ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi

Apa Itu Gift Instagram yang Bisa Untuk Memperoleh Uang Tambahan?

Apa Itu Gift di Instagram Header

Gadgetren – Media sosial yang tadinya hanya sekadar sebagai tempat kita untuk bercerita dan berbagi momen kegiatan sehari-hari kini bisa menjadi ladang penghasilan tambahan.

Khususnya untuk para pembuat konten yang memang serius mengembangkan diri mereka dengan membawa minatnya masing-masing di media sosial seperti YouTube, TikTok, dan Snack Video.

Selain dalam bentuk endorse atau kolaborasi, bentuk penghasilan yang didapat dari membuat konten juga dikenal melalui Gift atau hadiah. Pengguna bisa memberikan hadiah yang bisa dipilih dalam bentuk item tertentu untuk nantinya dikonversikan ke nilai mata uang Dollar.

Sebelumnya TikTok dan Snack Video sudah lebih dulu menghadirkan Gift dimana para pengguna bisa memberikan hadiah kepada pembuat konten favorit mereka terhadap video yang dibuat.

Menariknya, sekarang Gift pun juga turut berkembang di media sosial lainnya yakni Instagram. Meta dalam keterangan tertulisnya menghadirkan fitur Gift bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pembuat konten agar bisa berkembang lagi di Instagram dengan dukungan menambah pemasukan secara finansial.

Apa Itu Gift Instagram?

Gift Instagram adalah hadiah virtual yang memungkinkan kita bisa menunjukkan apresiasi kepada pembuat konten atau kreator pada postingan Reel. Mulanya, fitur Gift di Instagram dikembangkan sejak bulan Juli 2022 dan telah diuji coba pada bulan November 2022 di wilayah Amerika Serikat.

 Instagram-Gifts-1.

Pada tanggal 8 Februari 2023, pihak Instagram pun telah memperluas fitur Gift tersebut kepada lebih banyak pengguna lagi. Namun demikian tidak semua pembuat konten mendapatkan fitur Gift karena Instagram memberikan syarat khusus untuk penyediaan fitur Gift.

Namun Instagram tidak memberikan informasi apa saja syarat yang memungkinkan pembuat konten bisa mengaktifkan fitur Gift. Kemungkinannya pembuat konten harus memenuhi dulu jumlah pengikut dengan batas nominal tertentu.

Pembuat konten dapat mengecek pada profesional dashboard masing-masing untuk melihat Gift yang telah didapat. Fitur Gift di Instagram pun serupa dengan yang tersedia di TikTok yang mana kita bisa langsung memberikan hadiah dengan mengetuk tombol Gift. Untuk di Instagram, fitur Gift akan muncul di video Reel.

 Instagram-Gifts-2

Dengan mengetuk tombol Send gift di atas nama profil pembuat konten, maka kita akan diminta untuk membeli Gift dalam bentuk item mulai dari 10 sampai 300 bintang. Kemudian pembuatan konten akan mendapatkan penghasilan dari Gift yang diberikan di mana jumlah bintang tertentu memiliki nilai konversi tersendiri.

Adapun untuk 45 bintang, pembuat konten akan mendapatkan uang sebesar 0,99 USD atau setara Rp15 ribuan. Selanjutnya 140 bintang atau 2,99 USD setara Rp45 ribuan dan 300 bintang atau 5,99 USD setara Rp91 ribuan. Bila dibandingkan dengan Gift yang ada di TikTok dan Snack Video, memang nominal uang yang diberikan belum begitu besar, tetapi tidak menutup kemungkinan Instagram akan mengembangkan pilihan Gift lainnya dalam jumlah yang lebih banyak.

Saat ini, Gift di Instagram bisa dibeli dengan cara menambah saldo bintang dengan metode pembayaran melalui akun Apple Store atau Google Play Store pengguna. Nominal bintang bisa diisi kapan pun jika kita ingin memberikan hadiah kepada pembuat konten di postingan Reel.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar