Smartphone

Ini Alasan OPPO Raih Peringkat Pertama Pasar Smartphone Indonesia di Akhir Tahun 2022

OPPO Reno8 T Sunset Orange

Perusahaan riset Canalys sebelumnya melaporkan perkembangan pangsa pasar handphone di Indonesia pada kuartal keempat tahun 2022 di mana OPPO berhasil memasuki peringkat pertama dengan pangsa pasar mencapai 27%.

Kini perusahaan riset International Data Corporation (IDC) merilis laporan mengenai pangsa pasar handphone di Indonesia pada kuartal keempat tahun 2022 di mana OPPO juga meraih posisi nomor satu.

Berdasarkan laporan dari IDC, OPPO mampu meningkatkan pertumbuhan pengapalan produknya dari 2,1 juta unit perangkat di kuartal keempat 2021 menjadi 2,2 juta unit perangkat di kuartal keempat 2022.

OPPO - Q4 - 2022 - IDC

OPPO berhasil mencatatkan pertumbuhan mencapai 7,4% dari kuartal keempat 2021 ke 2022. Hal ini pun menarik melihat produsen lain yang masuk di posisi 5 besar mengalami penurunan pertumbuhan.

Dari laporan ini terlihat Canalys dan IDC melaporkan hal yang sama mengenai posisi OPPO di kuartal keempat tahun 2022 yang berhasil menduduki peringkat pertama. Pencapaian ini membuktikan bahwa produk OPPO diminati dan diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Indonesia.

Di sisi lain, handphone segmen menengah (sekitar 3 juta hingga 6 jutaan rupiah) dan menengah atas (sekitar 6 juta hingga 9 jutaan rupiah) tumbuh pada tingkat gabungan sebesar 3,6% untuk pertumbuhan tahunan dari 2021 ke 2022.

Tentunya OPPO Reno8 Series yang masuk ke segmen tersebut mengambil peranan penting dari pertumbuhan tahunan tersebut karena mampu menawarkan handphone dengan spesifikasi dan fitur menarik, namun dengan harga yang terjangkau.

OPPO Reno8 Pro 5G

Tak tanggung-tanggung, kehadiran beberapa handphone OPPO Reno8 Series yang terdiri dari OPPO Reno8, Reno8 Z 5G, Reno8 5G, hingga Reno8 Pro 5G pada kuartal ketiga tahun 2022 turut mendongkrak penjualan OPPO pada kuartal keempat 2022 di Indonesia.

OPPO Reno8 dan Reno8 Z 5G ini ditargetkan untuk pengguna di usia 20 hingga 29 tahun yang fokus kepada citra diri yang positif dan bebas berekspresi dengan aktif di sosial media untuk berbagi foto.

Sementara OPPO Reno8 5G dan Reno8 Pro 5G ini ditargetkan di usia 35 hingga 40 tahun dengan mobilitas tinggi yang mengutamakan nilai sebuah produk di atas merek dan menggunakannya untuk kelancaran komunikasi, aktivitas sehari-hari, dan mengambil gambar yang baik.

OPPO Reno8 T

Untuk mengulang kesuksesannya di kuartal keempat tahun 2022, OPPO pun sudah meluncurkan handphone terbarunya yakni Reno8 T pada bulan Februari 2023 yang mengusung peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Label T pada Reno8 T ini berarti Topped Up yang merujuk pada peningkatan kemampuan yang dimiliki perangkat tersebut dibandingkan generasi sebelumnya dengan tiga fokus utama yang terdiri dari Topped Up Design, Topped Up Camera, dan Topped Up Performance.

Desain dari Reno8 T tampak menawan karena mempunyai varian Sunset Orange yang menggunakan fiberglass leather dengan permukaan yang menyerupai kulit yang terasa nyaman ketika digenggam dengan satu tangan.

Adapun kamera utama dari handphone ini sudah menggunakan sensor beresolusi 100 MP yang mampu menghasilkan foto dengan detail sehingga dapat dicetak pada media berukuran besar, seperti poster, baliho, spanduk, hingga billboard.

OPPO Reno8 T 5G Back

Selain itu juga dikabarkan bahwa OPPO Reno8 T 5G yang mempunyai layar melengkung dan kamera beresolusi 108 MP akan menyusul diluncurkan di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan.

Penjualan perdana OPPO Reno8 T yang bertepatan dengan hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2023, membuat OPPO secara kreatif mengadakan kampanye #OPPOPortraitofLove di OPPO Gallery Gandaria City dan Plaza Indonesia.

Kampanye ini menghadirkan pameran potret kisah cinta seseorang terhadap keluarga, kekasih, teman, hingga sahabat berbulu. Orang-orang yang hadir pada foto ini dikurasi dan dipilih melalui kisah-kisah inspiratif mereka dan semua fotonya diambil menggunakan menggunakan OPPO Reno8 T Series.

OPPO Portrait-of-Love

Melalui foto-foto yang hadir pada pameran #OPPOPortraitofLove ini, pengunjung dapat melihat ikatan keluarga yang tak terpatahkan, kasih sayang pasangan yang mendalam, kenyamanan teman dekat, dan cinta tanpa syarat ke hewan peliharaan.

OPPO menggandeng fotografer Vicky Tanzil mengabadikan setiap momen yang muncul di pameran #OPPOPortraitofLove menggunakan kamera Reno8 T yang beresolusi 100 MP dan Reno8 T 5G yang beresolusi 108 MP yang mampu menghasilkan foto dengan detail yang terlihat jelas pada Fuji Pear Paper berukuran 120 x 180 cm.

Tak hanya itu saja, OPPO sebelumnya juga menghadirkan kampanye #77PortraitAnakBangsa berupa pameran foto serta video portrait dari 77 tokoh yang berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia dengan berbagai disiplin ilmu dan keahlian di bidangnya, seperti aktor legendaris, sutradara, penulis, hingga founder.

OPPO-77-Portrait-Anak-Bangsa

Pameran #77PortraitAnakBangsa ini diselenggarakan dari 15 Agustus hingga 18 September 2022 lalu di Plaza Indonesia. Semua foto dan video fitur yang dipamerkan diambil menggunakan kamera OPPO Reno8 Series.

Tentunya dengan kualitas produk, kampanye, dan beragam strategi yang dijalankannya, membuat OPPO mendapatkan hati dari masyarakat Indonesia sehingga membuatnya berada di posisi puncak pangsa pasar handphone di Tanah Air.

Tinggalkan Komentar