ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Apa Itu Focus Mode di OPPO Reno8 T 5G dan Cara Menggunakannya

OPPO-Reno8-T-5G-DisplaySideStand

Gadgetren – Kini handphone telah menjadi salah satu perangkat utama yang digunakan oleh orang-orang untuk menunjang aktivitas sehari-harinya. Namun dengan banyaknya konten hiburan terkadang membuat sebagian orang menjadi lalai sehingga membuat pekerjaan menjadi terhambat.

Melihat hal tersebut, ada fitur menarik di OPPO Reno8 T 5G yakni Focus Mode agar penggunanya dapat melakukan pekerjaan dengan fokus karena dapat menonaktifkan beberapa aplikasi yang dapat dirasa mengganggu selama aktivitas berlangsung.

Misalnya kamu dapat menonaktifkan terlebih dulu Facebook atau WhatsApp sehingga tidak bisa dibuka selama fitur Focus Mode aktif. Dengan begitu, kamu dapat melakukan pekerjaan penting tanpa perlu terdistraksi oleh aplikasi-aplikasi tersebut.

Untuk bisa mengaktifkan fitur Focus Mode ini, kamu dapat mengakses fiturnya melalui halaman Digital Wellbeing & parental controls yang terdapat pada aplikasi Settings.

Cara Menggunakan Focus Mode di OPPO Reno8 T 5G

  1. Akses aplikasi Settings bawaan handphone
  2. Pilih menu Digital Wellbeing & parental controls
    Reno8-T-5G-FocusMode-1
  3. Pilih menu Focus Mode
    Reno8-T-5G-FocusMode-2
  4. Pada halaman Focus Mode, pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan sementara pada bagian Select distracting apps
  5. Setelah aplikasi dipilih, tekan tombol Turn On Now
    Reno8-T-5G-FocusMode-3
  6. Setelah Focus Mode aktif, maka aplikasi yang dipilih akan memiliki warna abu-abu yang menandakan seperti dinonaktifkan sementara
    Reno8-T-5G-FocusMode-4
    Reno8-T-5G-FocusMode-5

Setiap kamu memilih ikon dari aplikasi yang telah dinonaktifkan sementara, maka akan muncul menu pop-up Focus mode is on yang memberitahukan bahwa aplikasi yang mendistraksi sedang dihentikan sementara.

Namun nantinya terdapat pilihan Use App for 5 Minutes yang memungkinkan kamu dapat menggunakan aplikasi ini selama 5 menit. Setelah batas waktu tersebut berlalu, maka aplikasi akan kembali dihentikan sementara.

Reno8-T-5G-FocusMode-6

Selain itu, kamu juga dapat menjadwalkan rentang waktu mengenai masa aktif dari Focus Mode dengan mengaturnya pada fitur Set a schedule. Misalnya kamu dapat mengatur fitur ini aktif dari pukul 09.00 hingga 17.00 sesuai dengan harga yang ditentukan.

Namun jika kamu tidak mengatur jadwal masa aktifnya, maka mau tidak mau kamu harus menyalakan dan menonaktifkan secara manual. Hal ini membuat kamu dapat mengukur seberapa lama harus fokus bekerja sehingga dapat menghentikan aplikasi yang menyebabkan distraksi sesuai dengan keinginan.

Reno8-T-5G-FocusMode-7

Bisa dibilang Focus Mode ini memang dihadirkan untuk membuat pengguna OPPO Reno8 T 5G lebih fokus ketika sedang melakukan pekerjaan pentingnya. Bagi kamu yang tertarik untuk membeli handphone ini, maka sudah dapat membelinya di Indonesia dengan harga Rp5.999.000 untuk RAM 8 GB + ROM 128 GB dan Rp6.499.000 untuk RAM 8 GB + ROM 256 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar