ASUS TUF Gaming FX507
Review Handphone

Review realme 10 Pro 5G – Semakin Modern dan Trendi Untuk Anak Muda

Review realme 10 Pro Header

Review realme 10 Pro
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 8/10
    8/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.3/10

Kesimpulan

realme 10 Pro terlihat sangat cantik dan elegan sambil tetap membawa dapur pacu yang bertenaga dengan berbagai fitur kekinian.

Yang Disukai

  • Desain cantik dan elegan
  • Kinerja handal aplikasi masa kini
  • Baterai tahan cukup lama
  • Layar sudah 120Hz
  • Isi daya cukup cepat

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada lensa Ultra Wide
  • Shutter kamera terkadang lambat
  • Efek foto Portrait seadanya

Gadgetren – Meneruskan generasi sebelumnya, realme 10 Pro membawa ragam fitur unggulan yang sangat bersaing dengan handphone kelas atas.

Akan tetapi realme 10 Pro tidak hanya mendapatkan peningkatan pada bagian dapur pacu, melainkan juga segi desain untuk mengikuti tren masa kini.

Seperti apa kemampuan maupun pengalaman yang ditawarkan oleh realme 10 Pro? Ini ulasannya dari tim Gadgetren.

realme 10 Pro sejak pertama kali dilihat langsung memberikan kesan yang modern dan berbeda dibandingkan dengan handphone lainnya. Bodinya lebih datar dan bersudut yang mana membuatnya tampak lebih punya estetika.

Ditambah lagi, pada bagian belakangnya menyajikan aksen yang disebut sebagai cahaya partikel untuk memberikan tekstur gemerlap seperti bintang-bintang kecil bertaburan dan pantulan cahaya. Perlu diakui desain tersebut membuat realme 10 Pro tampak cantik dan elegan.

Dua varian warna yang tersedia meliputi Dark Matter dan yang digunakan saat diulas bernama Nebula Blue yang menghadirkan kombinasi warna biru, ungu hingga oren dengan gradasi halus sehingga terlihat berwarna-warni ketika dilihat dari berbagai sudut.

realme 10 Pro (3)

Melengkapi warna yang unik tersebut, terdapat dua buah modul kamera berbentuk bulat dengan ukuran yang cukup besar serta logo realme di sudut bawah yang sudah menjadi ciri khas. Kombinasi tersebut memastikan siapapun yang melihat handphone ini dapat langsung tahu bahwa ini adalah realme 10 Pro.

Dengan bobot 190 gram, bodi realme 10 Pro yang datar tetap dapat dengan nyaman digenggam dalam keseharian. Sementara itu, sensor sidik jari berada di samping menyatu dengan tombol power yang mana cukup disayangkan karena akan lebih baik jika sudah di dalam layar karena lebih ergonomis.

realme 10 Pro (5)

Namun yang paling penting, realme 10 Pro membawa dapur pacu yang jempolan dengan chipset Snapdragon 695 sebagai pusat dari semuanya. Keputusan realme untuk membenamkan chipset besutan Qualcomm tersebut pastinya akan sangat pas untuk kebutuhan gaming lewat fitur-fitur yang melengkapinya.

Lalu untuk menemani chipset tersebut tersedia RAM 8GB yang bisa ditingkatkan lagi lewat fitur RAM expansion hingga sebesar 8GB untuk memenuhi kebutuhan multitasking maupun aplikasi populer yang semakin boros. Tak ketinggalan ada penyimpanan berteknologi UFS 2.2 yang cepat dengan pilihan kapasitas 128GB dan 256GB.

Oleh karena itu tidak heran dengan kombinasi dapur pacu tersebut realme 10 Pro mampu mendapatkan skor mencapai 416.150 poin ketika diuji pada AnTuTu. Sementara untuk kinerja CPU ketika dites menggunakan Geekbench 5 menghasilkan skor 690 poin untuk Single Core dan 2.021 poin untuk Multi Core.

realme 10 Pro Benchmark

Saat digunakan dalam keseharian, realme 10 Pro memang terasa mulus baik itu dalam membuka hingga berpindah-pindah aplikasi. Menavigasikan tampilan antar muka realme UI 4.0 yang berbasis Android 13 pun tidak pernah sekali pun ada animasi yang lambat.

Hanya saja membuka App Drawer sedikit terganggu karena secara otomatis selalu memunculkan search yang mana menghalangi ketika ingin menggulir ke bawah yang mana mungkin akan mengesalkan untuk sebagian orang. Isu ini sebenarnya lebih ke optimasi realme UI 4.0 ketimbang dari performa yang dibawanya.

Segala jenis aplikasi maupun aktivitas dapat dilakukan pada realme 10 Pro secara lancar. Tentunya hal tersebut juga berlaku ketika bermain game Misalnya saja pada Mobile Legends, tidak masalah jika ingin menggunakan grafis Ultra dan mengaktifkan semua opsi grafis karena realme 10 Pro dapat melibasnya dengan mudah.

realme 10 Pro Mobile Legends

Pengalaman yang sudah mulus tersebut disempurnakan lagi berkat adanya layar yang memiliki refresh rate 120Hz sehingga dapat menghasilkan gerakan animasi yang lebih mulus lagi dibandingkan layar pada umumnya. Dengan begitu kinerja tinggi yang dihadirkan oleh dapur pacunya dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Selain itu, realme 10 Pro juga dibekali dua speaker Ultra Boom yang mampu menghasilkan suara cukup lantang sehingga setiap suara efek dari game terdengar menggelegar pada tingkat volume tinggi.

realme 10 Pro (6)

Tidak hanya itu saja, layarnya menggunakan panel berukuran 6,72 inci serta resolusi FHD+ 2400 x 1080 piksel dengan cakupan warna NTSC 98%. Jadi bakal terasa luas ketika menikmati konten dengan gambar yang tajam dan memukau untuk segala jenis konten.

Apalagi mempunyai layar yang baik akan sangat penting untuk melihat hasil foto yang diambil menggunakan kamera milik realme 10 Pro. Untuk urusan fotografi, terdapat kamera belakang dengan konfigurasi lensa utama 108MP dan lensa Portrait 2MP sedangkan kamera depan disematkan lensa selfie 16MP.

Sayang memang tidak ada lensa ultra-wide yang mana jauh lebih bermanfaat ketimbang lensa Portrait 2MP karena mampu mengambil foto dengan area luas secara lebih mudah. Namun yang terpenting, bagaimana hasil fotonya?

realme 10 Pro Kamera Siang (1)

realme 10 Pro Kamera Siang (2)

realme 10 Pro Kamera Siang (3)

realme 10 Pro Kamera Siang (5)

realme 10 Pro Kamera Siang (4) 3X Zoom

3X Zoom

realme 10 Pro Kamera Siang (6) Portrait

Portrait

realme 10 Pro Kamera Siang (7) 108MP

108MP

Kamera belakang realme 10 Pro terlihat mampu mengabadikan gambar dengan sangat jelas dan tetap mempertahankan detail dari setiap objek pada pencahayaan optimal. Warna yang direproduksi pun cukup natural, namun tentu saja sedikit saturasi agar lebih menarik perhatian ketika diunggah di media sosial.

Lensa portrait walaupun memiliki perpotongan latar yang cukup rapi, namun efek yang dihasilkan masih terlihat artifisial. Namun yang menariknya, realme 10 mendukung pembesaran 3X yang mana hasilnya tetap jelas dan mode 108MP untuk menghasilkan resolusi maksimal.

realme 10 Pro Kamera Malam (2)

realme 10 Pro Kamera Malam (1)

realme 10 Pro Kamera Malam (3)

realme 10 Pro Kamera Malam (4)

Sementara untuk fotografi malam hari, realme 10 Pro bisa menangkap gambar dengan cukup baik dan minim noise. Foto pun terlihat jelas dengan warna yang tetap terjaga. Bahkan pendaran cahaya dari lampu dapat diisolasi dengan baik sehingga tidak over ekspos.

realme 10 Selfie (2)

Auto

realme 10 Selfie (1)

Portrait

realme 10 Selfie (4)

Auto

realme 10 Selfie (3)

Portrait

Untuk kamera depan dari realme 10 Pro sudah memadai untuk kebutuhan selfie maupun video call. Tentunya secara bawaan terdapat fitur beautification yang langsung aktif untuk membuat wajah terlihat lebih halus. Bahkan pada malam hari, kecerahan layar akan otomatis dinaikkan agar ada sumber cahaya tambahan.

Satu hal yang menjadi catatan, terkadang kecepatan shutter dari kamera realme 10 baik siang maupun malam hari tidak instan sehingga ada sedikit jeda antara jendela viewfinder dengan hasilnya. Ini pun tentunya membuat fotografi malam harus berusaha stabil dan jangan bergerak hingga pengambilan foto selesai.

realme 10 Pro (4)

Dengan segala kemampuan dan kinerja yang dimilikinya, realm 10 mengandalkan baterai berkapasitas 5.000mAh sebagai sumber daya ketika digunakan dalam keseharian. Dikombinasikan dengan chipset berfabrikasi 6nm yang efisien, kapasitas sebesar itu seharusnya cukup untuk memberikan daya tahan yang memadai.

Berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi PCMark for Android, realme 10 Pro berhasil meraih skor 13 jam 19 menit pada mode layar Auto dan mencapai 13 jam 1 menit pada mode layar High. Angka tersebut terbilang kompetitif untuk sebuah handphone di kelas ini.

realme 10 Pro Baterai

Sementara untuk pengisian dayanya sudah dilengkapi teknologi SUPERVOOC 33W melalui USB-C yang mana hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit saja agar baterai kembali penuh ketika hanya tersisa 12% saja.

Kombinasi tersebut membuat realme 10 Pro bisa diandalkan untuk digunakan sehari-hari karena baterainya cukup untuk menemani aktivitas hingga penghujung hari ditambah ada SUPERVOOC 33W siap untuk diaktifkan ketika baterai habis.

Tentunya ini membuat realme 10 Pro bisa diandalkan dalam beraktivitas karena dapat digunakan sepanjang hari, bahkan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya kembali ketika baterai tersisa dikit.

Menariknya lagi realme 10 Pro menggunakan teknologi Razr untuk merekatkan rangka dengan lebih baik dan InSeal untuk mengurangi area yang dapat dimasuki oleh partikel kecil seperti debu, serpihan, hingga air.

realme 10 Pro (2)

Pastinya realme 10 Pro sudah dilengkapi dukungan jaringan 5G, WiFi 5 dan Bluetooth 5.1 untuk menyongsong kebutuhan konektivitas masa depan. Hanya saja, realme 10 Pro hanya menyediakan opsi dua nano SIM saja atau satu nano SIM dengan microSD hingga 1TB lewat slot hibrida.

Secara keseluruhan realme 10 Pro untuk harganya merupakan perangkat yang paket lengkap dimana segalanya serba ada. Mulai dari kinerja yang mantap, layar menawan, desain cantik, hingga fitur-fitur yang membuat pengalaman penggunaan semakin lengkap.

Memang spesifikasi maupun fitur seperti pengisian cepat yang dibawanya bukan yang paling mutakhir ketimbang perangkat kelas atas saat ini dari kompetitor. Namun sebagian besar pengguna rasanya akan cukup puas dan terasa wajar jika melihat segmen harga dari realme 10 Pro.

Harga dan Spesifikasi realme 10 Pro

Dimensi & Berat163,7 x 74,2 x 8,1mm & 190g
WarnaDark Matter, Nebula Blue
Layar6,72 inci FHD+ 1080 x 2400 120Hz 600 nits
Sistem Operasirealme UI 4.0, Android 13
Memori8GB+128GB, 8GB+256GB
ChipsetSnapdragon 695 5G
Kamera BelakangLensa utama 108MP ProLight
Lensa portrait 2MP
Kamera DepanLensa Selfie 16MP
Baterai5.000mAh, SUPERVOOC 33W
Jaringan5G, 4G
KonektivitasWiFi 5, Bluetooth 5.1
KonektorUSB-C
SensorMagnetic Induction Sensor
Light Sensor
Gyro-meter
Proximity Sensor
Acceleration Sensor
Side-mounted Fingerprint Sensor
GPSBeidou, Galileo, GLONASS, GPS/AGPS
Speaker200% Ultra Boom Dual Speakers
HargaRp4.599.000 (128GB)
Rp4.999.000 (256GB)

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar