ASUS TUF Gaming FA506
Berita Smartphone

Hands-On OPPO Reno8 T Series – Unggulkan Kamera Utama Beresolusi Besar

OPPO Reno8 T Belakang HItam

Gadgetren – Dalam acara berjatuk New OPPO Reno Series Media Experience, tim Gadgetren diajak untuk melakukan hands-on lebih dekat terhadap OPPO Reno8 T Series yang terdiri dari Reno8 T dan Reno8 T 5G di Indonesia.

Untuk OPPO Reno8 T sendiri mengusung layar yang memenuhi bagian depan dan memiliki bezel yang tidak besar sehingga dapat menampilkan konten dengan luas dan jelas.

Pada saat saya memilih menu dan melakukan navigasi pada handphone, terasa layarnya dapat merespon jari saya dengan baik. Sementara animasi transisi yang dihadirkan ketika terjadinya perpindahan menu pun terasa nyaman di mata.

OPPO Reno8 T Layar

Terdapat juga punch hole di bagian kiri atasnya yang digunakan untuk menyimpan kamera depan. Beralih ke bagian kanannya terdapat tombol Power yang dapat digunakan untuk menyalakan atau mematikan handphone.

Sementara pada bagian kirinya terdapat slot kartu SIM serta microSD dan tombol Volume yang disusun secara vertikal. Menuju bagian bawahnya dihadirkan port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker.

OPPO Reno8 T hadir dalam dua varian warna yang terdiri dari Oranye dan Hitam. Untuk varian Oranye menggunakan tekstur kulit yang terdapat beberapa jahitan sehingga membuatnya terlihat menarik.

OPPO Reno8 T Belakang Oranye

Untuk varian Hitam menggunakan warna gradasi dan memiliki bahan yang tidak licin di tangan. Pada saat saya mencicipi dua variannya dari dekat, terasa OPPO Reno8 T ini memang nyaman digenggam dengan satu tangan dan tidak takut jatuh.

Namun apabila penggunanya ingin membuat bagian belakang handphone menjadi lebih aman dari kotoran maupun goresan, maka dapat menggunakan softcase tambahan yang terdapat dalam paket penjualannya.

Masih pada bagian belakang handphone ini terdapat dua lingkaran besar yang terlihat pada lingkaran di bagian atas terdapat satu kamera utama. Sementara lingkaran besar kedua terdapat dua kamera dan LED Flash.

Namun pihak OPPO Indonesia hanya baru mengungkapkan bahwa kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan resolusi 100 MP karena telah mengusung sensor yang memang mendukung secara penuh resolusi 100 MP.

FreeFire Monument Full fix

100 MP – Full

FreeFire Monument Crop

100 MP – Crop

Istana - Full

100 MP – Full

Istana - Crop

100 MP – Crop

Dengan resolusi yang sangat besar ini membuat hasil fotonya memiliki kualitas yang bagus dan tentunya detail yang tinggi. Pada saat terjadi pemotongan atau crop pada bagian tertentu dari foto 100 MP, hasilnya pun masih terlihat jelas dan berkualitas baik.

Secara bawaan aplikasi kamera OPPO Reno8 T akan mengatur untuk pengambilan foto beresolusi 12 MP. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan teknologi pixel-in-binning yang akan menggabungkan beberapa piksel kecil menjadi piksel besar sehingga mampu menghasilkan foto dengan warna dinamis dan menyerap cahaya yang banyak.

Untuk membuat kamera utamanya langsung menghasilkan foto dengan 100 MP, maka pengguna dapat mengaktifkan terlebih dulu fitur High pada menu Settings yang berada di halaman Photo.

Beralih ke perangkat lainnya, OPPO Reno8 T 5G yang dihadirkan pada acara ini berwarna Hitam yang akan memperlihatkan kilauan gradasi apabila terkena pantulan sinar dan tergantung dari sudut pandang.

OPPO Reno8 T 5G Back

Terdapat juga dua lingkaran besar di dalam kapsul pada bagian belakangnya yang apabila diperhatikan secara seksama terdapat kamera utama pada lingkaran besar di atas. Sementara pada lingkaran besar di bawah terdapat dua kamera dan LED Flash.

Telah terungkap juga bahwa OPPO Reno8 T 5G ini mengusung kamera utama dengan sensor 108 MP sehingga mampu menghasilkan foto berukuran besar yang dapat dicetak pada media berukuran besar, seperti baliho, spanduk, hingga billboard.

108 MP – Full

Garuda - Reno8 T 5G - 108MPCrop

108 MP – Crop

Untuk model lainnya yakni Reno8 T 5G menggunakan layar penuh yang melengkung di kedua sisinya sehingga membuat bezelnya terlihat sangat kecil dan menawan. Punch hole pada layar tepat berada di bagian tengah.

OPPO Reno8 T 5G Layar

Dengan melihat layar di bagian depannya, kita dapat mengetahui secara langsung perbedaan antara Reno8 T dan Reno8 T 5G. Layar melengkung pada kedua sisi OPPO Reno8 T 5G membuatnya terasa enak ketika digenggam dengan satu tangan.

Sayangnya OPPO belum mengungkapkan mengenai spesifikasi hardware yang akan dibawa oleh kedua handphone ini. Untuk itu masih harus menunggu informasi lengkapnya pada acara peluncuran resminya di Indonesia nanti.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar