bisa nyaman bermain game.

Selain itu ukuran layar 7″ juga dipilih karena berdasarkan referensi pengguna yang menginginkan gaming handheld dengan bentuk yang ringan dan ringkas sehingga memiliki portabilitas untuk dibawa ke mana pun.

 ASUS-ROG-Ally-Indonesia-1-1

Bobotnya pun sekitar 608 gram dan memiliki kapasitas baterai 40Whr dengan pengisian daya 65W yang disebut bisa diajak bermain game berat dalam kondisi daya penuh hingga 2 jam. Sementara untuk penggunaan menonton film di Netflix dan video YouTube bisa bertahan hingga 6,8 jam.

Mengenai spesifikasi teknisnya, layar 7″ ROG Ally menggunakan panel IPS yang bisa dioperasikan dengan disentuh. Layarnya juga mendukung sRGB 100%, waktu respon 7ms, refresh rate 120Hz, Dolby Vision, dan tingkat kecerahan 500 nit.

Agar tidak mudah tergores, lapisan layarnya juga dilindungi Corning Gorilla Glass Victus dan Gorilla Glass DXC. Soal audio, ASUS ROG pun memberikan dua speaker pada ROG Ally yang dibekali fitur two way Al Noise Cancelation.

Speaker ROG Ally telah tersertifikasi oleh Dolby Atmos dan HiRes Audio sehingga pengguna bisa menikmati permainan dengan suara yang jernih dan surround. ROG Ally turut menggunakan koneksi WiFi 6E sehingga pengguna bisa mengakses video streaming maupun gaming cloud dengan lancar.

ASUS-ROG-Ally-terhubung-ke-TV-dan-joystick-wireless-

Selain bisa digunakan langsung sendiri, ROG Ally mampu terhubung ke televisi pintar dengan port USB Type C pada ROG Ally ke output TV. Kemudian pengguna bisa memainkan game dengan dukungan wireless controller dengan maksimal empat buah.

Bahkan untuk mendapatkan kemampuan gaming yang lebih tinggi, ROG Ally bisa dihubungkan ke GPU eksternal XG Mobile dari ASUS ROG dengan pilihan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3080 dan 3070 atau menggunakan AMD Radeon 6800XT.

Sayangnya ROG Ally tidak mengantongi sertifikasi ketahanan terhadap cipratan air namun sudah didukung fitur penunjang lainnya seperti AURA Sync, port jack audio 3,5mm, dan pemindai sidik jari.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar