Review Smartphone

Review realme X – Smartphone Kelas Menengah yang Kaya Fitur

Realme X

Gadgetren – Smartphone kelas menengah buatan realme terbaru, realme X, mempunyai performa yang bertenaga, desain menarik, dan banyak fitur.

Smartphone buatan realme ini juga membawa kamera utama yang dapat menghasilkan foto dengan bagus di berbagai kondisi, berkat hadirnya fitur Nightscape dan Chrome Boost pada aplikasi kamera bawaannya.

Dengan fitur dan spesifikasi hardware yang ditawarkan, apakah realme X mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah buatan vendor lainnya? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak artikel review berikut ini.

Desain

realme X Back Half

Berbeda dengan smartphone realme sebelumnya, realme X ini menggunakan desain layar penuh tanpa adanya poni sama sekali. Dengan kata lain, layarnya benar-benar memenuhi bagian depan sehingga membuat penggunanya dapat leluasa ketika melihat konten dalam layar.

Hal ini bisa terjadi berkat kamera depan realme X yang menggunakan sistem pop-up sehingga berada di bagian dalam smartphone. Nantinya kamera depan akan ke atas apabila penggunanya melakukan foto selfie atau wefie.

Berdasarkan hasil uji laboratorium, realme mengklaim bahwa kamera depannya dapat turun naik hingga 200 ribu siklus. Bisa dibilang kamera ini mampu bertahan selama 10 tahun apabila penggunanya melakukan foto selfie sebanyak 50 kali setiap harinya.

Untuk melindunginya dari goresan ketika turun naik, kamera depan realme X telah dilindungi kaca safir yang kokoh. Selain itu, realme mengklaim bahwa kamera depannya akan masuk secara otomatis ketika perangkat ini akan terjatuh.

Beralih ke bagian belakangnya, realme X ini menggunakan bodi yang berbahan polikarbonat dengan warna gradasi yang menawan. Pada review ini, saya menggunakan realme X dengan warna gradasi Space Blue.

Pada bagian kiri dan kanan bodi belakangnya terdapat lengkungan yang memudahkan saya untuk menggenggamnya dengan menggunakan satu tangan. Namun debu maupun noda sidik jari mudah menempel pada bagian belakangnya sehingga sebaiknya pengguna smartphone ini langsung menyematkan casing tambahan agar lebih terlindungi.

Terdapat juga dua kamera utama ditambah LED Flash yang disusun secara vertikal pada bagian tengah bodi belakangnya. Sementara pada bagian bawah, terdapat port jack audio 3,5mm, USB Type-C, dan lubang speaker.

Selanjutnya, tombol Power dan slot kartu SIM berada di bagian kanan smartphone yang satu ini. Sedangkan tombol Volume berada di bagian kirinya. Sebagai catatan, realme X hanya mempunyai dua slot untuk kartu SIM tanpa hadirnya slot kartu microSD.

Layar

realme X Display Full

Smartphone realme X ini dilengkapi dengan layar 6,53 inci yang beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan berteknologi Super AMOLED yang memanjakan mata karena terang serta jernih. Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5 telah hadir pada perangkat yang satu ini.

Layar realme X juga benar-benar memenuhi bagian depan berkat bezel yang tipis dan tidak hadirnya poni sama sekali. Desain layar ini membuat penggunanya dapat dengan leluasa ketika bermain game maupun menonton video.

Kamera

realme X Kamera Belakang

Smartphone buata realme ini dilengkapi dengan dua kamera belakang yang mempunyai konfigurasi kamera utama 48 bersensor Sony IMX586 (apertur f/1.7) dan kamera sekunder 5 MP (apertur f/2.4) yang diklaim pihak realme dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Untuk bisa menghasilkan foto mencapai resolusi 48 MP, realme menggunakan teknologi Quad-in-One (Binning Pixel). Dengan kata lain, kamera utama dari realme X akan menghasilkan foto 12 MP secara bawaan.

Supaya bisa menghasilkan foto 48 MP ini, pengguna realme X cukup mengaktifkan mode 48 MP pada menu Settings yang terdapat pada aplikasi bawaannya. Fitur AI Scene Detection yang hadir pada perangkat ini memungkinkan kecerdasan buatan membantu penggunanya untuk menghasilkan foto yang bagus pada scene dan skenario yang telah ditentukan.

Tak ketinggalan, realme X juga dibekali dengan dua fitur unggulan fotografi yang terdiri dari Nightscape dan Chroma Boost. Dengan hadirnya Nightscape, memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan foto di malam hari yang terang, cerah, dan minim noise.

Bahkan fitur Nightscape ini mampu meminimalisir pendaran lampu yang silau agar nyaman dilihat mata. Sementara fitur Chroma Boost dapat meningkatkan warna pada foto yang dihasilkan sehingga memikat orang yang melihatnya.

Selanjutnya, kamera depan dari realme X ini mempunyai resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 dan AI Beauty yang diklaim pihak realme mampu menghasilkan foto selfie atau wefie dengan wajah yang mulus.

Pada saat kamera depan diaktifkan, saya dapat menghasilkan foto selfie biasa dengan menggunakan mode Auto. Sementara untuk menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh (background blur), saya menggunakan mode Portrait. Pada kedua mode ini, saya bisa menentukan tingkat kemulusan wajah berdasarkan kecerdasan buatan atau keinginan sendiri.

Berikut ini merupakan hasil foto dari kamera belakang dan kamera depan realme X.

Kamera Belakang (Klik gambar untuk perbesar)

Chroma Boost

realmeX-gedung-AutoAuto

realmeX-gedung-ChromaBoostChroma Boost

realmeX-buah1-AutoAuto

realmeX-buah1-ChromaBoostChroma Boost

realmeX-Taman-AutoAuto

realmeX-Taman-ChromaBoostChroma Boost

realmeX-buah2-AutoAuto

realmeX-buah2-ChromaBoostChroma Boost

Mode 48 MP

realmeX-canvas-AutoAuto

realmeX-canvas-48MP48MP

realmeX-Cat-AutoAuto

realmeX-Cat-48MP48MP

realmeX-Kayu-AutoAuto

realmeX-Kayu-48MP48MP

realmeX-Gedung2-AutoAuto

realmeX-Gedung2-48MP48MP

Nightscape

realmeX-Jembatan-AutoAuto

realmeX-Jembatan-NightscapeNightscape

realmeX-Kaca-AutoAuto

realmeX-Kaca-NightscapeNightscape

realmeX-KopiNako-AutoAuto

realmeX-KopiNako-NightscapeNightscape

realmeX-Medjaresto-AutoAuto

realmeX-Medjaresto-NightscapeNightscape

Kamera Depan (Klik gambar untuk perbesar)

RealmeX-Selfie-AutoSelfie Normal

RealmeX-Selfie-BokehSelfie Beauty + Bokeh

Performa

realme X Atas

Hampir sama dengan realme 3 Pro, smartphone terbaru ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 710 Octa-Core yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai dan memiliki performa yang cepat berkat teknologi proses 10nm.

Sebagai catatan, saya menggunakan unit smartphone dengan RAM 8 GB dan storage internal 128 GB. Secara teori, kombinasi hardware ini memungkinkan realme X mampu menjalankan game maupun aplikasi dengan lancar.

Untuk mengetahui seberapa tangguh performanya, saya pun menjalankan aplikasi secara mulititasking. Hasilnya, realme X mampu menjalankan aplikasi dengan lancar tanpa lag sama sekali.

Tak ketinggalan, saya juga melakukan pengujian performa yang lebih berat dengan menjalankan game populer, seperti Final Fantasy XV Pocket Edition, PUBG Mobile, Arena of Valor, dan Mobile Legends. Menariknya, keempat game ini mampu dijalankan pada grafis dan frame rate yang tinggi tanpa kendala.

Selain itu, fitur Hyperboost 2.0 dan Game Boost 2.0 yang hadir pada realme X dapat membantu meningkatkan performa ketika saya sedang bermain game. Terdapat juga Frame Boost yang dapat meminimalisir terjadi Frame Drop ketika game sedang berjalan.

realme X Benchmark

Tak lupa, saya juga melakukan benchmark dengan aplikasi AnTuTu dan Geekbench. Hasilnya, realme X mampu mendapatkan skor AnTuTu yang mencapai 156.423 poin. Sementara pada pengujian Geekbench, smartphone ini mendapatkan skor 1.452 poin untuk Single-Core dan 5.884 poin untuk Multi-Core.

Berdasarkan semua pengujian yang telah dilakukan, terlihat bahwa realme X mempunya performa yang bertenaga sehingga mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya di Indonesia.

Baterai

Smartphone yang satu ini mempunyai baterai berkapasitas 3.765 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, pihak realme mengklaim bahwa baterainya dapat bertahan lama dalam pemakaian normal.

Untuk memastikannya, saya pun langsung melakukan pengujian dengan menggunakan mode Work 2.0 Battery Life pada aplikasi PCMark for Android. Dengan menggunakan mode ini, aplikasi akan melakukan simulasi penggunaan sehari-hari.

realme X Battery Benchmark

Hasilnya, realme X berhasil mendapatkan skor 12 jam 46 menit yang bisa dibilang lama. Tentu saja membuat smartphone ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari dengan sekali pengisian daya baterai setiap harinya.

Ditambah lagi realme X sendiri telah dibekali dengan fitur VOOC Flash Charge 3.0 yang memungkinkan pengisian daya baterainya dapat dilakukan dengan super cepat. Berdasarkan pengujian, untuk pengisian daya baterainya dari kondisi 11% ke 100% dapat dilakukan hanya dalam waktu 1 jam 25 menit saja.

realme X Charge

Fingerprint dan Face Unlock

realme X Kamera Depan

Berkat penggunaan teknologi Super AMOLED, sensor fingerprint realme X dapat disematkan pada bawah layarnya. Meskipun di dalam layar, namun sensor ini mampu mendeteksi sidik jari dengan cepat.

Pendeteksian bisa menjadi cepat karena realme menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat menganalisis lebih dari seribu titik, menentukan posisi, dan guratan sidik jari.

Untuk membuatnya lebih menarik, realme juga menghadirkan 5 pilihan animasi pada tanda sidik jari ketika penggunanya berhasil membuka kunci smartphone. Selain itu, realme X mengizinkan 5 sidik jari berbeda untuk didaftarkan pada sensor fingerprint.

Tak hanya pemindai sidik jari, realme juga telah menyematkan fitur Face Unlock pada smartphone ini sehingga memudahkan penggunanya dalam membuka kunci hanya menggunakan wajah. Pada saat saya mencobanya, kamera depan akan naik dari dalam ke bagian atas dan langsung memindai wajah dengan cepat.

Perangkat ini hanya mengizinkan satu wajah didaftarkan pada fitur Face Unlock. Baik sensor fingerprint dan Face Unlock, mempunyai juga fungsi untuk membuka aplikasi yang telah dikunci dengan fitur App Lock bawaan realme X.

ColorOS 6.0

realme X ColorOS 6

Dari pabrikannya, realme X telah menggunakan ColorOS 6.0 yang berbasiskan sistem operasi Android 9.0 Pie. Bisa dibilang ColorOS generasi ini memiliki tampilan antarmuka, ikon, dan transisi yang lebih menarik dibandingkan generasi sebelumnya.

Secara default, pengguna realme X akan disuguhkan tampilan Home Screen yang mempunyai Drawer sehingga aplikasi yang terinstal berada di dalam Drawer. Namun apabila penggunanya tidak menyukai tampilan Drawer maka dapat mengaktifkan Standard Mode pada menu Settings sehingga aplikasi yang terinstal akan langsung dihadirkan pada Home Screen tanpa hadirnya Drawer.

Clone Apps merupakan salah satu fitur menarik yang hadir pada ColorOS 6.0 karena memungkinkan penggunanya dapat menggandakan aplikasi sehingga dapat menggunakan dua akun media sosial atau game sekaligus dalam satu smartphone.

Selain itu, fitur dual-split multitasking yang hadir pada realme X dapat membantu penggunanya untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Tak hanya itu, penggunanya juga dapat melakukan screenshot hanya dengan menyapu atau swipe 3 jari yang dirapatkan dari bagian atas ke bawah layar. Tentu saja ColorOS 6.0 ini masih memiliki banyak fitur yang dapat dieksplorasi oleh penggunanya.

Kesimpulan

realme X Kanan

Setelah pengujian dalam waktu beberapa minggu, saya merasakan bahwa realme X ini nyaman digunakan terutama unggul pada sektor performa, kamera, dan daya tahan baterai.

Meskipun bodi belakangnya dari smartphone ini mempunyai warna gradasi yang menarik, namun debu dan noda sidik jari mudah menempel sehingga sebaiknya pengguna smartphone ini menyematkan casing tambahan agar lebih aman.

Dengan harga di kisaran Rp 4 jutaan, realme X masih bisa menjadi smartphone kelas menengah yang layak dipilih mengingat telah menggunakan layar penuh berteknologi Super AMOLED dan sensor fingerprint di dalam layar yang menawan.

Absennya fitur NFC juga menjadi salah satu yang disayangkan untuk smartphone dengan harga Rp 4 jutaan. Namun dengan spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan oleh realme X, tidak hadirnya NFC masih dapat dimaklumi.

Kelebihan

  • Hasil foto kamera depan dan belakang bagus
  • Layar penuh Super AMOLED tanpa poni
  • Performa yang cepat
  • Kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang besar
  • Fingerprint di dalam layar dan Face Unlock yang cepat merespon
  • Daya tahan baterai yang bagus
  • Pengisian daya baterai cepat
  • Layar dilindungi Corning Gorilla Glass 5

Kekurangan

  • Tidak ada NFC
  • Debu dan noda sidik jari mudah menempel
  • Tidak ada slot microSD
realme X
  • Editor Rating
  • Rated 4.5 stars
  • 80%

  • realme X
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Juli 24, 2019
  • Layar
    Editor: 90%
  • Performa
    Editor: 100%
  • Kamera
    Editor: 90%
  • Baterai
    Editor: 100%
  • Software
    Editor: 90%
  • Desain
    Editor: 90%

Tinggalkan Komentar